Surabaya, MEC.or.id —Program Studi (Prodi) Desain Grafis kembali menggelar kegiatan pembelajaran kreatif dengan judul “Cetak Hasil Karya Desain” pada Senin (8/9/2025). Dalam kegiatan ini, siswa mengajarkan keterampilan desain menggunakan aplikasi CorelDraw dan langsung mengaplikasikannya pada media mug.
Kegiatan yang berlangsung di kelas Desain Grafis tersebut disambut antusias oleh siswa. Mereka berkesempatan menyampaikan ide kreatif melalui desain digital, kemudian melihat hasil karya yang diwujudkan secara nyata pada produk yang dapat dipakai sehari-hari.
Menurut Afiq I Junaidi, dosen pengampu, praktik mencetak karya pada media fisik seperti mug merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa. “Dengan melihat desain mereka terwujud dalam bentuk nyata, siswa lebih termotivasi dan menyadari potensi besar yang dimiliki,” ujarnya.
Proses pembuatan karya dimulai dengan penyusunan konsep desain masing-masing mahasiswa. Setelah itu, mereka memanfaatkan berbagai fitur CorelDraw untuk menghasilkan desain yang menarik. Tahap akhir adalah proses pencetakan ke mug menggunakan teknik transfer khusus sehingga menghasilkan kualitas cetakan yang baik.
Seluruh peserta dinyatakan berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Mug hasil karya siswa pun menjadi bukti nyata kreativitas yang dipadukan dengan keterampilan teknis. “Kami bangga karena semua siswa dapat menuntaskan karya dengan baik. Hasilnya pun beragam dan memiliki nilai jual,” tambah Afiq.
Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga menanamkan jiwa kewirausahaan. Mahasiswa diajak untuk melihat peluang bisnis dari produk cetak desain grafis, misalnya produksi mug custom, gantungan kunci, kaos sablon baik untuk pribadi, hadiah, promosi, maupun merchandise.
Pihak lembaga berharap, melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa Desain Grafis mampu berkembang menjadi lulusan yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan dan berlandaskan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja maupun merintis usaha.
Dengan demikian, kegiatan “Cetak Hasil Karya Desain” menjadi bagian penting dari pembelajaran berbasis praktik yang memadukan kreativitas, teknologi, dan kewirausahaan. Ke depan, program serupa akan terus dikembangkan agar siswa semakin mempraktikkan penerapan ilmunya di dunia nyata.