Mengenal Jurusan Manajemen Perkantoran dan Prospek Kerja

Jurusan Manajemen Perkantoran

Bagi siswa kelas IX SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu sudah saatnya untuk memilih jurusan dan kampus yang akan dituju. Jurusan manajemen perkantoran adalah salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan,lho.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai jurusan ini. Kamu bisa simak informasi selengkapnya mengenai hal-hal yang berkaitan mengenai dunia perkuliahan hingga profesi-profesi yang bisa digeluti bagi para lulusannya, pada pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Manajemen Perkantoran?

Jurusan Manajemen Perkantoran

Manajemen perkantoran adalah sebuah program studi yang di dalamnya belajar bagaimana cara mengelola kegiatan di perkantoran, sehingga bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, jika kamu tertarik untuk belajar mengenai pengelolaan keuangan perusahaan, dokumen serta sistem informasi perkantoran, maka bisa mencoba untuk mengambil jurusan ini. Ketika sudah berada di bangku perkuliahan nanti, akan ada banyak hal-hal baru yang dipelajari.

Beberapa diantaranya yaitu terkait dengan pengelolaan dokumen, pengarsipan, keuangan perkantoran serta pengelolaan sistem informasi perkantoran. Dengan demikian, mahasiswa dari jurusan ini akan memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni dalam mengelola berbagai jenis dokumen.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Salmon, Potensi Omzetnya Bikin Gagal Move On

Selain mempelajari mengenai hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan dibekali dengan pembelajaran mengenai pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Beberapa materi lainnya sebagai bekal tambahan ilmu untuk memperluas wawasan mahasiswa, diantaranya yaitu belajar materi terkait dengan administrasi perpajakan, pasar modal serta administrasi perbankan.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Perkantoran

Selain menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin berkarir di dunia perkantoran, tentu saja ada beberapa hal lainnya yang menjadikan jurusan ini patut kamu pilih sebagai salah satu pertimbangan, ketika melanjutkan ke perguruan tinggi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mampu Mengelola Berbagai Jenis Dokumen, Arsip dan Sistem Informasi Perkantoran

Fokus pembelajaran dari jurusan ini yaitu mengenai cara pengelolaan dokumen, arsip serta informasi. Maka dari itu, bagi yang ingin memiliki atau mengasah kemampuan ini agar lebih mumpuni, bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang satu ini.

2. Memiliki Prospek Kerja yang Luas Bagi Lulusannya

Bagi lulusan jurusan ini tentunya tidak perlu khawatir selepas lulus nanti. Pasalnya ada banyak pilihan bidang kerja dan pilihan lokasi kerja, karena prospek kerja jurusan manajemen perkantoran sangat luas.

Bidang pekerjaan tersebut diantaranya yaitu bisa berkarir menjadi seorang asisten manajer, sekretaris, staf administrasi, asisten proyek dan pengelola perkantoran.

3. Mengasah Kemampuan Analitis

Tujuan jurusan manajemen perkantoran salah satunya yaitu untuk menekan mahasiswa agar bisa mengasah dan mengembangkan kemampuan analitis.

Maka dari itu, seseorang yang mempunyai kemampuan ini atau ingin mengembangkan skill yang dimiliki, tentu sangat cocok untuk mengambil jurusan yang satu ini.

Administrasi Perkantoran

4. Mengasah dan Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Lulusan jurusan ini diharapkan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, dalam hal ini bisa lisan maupun tulisan. Karena nantinya ketika sudah lulus dan menempuh dunia kerja kemampuan ini akan sangat berguna dan penting untuk dimiliki.

Bagi yang ingin mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik, maka bisa menjadi pertimbangan yang tepat untuk masuk ke jurusan ini.

Jurusan Manajemen Perkantoran Belajar Apa Saja?

Penasaran ada mata kuliah atau materi apa saja yang nantinya akan kamu pelajari ketika masuk ke jurusan ini? Berikut ini merupakan beberapa daftar materi kuliah yang akan dipelajari apabila mengambil jurusan yang satu ini.

  • Manajemen Perkantoran
  • Azas Manajemen
  • Akuntansi
  • Mengetik Elektronik
  • Praktek Komputer
  • Stenografi
  • Humas dan Protokol
  • Pengetahuan Kesekretariatan
  • Bahasa Inggris
  • Teknik Penulisan Laporan
  • Manajemen Kearsipan
  • Hukum Ketenagakerjaan.
  • Statistik
  • Manajemen Bisnis dan Organisasi
  • Manajemen Personalia
  • Manajemen Layanan Prima
  • Praktik Mengetik dan Simulasi Kantor
  • Koresponden Bahasa Indonesia
  • Koresponden Bahasa Inggris
  • Manajemen Komplain
  • Sistem Perbankan Indonesia
  • Hukum Perdagangan Sipil

Gelar Jurusan Manajemen Perkantoran

Sebagai tambahan informasi, jika kamu mengambil jurusan ini di bangku perkuliahan maka nantinya setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Manajemen (S.M). Hal ini karena umumnya untuk jurusan ini masuk ke dalam bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perkantoran

Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan dari jurusan ini diantaranya yaitu mahir dalam melakukan pengelolaan berbagai jenis dokumen, arsip hingga informasi penting perusahaan.

Kemampuan tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, maka dari itu prospek kerja bagi lulusan dari jurusan ini sangat luas. Salah satu contoh profesi yang bisa ditekuni yaitu menjadi asisten proyek.

Jadi asisten proyek adalah posisi yang membantu kerja dari manajer proyek. Tugas dan tanggung jawab yang diemban bagi posisi ini yaitu mencakup pengelolaan serta penyusunan administrasi proyek (project management plan atau timeline).

Disamping itu, tugas asisten proyek yang lainnya yaitu mengelola komunikasi dan melakukan koordinasi proyek, meminta serta mengumpulkan basis data, mendistribusikan tugas untuk setiap anggota di dalamnya, membuat laporan dan menyusun materi untuk presentasi.

Selain menjadi asisten proyek, tentu masih ada banyak profesi lainnya yang masih berkaitan dengan jurusan ini. Lalu, jurusan manajemen perkantoran bisa kerja apa saja selain profesi tersebut? Berikut ini merupakan beberapa daftar profesi yang bisa kamu geluti jika mengambil jurusan ini.

Baca Juga : Budidaya Bawang Merah, Bisnis Murah Datangkan Rupiah

1. Resepsionis

Profesi pertama yang bisa digeluti bagi lulusan dari jurusan ini yaitu menjadi resepsionis. Tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis yaitu berhubungan dengan kegiatan untuk menyambut atau menerima klien.

Dalam hal ini, bisa dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung seperti menghubunginya melalui telepon.

2. Arsiparis

Arsiparis adalah profesi yang memiliki kompeten di bidang kearsipan. Kompetensi ini dapat diperoleh melalui pendidikan yang bersifat formal maupun pendidikan dan pelatihan tentang kearsipan.

Dengan kompetensi yang dimiliki, fungsi, tugas dan tanggung jawab dari arsiparis yaitu untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kearsipan.

3. Staf Administrasi

Selanjutnya, prospek kerja jurusan manajemen perkantoran adalah staf administrasi. Sebagai pekerja di bidang administrasi, tugas dan tanggung jawabnya diantaranya yaitu mencakup tugas-tugas administrasi dan kegiatan operasional perusahaan sehingga dapat berjalan lancar.

Selain itu, tugas lainnya juga mencakup pencatatan dan pemeriksaan hasil penjualan mana yang paling baik sehingga dapat menjadi pedoman dalam menindaklanjuti kekurangannya. Semua informasi dan data perusahaan akan dicatat dan disusun secara sistematis.

Tujuannya yaitu agar dapat menyediakan keterangan serta mempermudah dalam mendapatkan kembali secara menyeluruh dan dalam satu hubungan antar departemen satu sama lain.

MEC News

4. Sekretaris

Profesi sekretaris memiliki tugas yaitu membantu mengurus segala hal dalam aspek administrasi perkantoran sehingga bisa berjalan lancar.

Dalam hal ini tugas tersebut diantaranya meliputi pengarsipan, korespondensi, pengaturan jadwal dan pekerjaan lain yang dapat membantu mendukung kinerja dari pimpinan perusahaan.

Selain itu, profesi ini juga dituntut untuk piawai dalam menjaga kerahasiaan mengenai perusahaan dan pimpinan. Nilai lebih yang bisa didapatkan dari profesi sekretaris adalah memiliki jaringan dan koneksi yang luas.

5. Customer Service

Customer service atau disebut juga dengan layanan pelanggan merupakan proses yang terstruktur dalam merancang, mengimplementasikan serta melakukan pengelolaan layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Tujuan utama dari profesi ini yaitu dapat memberikan atau memenuhi harapan pelanggan atas jasa atau produk yang ditawarkan, dengan demikian bisa tercipta hubungan yang baik dan positif, serta saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

6. Personal Assistant

Lulusan dari jurusan ini juga bisa menjadi personal assistant. Jasa ini tentu saja banyak sekali dibutuhkan oleh orang-orang yang mempunyai jabatan penting atau kesibukan yang tinggi.

Umumnya, fungsi dari personal assistant atau asisten pribadi ini yaitu membantu untuk mengatur kehidupan personal seorang pemimpin di perusahaan. Kamu juga bisa bekerja untuk orang yang memerlukan seorang personal assistant yang bisa membantu mengatur kegiatan atau pekerjaannya.

Sebagai seorang personal assistant, kamu akan mengikuti dan membantu seluruh kegiatan orang tersebut dan menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Selain mengatur jadwal pertemuan atau kerja, ada kalanya kamu juga akan membantu untuk mengurus berbagai kebutuhan dan acara keluarganya.

Baca Juga : Yuk, Kenali Pentingnya Google Panda dalam Optimasi SEO !

7. Manajemen Personalia

Personalia atau manajemen personalia merupakan istilah yang digunakan dalam perusahaan untuk melakukan proses perekrutan karyawan. Selain itu, posisi ini juga memiliki tanggung jawab melakukan pengembangan karyawan yang ada di dalam sebuah perusahaan.

Karyawan ini nantinya akan dilakukan pembinaan serta pengembangan, yang nantinya juga akan berguna untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

Jadi singkatnya, manajemen personalia yaitu manajemen yang mempelajari mengenai peranan dari hubungan manusia dalam organisasi perusahaan. Unsur profesi ini yaitu sumber daya manusia yang menjadi karyawan di dalam suatu perusahaan.

8. Seksi Hubungan Massa

Salah satu keunggulan jurusan manajemen perkantoran yaitu mahir di bidang komunikasi. Jadi tidak heran, lulusan jurusan ini bisa menjadi seksi hubungan massa dalam sebuah perusahaan.

Yap, seperti namanya profesi ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, karena tugas dari profesi ini yaitu menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar.

Gaji Lulusan Manajemen Perkantoran

Gaji bagi lulusan dari jurusan ini tentu saja tidak sama tergantung dari profesi yang digeluti, tempat kamu bekerja, kompetensi yang dimiliki dan lain sebagainya. Semakin kamu mahir dalam bidang tersebut dan memiliki kompetensi yang bagus, tentu gaji yang diperoleh akan semakin besar.

Namun sebagai gambaran bagi kamu yang penasaran mengenai besaran gajinya, jadi umumnya kisaran gaji untuk lulusan ini adalah Rp3.500.000 – Rp6.000.000. Namun nilai tersebut bisa kurang atau lebih tergantung dari beberapa faktor. Jadi tidak bisa menjadi sebuah patokan yang pasti.

Kampus yang Menyediakan Jurusan Manajemen Perkantoran

Ada beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini, diantaranya yaitu ada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Boalemo, dan Lembaga Pendidikan LP3I Riau.

Selain kampus tersebut, sebenarnya masih ada kampus lainnya yang memiliki jurusan yang masih terkait. Beberapa nama kampus lainnya dan nama jurusannya yaitu sebagai berikut:

  • Universitas Indonesia – Jurusan Administrasi Perkantoran (D4)
  • Universitas Airlangga – Jurusan Manajemen Perkantoran Digital (D4)
  • Universitas Jenderal Soedirman – Jurusan Administrasi Perkantoran (S1)

Kesimpulan

Jurusan manajemen perkantoran bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Di sini kamu akan belajar mengenai bagaimana cara mengelola seluruh kegiatan yang ada di perusahaan, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah lulus, nantinya kamu akan mendapatkan bekal kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Maka dari itu, prospek kerja ke depannya masih sangat terbuka lebar.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment