Belajar Copywriting: Pengertian, Keuntungan, dan Panduan Full

Belajar Copywriting

Sebuah tulisan dapat berperan besar bahkan bisa mempengaruhi pembaca agar mengikuti apa yang ditulis. Ingin membuat tulisan seperti itu? Jika menginginkannya, maka tidak ada salahnya untuk mulai belajar copywriting sejak sekarang.

Banyak hal yang dapat dipelajari mulai dari ilmu dasar copywriting hingga teknik penulisannya. Kamu pun akan mendapat banyak keuntungan setelah mempelajari teknik copywriting. Penasaran bagaimana cara mempelajarinya? Temukan informasi lengkap tentang copywriting di artikel ini!

Apa Itu Copywriting?

Berikut ini definisi dan jenis-jenis dari teknik kepenulisan copywriting yang harus Kamu ketahui lebih detail, yaitu:

1. Pengertian

Belajar Copywriting

Secara singkat, copywriting dapat diartikan sebagai sebuah naskah atau teks yang ditulis penulis untuk tujuan komersil dan disebarluaskan agar menjangkau target pembaca. Selain itu, istilah copywriting juga dapat diartikan sebagai teknik menulis teks tersebut.

Copywriting pada umumnya digunakan untuk menarik perhatian target pembaca dan tujuan akhirnya mendorong mereka melakukan tindakan sesuai tujuan tulisan dibuat. Tidak heran jika copywriting juga identik memiliki bagian kalimat Call to Action di bagian akhirnya.

Kalimat CTA yang dimaksud dapat berupa ajakan persuasif untuk membeli produk, menggunakan jasa tertentu, melakukan donasi, klik iklan, mengikuti platform tertentu, dan lain sebagainya.

Copywriting sangat dibutuhkan untuk berbagai bidang kehidupan karena memang dapat memberikan pengaruh besar bagi para pembaca. Oleh karena itu, penulisan copywriting tidak dilakukan sembarangan, tetapi memliki teknik tertentu dengan berbagai pertimbangan.

Kamu dapat menemukan teks copywriting di berbagai tempat, misalnya caption media sosial, poster, bilboard, televisi, video, kemasan makanan, promosi produk/ jasa, dan lain sebagainya.

2. Jenis-jenis

Belajar Copywriting

Terdapat beberapa jenis copywriting yang dapat dipelajari oleh pemula. Apa saja jenisnya? Jika belum tahu, maka berikut ini jenis-jenis dari teknik kepenulisan copywriting, yaitu:

  • Technical Copywriting: memberikan informasi terkait pengetahuan yang lebih spesifik mengenai produk atau jasa tertentu, termasuk mengenai cara kerjanya.
  • SEO Copywriting: fokus pada algoritma mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan perhatian pembaca sekaligus membantu memberikan apa yang mereka butuhkan.
  • Brand Copywriting: menyampaikan identitas hingga membentuk citra positif suatu brand kepada masyarakat luas
  • Marketing Copywriting: menyampaikan informasi terkait penjualan produk/ jasa agar pembaca semakin yakin akan manfaatnya dan akhirnya membelinya
  • Direct Response Copywriting: mendorong sesorang untuk klik halaman konten suatu website

Baca Juga : Daftar 11 Tools CRM Paling Sering Digunakan oleh Perusahaan

Keuntungan Belajar Copywriting

Belajar Copywriting

Ternyata kini banyak orang tertarik untuk belajar menulis dengan teknik copywriting karena memang merasa membutuhkannya. Tidak ada salahnya mulai lebih cepat belajar teknik penulisan copywriting karena akan memberikan berbagai keuntungan atau manfaat berikut ini, yaitu:

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Belajar Copywriting

Kamu tentu saja akan mendapat keuntungan berupa ilmu kepenulisan yang bertambah serta meningkatnya kemampuan dalam menulis. Jika mempelajarinya dengan serius, maka Kamu dapat menambahkan keahlian menulis copywriting dalam CV.

Rencana jangka panjang yang bisa dilakukan bahkan membuka kelas pelatihan online untuk berbagi ilmu terkait copywriting. Sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, bukan?

2. Dasar Berbagai Bidang Termasuk Pemasaran

Belajar Copywriting

Kemampuan copywriting sangat penting dipelajari karena dapat memberikan pengaruh besar untuk berbagai bidang. Hal ini karena tulisan yang ditulis dengan teknik copywriting dapat membuat target pembaca melakukan apa yang diinginkan oleh penulis.

Tidak heran jika teknik copywriting sangat dibutuhkan dalam bidang pemasaran bisnis atau usaha, baik itu untuk UMKM bahkan perusahaan-perusahaan besar. Teknik copywriting juga memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan, politik, sosial, agama, budaya, dan lain sebagainya.

3. Berpeluang Menjadi Copywriter Professional

Belajar Copywriting

Ketika memiliki keahlian di bidang copywriting, maka Kamu akan mendapat peluang besar bekerja sebagai copywriter professional. Artinya, Kamu bisa menghasilkan keuntungan finansial atau pendapatan tambahan dari menulis.

Memangnya, berapa gaji seorang copywriter? Pendapatan seorang copywriter pada umumnya mulai dari jutaan rupiah bahkan ada juga yang mendapat gaji belasan juta rupiah tergantung di mana tempatnya bekerja serta jabatan copywriter tersebut.

Kamu bisa memilih bekerja sebagai freelance copywriting yang tidak terikat resmi pada perusahaan, sehingga lebih bebas memilih job untuk dikerjakan. Pendapatan tambahan yang dihasilkan pun bisa didiskusikan dengan klien yang memberi job copywriting.

Selain itu, Kamu juga bisa memilih bekerja sebagai copywriter professional yang terikat menjadi karyawan perusahaan. Kini sudah banyak perusahaan yang mempekerjakan copywriter dengan gaji tinggi karena memang sangat dibutuhkan untuk mendukung berjalannya bisnis mereka.

Panduan Lengkap Memulai Belajar Copywriting

Belajar Copywriting

Banyak hal yang memang harus dipelajari untuk menguasai teknik copywriting. Lantas, harus mulai dari mana untuk mempelajari teknik penulisan tersebut? Tidak usah bingung! Kamu dapat mengikuti beberapa panduan di bawah ini ketika akan mulai mempelajari teknik copywriting dalam menulis!

1. Mempelajari Ilmu Dasar Copywriting

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja mempelajari materi atau ilmu dasar mengenai copywriting. Ilmu dasar ini memiliki peranan penting sebagai pondasi untuk menulis memakai teknik copywriting yang baik dan benar.

Pahami pengertian dari teknik copywriting dan perbedaannya dengan content writing. Ingat! Copywriting lebih mengarah pada tulisan dengan tujuan persuasif/ ajakan atau pemasaran. Sementara content writing lebih fokus ke tujuan dari content marketing.

Selain itu, Kamu juga harus mempelajari tentang audience atau target pembaca yang dituju. Pelajari juga jenis-jenis platform yang dapat digunakan untuk menyebarkan teks copywriting secara efektif dan efisein hingga sampai ke target pembaca.

Cara belajar copywriting juga dapat dilakukan dengan mempelajari brand voice atau gaya komunikasi yang digunakan oleh suatu brand agar lebih unik dan berbeda dengan brand lainnya.

2. Memahami Formula Copywriting

Bagaimana cara menjadi copywriter pemula? Selain belajar hal dasar atau fundamental dari copywriting, Kamu juga harus mempelajari formula penulisan copywriting. Formula penulisan ini akan memberi arahan dan memudahkan Kamu dalam menulis dengan tepat sasaran.

Apa saja formula penulisan yang bisa digunakan? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa pilihan formula penulisan menggunakan teknik copywriting, yaitu:

2.1 Formula AIDA

  • Attention: menarik perhatian target pembaca dengan headline dibuat berukuran lebih besar dan berkesan.
  • Interest: melalui sub headline berusaha membangkitkan minat target pembaca terhadap produk/ jasa yang ditawarkan.
  • Desire: melalui kalimat bersifat emosional yang membuat target pembaca semakin ingin memiliki produk/ jasa yang ditawarkan.
  • Action: berupa ajakan untuk melakukan tindakan tertentu sesuai tujuan copywriting ditulis.

2.1 Formula FAB

  • Feature: menonjolkan fitur utama dari produk/ jasa yang ingin ditawarkan kepada target pembaca.
  • Advantage: menjelaskan lebih dalam tentang kelebihan dari fitur utama tersebut.
  • Benefit: memaparkan manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dengan memakai produk/ jasa tersebut.

2.3 Formula PAS

  • Problem: mengangkat masalah atau kebutuhan yang diperlukan oleh target pembaca.
  • Agitate: membuat permasalahan terasa sangat penting dan harus segera diatasi.
  • Solution: memberi solusi kepada pembaca atas permasalahan yang terjadi dengan menawarkan produk/ jasa.

2.4 Formula 4C

  • Clear: jelas untuk dipahami dan dibaca
  • Concise: ringkas dan juga padat
  • Compelling: unik, menarik, dan berbeda dari lainnya
  • Credible: mendorong rasa percaya target

2.5 Formula 4U

  • Useful: dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan
  • Unique: menarik dan berbeda dengan lainnya
  • Ultra specific: memberi informasi secara detail dan spesifik
  • Urgent: mengajak target pembaca agar segera melakukan tindakan

3. Belajar Teknik Penulisan Copywriting

Setelah memahami formula dari teknik copywriting, maka pastikan juga untuk belajar mengenai teknik penulisan secara langsung. Teknik penulisan yang dimaksud dalam copywriting cukup beragam. Misalnya, teknik kontradiksi, teknik rima, dan lainnya.

Di dalam mempelajari teknik penulisan copywriting, Kamu juga harus belajar menulis headline yang menarik serta atraktif agar lebih mudah membuat target pembaca tertarik.

Di bagian akhir pelajari juga cara penulisan Call to Action atau CTA yang persuasif. Tujuannya agar pembaca langsung melakukan tindakan sesuai tujuan dari penulisan copywriting. Misalnya, langsung membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Pastikan untuk Lebih Sering Membaca dan Latihan Menulis

Bagaimana cara melatih skill copywriting? Cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah rajin membaca dan menganalisis bacaan yang ditulis dengan teknik copywriting. Tujuannya agar Kamu menadapat lebih banyak contoh dan masukan dalam menulis.

Selain membaca, pastikan juga untuk lebih sering dan konsisten menulis memakai teknik copywriting. Carilah ide-ide penulisan yang menarik dan susun berdasarkan formula serta teknik copywriting yang dipelajari.

Tidak ada salahnya juga meminta bantuan orang lain yang lebih paham copywriting untuk menganalisis dan menilai bahkan melakukan koreksi atas hasil tulisan Kamu.

Di Mana Belajar Copywriting untuk Pemula?

Belajar Copywriting

Mempelajari copywriting dapat dilakukan sendiri maupun dengan bantuan pembimbing yang sudah lebih menguasi teknik penulisan ini. Berikut ini dua saran tempat atau sumber yang dapat dipilih ketika ingin mempelajari teknik penulisan copywriting, yaitu:

1. Belajar Mandiri Melalui Berbagai Sumber

Ingin belajar copywriting tetapi terkendala biaya? Tenang saja, mempelajari teknik copywriting tidak harus mengeluarkan biaya banyak. Kini sudah banyak sumber materi-materi yang dapat digunakan untuk belajar copywriting gratis.

Kamu dapat memanfaatkan berbagai media digital untuk mencari informasi mengenai materi copywriting dasar hingga tingkat lanjutan. Banyak website yang membagikan artikel gratis mengenai ilmu dasar hingga tips untuk menulis dengan teknik copywriting.

Selain itu, di media sosial juga banyak para content creator membagikan ilmu yang dimilikinya terkait copywriting. Kamu hanya perlu mencari sumber pembelajaran copywriting yang dirasa paling lengkap, terstruktur, dan mudah dipahami.

2. Mengikuti Kelas Pelatihan Online

Selain belajar secara mandiri dengan mencari sumber pembelajaran sendiri, Kamu juga dapat memilih untuk ikut berpartisipasi menjadi peserta kelas pelatihan online copywriting. Banyak penyedia pelatihan online yang membahas dasar-dasar hingga teknik menulis copywriting.

Kelebihannya, tentu saja semua materi sudah disediakan dan disusun secara sistematis, sehingga pembelajaran copywriting lebih terarah. Selain itu, Kamu juga akan bertemu dengan lebih banyak orang yang dapat diajak diskusi terkait teknik penulisan copywriting maupun materi lainnya.

Jika tertarik mempelajari teknik copywriting dengan cara ini, maka pastikan untuk mengikuti kelas pelatihan online yang sudah terjamin kualitasnya. Kamu juga harus mempersiapkan budget dalam jumlah tertentu agar bisa mengikuti kelas pelatihan online copywriting yang diadakan.

Selain meningkatkan kemampuan menulis, belajar copywriting juga membuka kesempatan Kamu untuk menjadi copywriter professional. Mulailah mempelajari hal dasar, anatomi, formula hingga teknik copywriting. Pastikan juga untuk lebih banyak membaca dan berlatih menulis copywriting!

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment