Daftar 11 Tools CRM Paling Sering Digunakan oleh Perusahaan

tools crm

Bagi setiap bisnism, pelanggan adalah kunci kesuksesan oleh sebab itu loyalitasnya harus dibangun dan dijaga. Perusahaan pada umumnya menggunakan tools CRM untuk membentuk interaksi yang bagus dengan para pelanggannya..

Adanya peralatan CRM tersebut memungkinkan perusahaan untuk menjalin interaksi yang harmonis dan lebih dekat dengan pelanggan mereka. Fungsi CRM bagi bisnis salah satunya adalah meningkatkan popularitas pada konsumen terutama pelanggan setia.

Cara kerja CRM adalah mengumpulkan dan mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggannya secara otomatis. Dengan informasi yang dikumpulkan tersebut selanjutnya perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan pelanggan.

Pengertian Tools CRM

Mungkin masih banyak yang belum memahami apa yang dimaksud dengan CRM itu dan mengapa penting bagi perusahaan. CRM adalah tools atau perangkat digital yang mempunyai fungsi untuk membantu sebuah perusahaan mengelola hubungan dan interaksi yang baik dengan pelanggannya.

Apa kepanjangan CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management, yang pada dasarnya memiliki dua buah fungsi bagi perusahaan. Fungsi yang pertama yaitu membantu penjualan dan yang kedua untuk mengelola pelanggan.

Baca Juga : Apa Itu CRM : Pengertian, Peran, Tujuan, Komponen dan Fiturnya

CRM menjadi populer dan digunakan oleh perusahaan karena sistemnya yang otomatis dan merupakan gabungan dari aktivitas manusia dengan teknologi. Perusahaan yang menggunakan CRM tools bisa menjadi lebih efisien dalam kinerjanya.

Daftar Tools CRM Paling Sering Digunakan

Adanya CRM membantu perusahaan untuk mengindentifikasi siapa saja yang menjadi pelanggannya. CRM juga memungkinkan perusahaan untuk mengenali masalah yang dihadapi oleh pelanggan, sehingga dapat dibantu bagaimana solusi yang tepat.

Fungsi CRM bagi perusahaan yang dirasa sangat penting tersebut membuat banyak developer mengembangkan tools tersebut. Namun tentunya dari sekian banyak tools yang ada, hanya beberapa saja CRM yang paling sering digunakan oleh perusahaan.

Apa saja CRM tools yang banyak digunakan oleh perusahaan, silakan simak dalam daftar berikut ini.

1.     Mekari Qontak

tools crm

CRM tools pertama yang cukup banyak dipilih oleh perusahaan adalah Mekari Qontak. Tools ini membantu perusahaan untuk memantau berbagai aktivitas bisnis, dimulai dari penjualan, marketing hingga pelayanan pelanggan.

Fitur-fitur CRM Mekari Qontak dapat dikatakan cukup lengkap, yang membuat perusahaan dapat mengelola penjualan dan pelanggannya dengan cara yang lebih sederhana. Bukan hanya itu saja, Mekari Qontak juga dapat dipakai untuk memeriksa kinerja tim marketing.

Beberapa fitur unggulan CRM Mekari Qontak yaitu :

  1. Customization yang dapat diubah sesuai dengan perspektif bisnis dan jenis pelanggan.
  2. 360 Views and Analytical Reposting, untuk menyajikan data secara lengkap.
  3. Document Automatisation, fungsinya untuk otomatisasi dokumen.

Kekurangan Mekari Qontak hanya satu yaitu masih berfokus pada market atau pasar lokal dalam CRM tools yang dikembangkannya.

2.     Sugar CRM

tools crm

Tools CRM yang juga menjadi favorit banyak perusahaan adalah Sugar CRM. Alat CRM yang satu ini menawarkan fitur-fitur yang membuat urusan penjualan dan pelanggan lebih mudah dilakukan. Interface pada Sugar CRM bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis setiap perusahaan.

Selain itu, dengan menggunakan Sugar CRM perusahaan dapat melakukan kampanye pemasaran yang tepat, melakukan audit pada laporan analitik penjualan dan mendapatkan otomatisasi pada tenaga pemasaran.

Sayangnya, dengan fitur customer support yang bagus dan penerapan CRM building pada tools, Sugar CRM masih meninggalkan beberapa kekurangan. Sugar CRM masih menggunakan sistem manual dan integrasi dengan channel lainnya cukup rumit untuk dilakukan.

3.     Agile

tools crm

Agile CRM adalah tools yang memberikan fitur yang lengkap dalam satu platform saja. Agile membuat sistem penjualan, marketing dan juga layanan menjadi lebih mudah dilakukan dengan langkah sederhana.

Tidak sebatas itu saja, Agile juga menyediakan cloud yang membuat tools dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat mobile, yaitu SaaS. Dengan SaaS maka tim sales dapat memperbarui data darimana saja secara real time, tanpa harus menghadap komputer.

Apakah perangkat CRM Agile memiliki kekurangan? Tentu saja, diantara kelebihan yang ditawarkan, Agile tidak luput dari beberapa kekurangan. Agile sering menghadapi permasalahan UI yang membutuhkan biaya tambahan jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap.

Kekurangan lainnya yaitu dalam hal otomatisasi sistem serta integrasinya pada saluran lain. Meskipun ada beberapa kekurangan, namun perusahaan tetap menggunakan Agile yang dianggap lebih mudah dalam pemakaiannya.

4.     Copper

tools crm

Copper adalah aplikasi CRM yang membantu perusahaan lebih mudah mengelola kontak, data-data penawaran, email serta hampir seluruh alur bisnis dalam satu platform. Copper menawarkan fitur berupa manajemen pemasaran, manajemen pipe line dan juga laporan analitis.

Sayangnya, dengan fitur yang cukup baik tersebut Copper masih belum bisa mengatasi kekurangan yang terdapat dalam aplikasinya. Copper memiliki keterbatasan dalam otomatisasi sistem kerja, hasil analisis yang kurang akurat dan pengoperasiannya yang lumayan rumit.

5.     HubSpot

tools crm

Ini adalah tools CRM yang cocok untuk pemula karena tampilannya sederhana sehingga pengguna lebih mudah dalam mengelola data termasuk menyimpan kontak pelanggan. Meskipun dikatakan sederhana tapi HubSpot menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpan hingga 1 juta kontak.

Kelebihan yang dimiliki HubSpot yaitu mudah dihubungkan dengan platform surel seperti Outlook maupun Gmail. Dengan begitu maka pengguna dapat dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap aktivitas penjualan yang dilakukannya.

Fitur unggulan HubSport diantaranya live chat, otomatisasi sales, email marketing hingga managemen penjualan. Hanya saja, aplikaasi HubSpot ini harganya masih cukup mahal dan harus membayar biaya tambahan jika menginginkan fitur lebih lengkap.

6.     Insightly

tools crm

Bagi perusahaan yang ingin bisa melakukan pelacakan pada setiap penjualan yang telah dilakukan, maka CRM tools Insightly adalah pilihan tepat. Aplikasi ini menyajikan setiap tahapan dalam penjualan yang melibatkan konsumen atau pelanggan.

Insightly juga merupakan aplikasi CRM yang bagus untuk bisnis skala kecil untuk membangun hubungan yang baik dengan para pelanggannya. Insighly juga menjadi alat CRM yang dapat dipakai untuk mengelola proyek tertentu seperti yang diinginkan oleh pelanggan.

Kelebihan lainnya yaitu dapat menyimpan serta merekam semua data penjualan dengan otomatis. Selain itu, Insightly juga bisa diakses dengan perangkat mobile dan dilengkapi dengan dashboard interaktif.

Hanya saja ketika mengirimkan email pemasaran menggunakan Insighly, user masih harus menyebarkannya secara manual ke aplikasi. Pengguna juga masih harus menambah biaya lagi untuk memperoleh support system yang lengkap.

7.     Zoho

tools crm

CRM tools yang juga cukup menarik untuk dicoba dengan berbagai fitur andalannya adalah Zoho. Aplikasi CRM Zoho menawarkan fitur berupa management campaign yang sangat berguna untuk membantu tim sales melakukan pemasaran melalui email, data lead, website dan lain sebagainya.

Zoho juga merupakan CRM tools yang dapat dipakai untuk melakukan pelacakan terhadap biaya yang dikeluarkan oleh departemen marketing. Aplikasi ini dapat melakukan sistem dan alur penjualan dalam satu platform.

Kelebihan Zoho yang lainnya yaitu dapat diakses dengan perangkat mobile, self-service yang memungkinkan perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan, intregrasi yang mudah dan masih banyak lagi.

Adapun Zoho kadang-kadang masih meninggalkan beberapa masalah yang menjadi kekurangannya. Zoho terhitung sering mengalami bug yang membuat proses input data kadang menjadi sulit, waktu loading aplikasi yang cukup lama dan juga interface yang kurang ramah pengguna.

8.     Pipedrive

tools crm

Pipedrive adalah tools CRM yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola database pelanggan mereka. Yang perlu diketahui sejak awal yaitu bahwa Pipedrive adalah aplikasi CRM yang berbayar.

Aplikasi ini mampu menyajikan data real time dari penjualan yang dilakukan perusahaan dengan akurasi yang cukup tinggi. Jika ingin menggunakan CRM Pipedrive ini maka pengembang menyediakan empat paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan.

Harga paket CRM Pipedrive yang termurah sekitar USD12,5 per bulan dan yang paling mahal mencapai USD 99 setiap bulannya. Dengan harga sewa seperti diatas apa saja yang bisa didapatkan oleh pengguna? Fitur Pipedrive yang menarik diantaranya :

  • Pipedrive mampu melacak dan melakukan evaluasi KPI  pada satu dashboard
  • Ada pengingat otomatis untuk menyoroti prospek
  • Terintegrasi dengan layanan pihak ketiga seperti Gmail dan Linkedin.

Diantara kelebihannya tersebut ada kekurangan Pipedrive yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pipedrive masih memiliki biaya tambahan yang bisa saja dikenakan kepada pengguna serta lebih cocok dipakai pada perusahaan dan bisnis yang sudah skala besar.

9.     Freshsales

tools crm

CRM yang bagus untuk bisnis UMKM adalah Freshsales. Pengembangnya yaitu Freshwork memang sengaja merancang aplikasi CRM yang cocok untuk dipakai oleh usaha kecil dan menengah. Meskipun begitu, Freshsales sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik.

Freshsales sudah memiliki fitur untuk melacak email dan event, managemen sales dan juga sistem data yang otomatis. Hanya saja memang ada beberapa kekurangan pada aplikasi Freshsales ini, seperti kurangnya kepekaan pada akses seluler dan cukup sulit untuk diintegrasikan dengan WA.

10.  Bitrix 24

tools crm

Ingin menggunakan tools CRM yang dapat melakukan pelacakan otomatis pada biaya marketing ataupun menghitung ROI? Kalau iya, pilih saja CRM Bitrix 24 untuk perusahaan Anda. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk cloud dan juga on promise.

Selain itu, sistem yang ditanamkan dalam aplikasi Bitrix 24 mampu melakukan otomatisasi pada alur penjualan berulang hanya dengan memakai esensial tools yang disediakan. Tampilan Bitrix 24 didesain mirip dengan media sosial sehingga sangat mudah digunakan.

Kelebihan CRM Bitrix 24 yang lainnya yaitu memudahkan komunikasi secara real time kepada kelompok, pesan instan maupun konferensi video. Pengguna juga bisa dengan mudah melakukan pemasaran melalui email, telemarketing, sms maupun media sosial.

Diluar itu, ada beberapa kekurangan yang masih melekat di Bitrix 24 ini yaitu fitur yang sangat terbatas pada versi gratisnya dan juga ruang penyimpanan yang relatif kecil hanya sekitar 5GB saja setiap bulannya. Kalau ingin fitur yang lebih lengkap dikenakan biaya sekitar USD 30 per bulan.

11.  SAP CRM

tools crm

SAP adalah aplikasi CRM yang sangat memfokuskan diri pada pelanggan, sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengelola interaksi yang bagus. SAP juga dilengkapi dengan fitur dimana perusahaan bisa menghubungkan data dan sinyal bisnis secara real time.

Kelebihan SAP CRM yaitu memudahkan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis mereka, mengurangi retensi pelanggan dan juga mencegah penurunan pendapatan. SAP juga dilengkapi dengan fitur untuk melacak perkiraan penjualan dan otomatisasi sales.

Perusahaan membutuhkan tools CRM yang tepat agar dapat digunakan untuk menjalin hubungan dan interaksi yang baik dengan pelanggannya. CRM juga berguna dalam hal pelacakan penjualan, otomatisasi data sales dan masih banyak manfaat lainnya.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment