Cara Menjadi Hacker Bagi Pemula dan Skill yang Harus Dikuasai

cara menjadi hacker

Jika mendengar kata hacker, seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat negatif. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena hacker sekarang ini juga menjadi profesi yang banyak dicari. Tidak heran banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadi hacker handal.

Jika ditelisik lebih dalam, hacker juga memiliki sisi baik yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja. Tugas dari seorang hacker yaitu menganalisa keamanan sebuah sistem serta melakukan proses identifikasi celah dari sistem tersebut sehingga bisa diketahui kekurangannya untuk diperbaiki.  

Maka dari itu, seorang hacker harus memiliki keahlian di bidang IT secara mendalam. Tertarik dengan profesi yang satu ini? cari tahu info selengkapnya mengenai hacker dan keahlian apa saja yang harus dikuasai agar bisa menjadi hacker yang profesional pada artikel berikut ini.

Apa itu Hacker?

cara menjadi hacker

Sebelum membahas lebih dalam mengenai tutorial cara menjadi hacker pemula, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan hacker.

Jadi pada dasarnya, hacker merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk mengeksploitasi celah-celah yang ada dalam suatu sistem keamanan siber.

Celah inilah yang bisa menjadi akses yang seharusnya tidak digunakan bagi pengguna awam. Seorang hacker memiliki kemampuan coding yang luar biasa.

Namun seringkali hacker terkenal sebagai sosok yang memiliki dampak negatif dan terkesan sebagai tindakan yang ilegal. Sebenarnya awal mula kata hacker yaitu berasal dari istilah slang dalam dunia pemrograman yaitu “hack” yang artinya membobol.

Baca Juga : 15 Dampak Positif dan Negatif Sosial Media dalam Kehidupan

Pada saat itu, tidak ada hal negatif yang menjurus karena kata hacker hanya dijadikan sebagai istilah yang merujuk pada seorang yang mahir dan jenius di bidang kode program komputer. Tetapi sejak tahun 1981, terdapat kelompok hacker yang bernama Chaos Computer Club.

Kelompok tersebut melakukan tindakan yang merugikan dengan membobol jaringan komputer sebuah perusahaan. Hal inilah yang menjadikan kata hacker mulai dikenal sebagai konotasi yang negatif. Walaupun demikian, bidang hacking ini juga bisa menjadi sebuah pekerjaan yang legal.

Bahkan sekarang ini menjadi pekerjaan yang banyak dicari, dimana umumnya lebih banyak berhubungan dengan keamanan siber. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan oleh hacker diantaranya yaitu:

  • Penilai kerentanan sistem (Vulnerability Assessor)
  • Analisis keamanan siber (Security Analyst)
  • Penguji penetrasi sistem (Penetration Tester)
  • Konsultan keamanan siber (Security Consultant)
  • Analisis Keamanan Informasi (Information Security Analyst)
  • Hacker etis (Certified Ethical Hacker)

Jenis-Jenis dan Tingkatan Hacker

cara menjadi hacker

Perlu diketahui juga bahwa hacker juga memiliki beberapa jenis dan tingkatannya. Jadi sebelum mempelajari cara menjadi hacker bagi pemula, informasi ini juga penting diketahui. Adapun jenis-jenis dan tingkatan hacker diantaranya yaitu:

1. White Hat (Ethical Hacker)

cara menjadi hacker

White hacker yaitu seorang hacker yang menggunakan ilmunya untuk bekerja sesuai dengan ketentuan ranah hukum yang berlaku. Umumnya white hacker ini bekerja di sebuah perusahaan atau pemerintahan untuk mengurus sistem keamanan siber.

2. Grey Hat

cara menjadi hacker

Grey hat yaitu seorang hacker yang bekerja di ranah yang ilegal dengan motif yang berbeda-beda. Ilmu hacker yang dimiliki biasanya digunakan untuk mengetahui celah sistem keamanan siber tanpa sepengetahuan dari pemiliknya.

Pekerjaan yang dilakukan mirip seperti white hat, hanya saja untuk jenis hacker yang satu ini sengaja melakukannya untuk memperoleh keuntungan.

Informasi yang didapatkan akan dijadikan sebagai bentuk penawaran jasa perbaikan sistem agar lebih kuat kemudian akan meminta imbalan kepada perusahaan.

3. Black Hat (Cracker)

cara menjadi hacker

Berikutnya ada black hat atau cracker, yaitu seorang hacker yang menggunakan ilmunya untuk melakukan tindakan ilegal atau bekerja diluar ranah hukum. Hacker jenis ini akan mencari celah dalam sistem keamanan siber, kemudian akan mencuri informasi yang diperoleh untuk tujuan yang jahat.

Beberapa diantaranya yaitu menjual informasi tersebut ke pasar gelap, ransum, atau bahkan menghancurkan sistem komputer pada target korban yang dituju.

4. Blue Hat

cara menjadi hacker

Blue hat adalah hacker yang tujuannya untuk melakukan serangan balas dendam. Umumnya pelaku hacker jenis ini merupakan mantan karyawan, kompetitor yang dirugikan atau konsumen.

Pelaku menyusup suatu sistem perusahaan biasanya bukan untuk melakukan tindakan pencurian, namun untuk mengacaukan sistem yang ada sehingga bisa berdampak pada aktivitas dari bisnis tersebut.

5. Red Hat

cara menjadi hacker

Red hat biasanya banyak dibutuhkan perusahaan untuk menghentikan serangan yang dilakukan oleh black hat hacker. Jadi red hat hacker akan melakukan perbaikan sistem dengan menggunakan kode-kode tertentu atau melakukan penyerangan perangkat mereka.

6. Script Kiddies

cara menjadi hacker

Terakhir yaitu ada script kiddies atau hacker pemula. Hacker jenis ini masih berada di dalam tahap belajar dan melakukan aksinya untuk sekedar bersenang-senang atau menguji kemampuan yang dimiliki.

Cara Menjadi Hacker Handal Bagi Pemula

Untuk menjadi hacker memang harus mempelajari skill-skill khusus, terutama bagi yang ingin menjadi seorang hacker profesional. Walaupun bukan hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin untuk mewujudkan mimpi tersebut. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan diantaranya yaitu:

1. Memilih Jurusan Teknik Informatika

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang hacker yaitu bisa dengan mengambil jurusan teknik informatika di perkuliahan. Menjadi seorang hacker harus bisa menguasai bahasa pemrograman, di jurusan inilah nantinya kamu akan belajar hal tersebut.

Selain belajar bahasa pemrogramans eperti Javascript, phyton, SQL, C++ dan yang lainnya, kamu juga akan belajar mengenai networking atau konsep jaringan.

2. Mengikuti Event Tentang Hacking

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang membahas seputar topik hacking atau keamanan, maka kamu bisa mengikuti event seperti kegiatan konferensi atau webinar tentang hacking.

Dari sini tentu akan ada hal baru yang bisa didapatkan dari pemateri dalam kegiatan tersebut. Kamu juga bisa mencari konferensi yang telah berlalu di platform youtube. Ada banyak hal menarik yang bisa didapatkan jika kamu ingin mengasah kemampuan hacking yang dimiliki.

3. Mengikuti Online Course

Bagi yang tidak bisa mengambil kuliah di jurusan teknik informatika atau menginginkan pembelajaran yang lebih fokus dan terarah, maka bisa juga dengan mengikuti course online. Di sini kamu akan belajar materi lebih dalam mengenai keamanan siber.

Kamu juga tidak perlu takut harus mengeluarkan uang yang banyak, karena tersedia juga opsi course online gratis atau bisa juga melihat video di youtube. Namun tentunya keuntungan yang didapatkan tidak sebanyak sebagaimana pada course yang berbayar.

Walaupun demikian, hal ini tetap bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara menjadi hacker yang profesional.

4. Mengikuti Training

Apabila kamu tidak bisa belajar sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain, maka bisa dengan mengikuti training. Namun untuk mengikuti training, tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya tertentu.

Nantinya kamu akan dilatih oleh seorang hacker profesional atau berpengalaman. Selain itu, pemberian materi yang disampaikan juga lebih terstruktur sehingga bisa lebih mudah untuk dimengerti.

5. Membaca Buku Mengenai Security/Keamanan

Cara menjadi hacker otodidak bisa diawali dengan membaca buku-buku tentang keamanan/security. Dengan demikian, wawasan dan pengetahuan di bidang ini semakin bertambah. Rekomendasi buku yang bisa kamu baca diantaranya yaitu:

  • The Hackers Playbook 3
  • Linux Basics for Hackers
  • Penetration Testing: A Hands-On Introduction to Hacking
  • Hacking: The art of Exploitation, 2nd Edition
  • Google Hacking for Penetration Testers

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Hacker

Mengetahui tips dan cara menjadi hacker profesional saja belum cukup. Kamu juga harus tahu, mengenai keahlian atau kemampuan apa saja yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang hacker profesional.

1.  Dasar Komputer

Kemampuan dasar komputer merupakan hal dasar yang harus dikuasai bagi seorang hacker. Hal dasar seperti command line yang terdapat di windows atau editing registry dan scripting penting diketahui. Karena hal ini pastinya akan teraplikasikan dalam pekerjaan hacker sehari-harinya.

2. Paham Mengenai Jaringan

Cara menjadi hacker yang handal tentunya harus belajar secara mendalam mengenai jaringan dan segala komponen di dalamnya. Karena pada saat melakukan peretasan sistem, hal ini harus dikuasai diantaranya yaitu mengenai DNS, NAT, Subnetting, DHCP, OSI model, IPv4, IPv6, ARP dan lainnya.

3. Memahami Linux

Sistem operasi linux merupakan favorit bagi para hacker, karena hampir semua tools yang digunakan untuk melakukan peretasan merupakan hasil produk yang dikembangkan oleh Linux.

Maka dari itu, mempelajari linux bisa menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa memudahkan mempelajari hal lainnya.

4. Memahami Virtualisasi

Maksud dari virtualisasi yaitu abstraksi dari sumber daya yang ada pada komputer. Maka dari itu, dalam hal ini hacker harus mampu untuk membuat versi virtual dari server, OS, jaringan atau perangkat storage.

Tujuan dari virtualisasi ini yaitu sebagai uji coba dalam melakukan peretasan sebelum peretasan benar-benar diaplikasikan.

5. Memahami Wireshark

Kemampuan yang harus dikuasai selanjutnya sebagai tahapan cara menjadi hacker yang handal yaitu memahami tentang wireshark. Jadi wireshark merupakan penganalisa yang berbasis open source dan bisa digunakan secara gratis.

Software ini berguna dalam memecahkan masalah yang terjadi pada jaringan, menganalisis, dapat membantu dalam pengembangan perangkat lunak, serta berperan dalam pengembangan protokol komunikasi.

6. Paham Mengenai Konsep Keamanan dan Privasi Internet

Untuk menjadi seorang hacker, kemampuan memahami konsep teknologi keamanan merupakan hal yang sangat penting. Seorang pakar keamanan siber harus bisa memahami apa yang menjadi penghalang ketika melakukan peretasan.

Dalam aspek keamanan, skill penting yang harus dikuasai diantaranya yaitu mengenai Secure Sockets Layer (SSL), Firewall, Intrusion Detection System (IDS) dan lain sebagainya.

7. Memahami Tentang Database

Pengertian dari database yaitu kumpulan data dalam sistem komputer yang terstruktur dan terorganisir. Jadi apabila ingin meretas database untuk mendapatkan kumpulan data atau informasi tertentu, penting untuk mengetahui fungsi dari database itu sendiri.

Database terdiri dari SQL Language yang nantinya berguna untuk melakukan perintah dalam DBMS besar seperti pada MySQL dan Oracle.

  • Memahami Tentang Teknologi Nirkabel

Teknologi nirkabel yaitu prosedur pengiriman informasi yang dilakukan melalui gelombang yang tidak tampak di udara. Dengan ini, hacker harus memahami mengenai algoritma enkripsi seperti WPA, WPA2, WEP, WPS, dan four-way handshake.

Selain itu, untuk menjadi hacker juga penting menguasai dan memahami mengenai Authentication protocol.

Informasi bagaimana cara menjadi hacker di atas bisa menjadi pedoman bagi yang tertarik dengan profesi tersebut. Namun pastikan untuk menggunakan ilmu yang diperoleh dengan bijak dan digunakan untuk tujuan yang baik.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment