Cara Cek Versi PHP ? Ini Dia Panduan Lengkap yang Praktis

cara cek versi php

PHP merupakan bahasa pemrograman yang mengalami pertumbuhan pesat dari waktu ke waktu. Bahasa pemrograman ini terus diperbarui sehingga punya begitu banyak versi. Sudahkah kamu tahu bagaimana cara cek versi PHP?

Sebenarnya mudah saja, yang mana kamu punya opsi untuk menggunakan beberapa cara, seperti melalui cPanel Hosting, Pingdom, hingga WordPress. Pilihlah metode pengecekan update PHP sesuai yang dirasa paling simpel.

Cek Versi PHP Via Pingdom

cara cek versi php

Penting untuk tahu bagaimana cara mengetahui versi PHP yang digunakan. Pastikan kamu memakai versi terbaru supaya dapat menikmati peningkatan fitur-fitur dari bahasa pemrograman ini. Berikut langkah-langkah yang perlu ditempuh saat hendak mengecek versi PHP melalui Pingdom, yaitu:

1. Pergi ke Halaman Pingdom

Pingdom sebenarnya merupakan sebuah online tool yang dipakai untuk mengetahui kecepatan website. Namun, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengecek versi PHP yang sedang dipakai. Cukup masuk ke Pingdom, lalu salin URL web tertentu pada kolom yang sudah disediakan, dan klik Start Test.

Baca Juga : Apa Itu CMS? Pengertian, Manfaat, Fitur, Cara Kerja, dan Jenisnya

2. Waktunya Cek Pembaruan PHP

Tunggu proses loading yang biasanya tidak memakan waktu lama. Jika loading telah selesai, arahkan kursor kamu ke bagian bawah layar, persisnya di File request. Kamu akan menemukan versi PHP yang digunakan oleh website tersebut melalui kolom keterangan x-powered-by.

Cara Cek Versi PHP Via Menu Info PHP di Website

cara cek versi php

Tahukah kamu bahwa versi PHP juga bisa diketahui melalui menu Info PHP di suatu website? Tentunya harus dipastikan dahulu kalau website tersebut menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah in:

  • Masuk ke laman website yang ingin dicek versi PHP-nya.
  • Klik tab Kelola
  • Cari Info PHP melalui menu bar
  • Kamu akan menemukan informasi tentang versi PHP yang digunakan di bagian atas window.

Memangnya, apa saja keuntungan mengecek versi PHP melalui Info PHP di website? Berikut beberapa hal yang akan kamu dapatkan:

  • Mudah dilakukan, tidak akan membuatmu pusing.
  • Prosesnya singkat, yang bahkan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun.
  • Cepat dan hasilnya pun akurat.
  • Tidak perlu membuka platform lain lagi, cukup dari website yang kamu gunakan saja.

Cek Versi PHP Lewat XAMPP

cara cek versi php

XAMPP merupakan software yang memuat sejumlah komponen penting dalam pembuatan web lokal. Software ini biasanya digunakan oleh developer untuk mengoperasikan server web lokal di komputer mereka sendiri.

XAMPP memungkinkan developer untuk menguji dan membangun sebuah web tanpa harus memanfaatkan server web yang sebenarnya. Secara sederhana, XAMPP merupakan localhost yang bermanfaat dalam pembuatan web.

Menariknya, localhost seperti XAMPP dapat dipakai untuk mengetahui versi PHP yang sedang digunakan. Pastikan saja kalau website yang ingin dicek belum online, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Halaman Dashboard

Halaman dashboard dari XAMPP adalah cara pertama yang bisa kamu tempuh untuk mengecek versi PHP. Cobalah akses localhost pada web browser setelah memastikan kalau XAMPP sudah berjalan terlebih dahulu, yang menandakan service Apache sedang running. Selanjutnya, ikuti panduan di bawah ini:

  • Kunjungi browser yang ada di perangkatmu, masukkan localhost melalui address bar browser, lalu klik Enter.
  • Perhatikan tampilan dashboard XAMPP setelah Apache sudah running.
  • Informasi tentang versi PHP dapat kamu lihat pada bagian belakang keterangan Welcome to XAMPP for Windows.
  • Kamu juga bisa mencari tahu detail informasi tentang versi PHP yang sedang aktif dengan memanfaatkan menu PHPInfo yang terletak di bagian atas halaman dashboard.

2. Tool Shell

Ada metode lain yang bisa digunakan untuk mengecek versi PHP via XAMPP, yaitu lewat tool Shell. Berikut ini panduan lengkapnya:

  • Bukalah XAMPP Control Panel
  • Kunjungi folder bernama c:\xampp
  • Buka file berjudul xampp-control.exe
  • Kamu akan dibawa lebih dalam ke menu Control Panel, lalu carilah tombol Shell, dan klik tool Shell.
  • Masukkan perintah php–v
  • Tidak butuh waktu lama, kamu akan menemukan informasi tentang versi PHP pada layar.

Keuntungan menggunakan tool Shell XAMPP dibandingkan halaman dashboard untuk mencari tahu informasi tentang versi PHP, antara lain:

  • Bisa kamu lakukan tanpa harus mengoperasikan XAMPP.
  • Kamu dapat mengetahui versi PHP yang sedang digunakan tanpa perlu menunggu service Apache running.

Cek Versi PHP di cPanel

cara cek versi php

Cara cek versi PHP melalui cPanel cukup gampang dilakukan dengan syarat website kamu sudah berstatus online di layanan hosting. Terdapat beberapa metode yang bisa ditempuh dalam pengecekan versi PHP di cPanel, antara lain:

1. Select PHP Version

Fitur ini akan membantumu mengetahui versi PHP yang sedang dijalankan. Select PHP Version juga bisa dipakai untuk mengubah versi PHP, menarik kan? Langsung saja ikuti panduan berikut agar supaya versi PHP yang kamu pakai segera diketahui:

  • Pastikan kamu sudah masuk ke cPanel. Caranya yaitu dengan membuka tautan yang diperoleh sewaktu melakukan registrasi layanan hosting. Kamu juga dapat masuk ke cPanel dengan menginput domain/cpanel di kolom browser, misalnya jayausaha.com/cpanel.
  • Sudah login ke cPanel? Langsung saja input Select PHP Version di kolom pencarian yang tersedia.
  • Pilihlah hasil pencarian yang dirasa paling sesuai, tunggu sampai kamu diarahkan ke laman PHP Selector.
  • Lihat Current PHP Version untuk mengetahui versi PHP yang didukung oleh server hosting.

Apakah kamu berencana mencari informasi lebih detail terkait PHP yang didukung oleh server hosting? Jangan ragu untuk mengunjungi menu MultiPHP Manager. Melalui menu ini, informasi tentang status versi PHP dan domain disajikan dengan lebih lengkap.

2. File phpinfo.php

Metode pengecekan versi PHP ini mengharuskan kamu membuat file pada notepad terlebih dahulu. Setelah itu, masuklah ke cPanel dengan mengetikkan namadomain/cpanel di kolom pencarian File Manager, lalu ikuti panduan berikut:

  • Ketuk hasil pencarian yang sesuai sehingga kamu akan diarahkan ke File Manager.
  • Kunjungi direktori public_html.
  • Kliklah tombol +File yang terletak di sudut kiri bagian atas.
  • Masukkan phpinfo-php di kolom New File Name setelah pop up muncul.
  • Ketikkan /public_html di kolom New file will be created in.
  • Jangan ragu untuk mengeklik Create New File agar file bisa segera dibuat.
  • Jika file phpinfo.php telah dibuat, teruskan dengan mengeklik kanan pada file tersebut, dan pilih Edit.
  • Berikutnya, masukkan teks berikut:

<?php

Phpinfo();

?>

  • Pilih tombol Save Changes agar file yang sudah dibuat tersimpan.
  • Buka browser lagi, ketikkan namadomain/phpinfo.php di kolom browser.
  • Tidak butuh waktu lama, informasi tentang PHP yang sedang dijalankan akan muncul.

Bagi yang baru pertama kali mencoba cara cek versi PHP, metode ini tidak disarankan. Pasalnya, kamu harus membuat file pada notepad terlebih dahulu dan memasukkan sejumlah perintah di cPanel. Memang tidak sulit, tetapi berpotensi menimbulkan kebingungan saat baru pertama kali dicoba.

Cek Versi PHP Via CMD

cara cek versi php

CMD atau lebih dikenal dengan sebutan Command Prompt, merupakan salah satu fitur dasar di sistem operasi Windows. Fitur ini punya banyak manfaat, seperti mengecek jaringan, mengatur file, dan mengecek status Windows.

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan CMD untuk mengecek versi PHP yang sedang dijalankan. Bagaimana caranya? Pastikan kamu tidak melewatkan satu pun langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka CMD

Masuk ke fitur CMD pada perangkat Windows yang kamu gunakan. Cara masuknya bisa dengan menuliskan cmd di kolom pencarian yang ada pada toolbars di sisi menu Windows. Tunggu beberapa saat hingga Command Prompt dapat diakses.

2. Ketik Perintah php–v

Command Prompt sudah bisa kamu akses? Langsung saja ketikkan perintah php-v di kolom yang tersedia, lalu klik Enter. Butuh beberapa saat hingga informasi yang dicari muncul di layar.

Metode pengecekan ini bukan hanya akan menampilkan tentang versi PHP, melainkan informasi-informasi yang relevan lainnya. Kamu dapat mempelajari lebih detail mengenai PHP yang sedang dijalankan di sini.

Pengecekan versi PHP melalui Command Prompt terbilang cukup populer. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh bila menggunakan cara ini, antara lain:

  • Prosesnya sederhana sehingga dapat dilakukan oleh pemula sekalipun.
  • Tidak butuh waktu lama untuk melakukannya.
  • Informasi yang disajikan terkait PHP cukup lengkap, bukan sekadar informasi mengenai versi PHP saja.

Kenapa Harus Tahu Cara Cek Versi PHP?

cara cek versi php

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang apa pentingnya mengetahui cara pengecekan versi PHP? Apakah informasi tentang versi PHP penting untuk diketahui? Tentu saja, hal ini harus dipahami oleh pengguna PHP karena beberapa alasan berikut ini:

1. Memastikan Keamanan

Versi PHP yang lebih lama boleh jadi keamanannya rentan bermasalah. PHP termasuk bahasa pemrograman yang berkembang pesat sehingga sering diperbarui. Jika kamu tidak tahu cara mengecek versi PHP, lalu bagaimana bisa memperbarui software bahasa pemrograman ini?

Mengetahui cara pengecekan versi PHP membantu kamu untuk rutin memperbarui software ini. Pembaruan yang rutin diharapkan dapat menghindarkan perangkatmu dari masalah terkait keamanan.

2. Kompatibilitas

Sering kali skrip web atau aplikasi membutuhkan versi PHP tertentu supaya dapat berfungsi secara optimal. Cara cek versi PHP yang sedang digunakan akan membantu kamu lebih cepat memperbarui software ini jika memang diperlukan.

Pembaruan versi PHP yang berkelanjutan memberikan kompatibilitas pada berbagai jenis platform. Kamu tidak akan kesulitan menggunakan platform-platform tertentu yang mensyaratkan versi PHP yang lebih baru.

3. Dukungan Teknis

Tidak jarang ketika menghadapi masalah terkait PHP lalu meminta bantuan di forum online, kamu akan ditanyakan tentang versi PHP yang sedang digunakan. Lalu, bagaimana kamu akan menjawabnya bila tidak tahu cara pengecekan versi PHP?

Rupanya, mengetahui informasi tentang versi PHP memberikan dukungan teknis yang relevan. Kamu hanya perlu mempelajarinya dengan baik agar tidak ketinggalan di dunia bahasa pemrograman yang dinamis ini.

4. Optimalisasi Performa

Versi PHP yang terbaru biasanya memberikan dukungan performa yang lebih baik. Ada sejumlah peningkatan fitur untuk mengoptimalkan pekerjaanmu dengan menggunakan versi terbarunya. Versi PHP yang lebih lama sering kali tidak lebih baik dibandingkan versi terbaru.

Oleh karena itu, penting sekali untuk terus memperbarui versi PHP yang digunakan. Dimulai dengan tahu cara mengecek versi PHP, kamu bisa mendapatkan dukungan teknis yang sesuai.

Pengetahuan tentang cara cek versi PHP memberikan beragam manfaat bagi dukungan teknis dan peningkatan performa. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengecek versi terbaru PHP juga tidak sulit, jadi pastikan kamu mempelajarinya dengan baik dengan cara yang paling cepat!

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment