Apa Itu Desain Grafis ? Pengertian, Prinsip Hingga Prospek Kerja

Apa itu Desain Grafia

Apakah kamu menyukai seni visual dan ilustrasi? Jika iya, profesi desain grafis sepertinya cocok bagimu. Apa itu desain grafis? Dalam bidang ilmu komunikasi, desain grafis merupakan metode menyampaikan pesan visual dalam bentuk teks atau gambar dari komunikator kepada penerima pesan (komikan).

Seiring berkembangnya teknologi digital, semakin banyak agensi atau start-up yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan konten, interior bangunan, dan kebutuhan lainnya. Jika kamu memang tertarik untuk terjun dalam dunia desain grafis, pahami dulu tentang prinsip hingga prospek pekerjaannya.

Apa Itu Desain Grafis?

Apa itu Desain Grafia

Desain grafis merupakan sejenis seni lukis yang mampu menciptakan banyak elemen mulai dari tulisan, garis, foto, dan ilustrasi di atas sebuah media. Desain grafis biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada orang lain melalui sebuah gambar yang pastinya memiliki arti tersendiri.

Baca Juga : Perbedaan Vektor dan Bitmap, Contoh Aplikasi Pendukungnya

Perlu kamu ketahui, desain grafis berasal dari dua kata yaitu “Desain” dan “Grafis”. Desain memiliki arti metode perancangan estetika, dimana pembuatannya didasarkan atas kreativitas individu. Sedangkan grafis artinya ilmu membentuk gambar cetakan agar bisa memberikan informasi kepada orang lain.

Apa itu ilustrasi dalam desain grafis? Ilustrasi merupakan salah satu elemen yang bisa muncul dalam karya desain grafis. Orang yang bisa menciptakan desain grafis dinamakan “Graphyc Designer“, dimana mereka memiliki spesialisasi tersendiri untuk menyampaikan pesan berupa gambar kepada orang lain.

Graphic designer berperan sebagai komunikator akan bertugas menciptakan konsep seni visual secara manual atau menggunakan bantuan software komputer. Sudah banyak aplikasi desain grafis berkualitas yang bisa memudahkan pekerjaan seperti Corel Draw, Sketch, Adobe Ilustrator, dan masih banyak lagi.

Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Apa itu Desain Grafia

Sebagai karya seni visual, desain grafis memiliki prinsip-prinsip yang bisa digunakan sebagai acuan agar membuat tampilannya tampak proporsional. Berdasarkan buku berjudul “Dasar Desain Grafis” untuk jenjang SMA/SMK, desain grafis sudah sepatutnya memiliki prinsip sebagai berikut.

1.  Proporsi

Setelah memahami apa itu desain grafis, kamu harus tahu karya seni visual mengandung prinsip proporsi. Proporsi adalah perbandingan ukuran yang bisa digunakan untuk menentukan panjang dan lebar dalam bidang gambar bisa tepat.

2.  Keseimbangan

Tidak hanya harus memiliki panjang lebar sama, namun karya desain grafis perlu memiliki ukuran sama secara vertikal maupun horisontal. Dalam menciptakan karyanya, seorang graphic designer perlu memperhatikan keseimbangan simetris serta asimetris untuk membuatnya terlihat menarik.

3.  Irama

Irama tergolong pola berulang yang diwujudkan dari unsur berbeda-beda. Kamu bisa menemukan pola irama saat membuat lambaian dedaunan, efek hujan, ombak laut, itik berbaris rapi, dan karya visual lainnya yang membutuhkan gambar sedetail mungkin.

Prodi Desain Grafis

4.  Kontras

Apa persamaan desain grafis vektor dan bitmap? Keduanya memang memiliki perbedaan, tapi masih mengandung prinsip kontras. Kamu bisa memberikannya sentuhan elemen berupa warna, jenis tulisan, tebal tulisan, gambar, spasi, dan elemen penting lainnya.

5.  Kesatuan

Kesatuan menjadi prinsip desain grafis yang sangat penting, dimana semua bagian harus memiliki keterkaitan serta keterikatan. Dengan adanya kesatuan padu, kamu akan lebih mudah membuat karya desain sesuai bentuk yang diinginkan.

6.  Penekanan

Bagaimana cara menentukan bagian penting dalam desain grafis? Untuk membuatnya, kamu bisa memberikan penekanan sesuai elemen yang ingin ditonjolkan. Penekanan bisa memudahkan tiap orang memahami informasi yang ingin disampaikan dalam karya visual tersebut.

7.  Harmoni

Apa itu desain grafis? Sebagai seni menciptakan karya visual, desain grafis perlu mengandung prinsip harmoni yang berfungsi “pengaman”. Jika prinsip kontras mampu memberikan kesan kuat, harmoni akan membantu memberikan kesan pasif pada gambar yang diciptakan.

Prospek Pekerjaan Desain Grafis

Apa itu Desain Grafia

Seiring berkembangnya dunia pengetahuan dan teknologi membuat karya desain grafis terus mengalami kreativitas lho. Desain grafis kini sudah mulai menjelma sebagai profesi yang bermanfaat dalam berbagai bidang mulai dari arsitektur bangunan, pembuatan konten media sosial, media cetak, dan lain-lain.

1.  Editor

Editor adalah salah satu jenis desain grafis yang sangat dibutuhkan dalam dunia publikasi seperti pembuatan konten media sosial hingga periklanan cetak. Seorang editor biasanya bertugas untuk membuat banner, konten video, cover, stiker, kartu nama, logo, dan sarana periklanan lainnya.

2.  Drafter

Pernah mendengar kata drafter sebelumnya? Dalam bidang arsitektur bangunan, drafter bertugas untuk membuat rancangan bangunan sedetail mungkin. Untuk menjalankan pekerjaannya yang membutuhkan ketelitian tinggi biasanya drafter menggunakan bantuan software khusus lho.

3.  Layouter

Layouter berfungsi untuk membuat tatanan peletakan koran atau majalah serapi mungkin agar tampilannya bisa lebih enak dilihat pembaca. Untuk menjalankan tugasnya tersebut, layouter biasa menggunakan aplikasi Ms. Publisher, Adobe InDesign, dan Adobe Page Maker.

4.  Fotografer

Apa itu desain grafis? Desain grafis merupakan kegiatan menghasilkan elemen gambar tertentu yang memiliki arti tersendiri. Fotografer menjadi salah satu bagian graphic designer karena mampu menghasilkan sebuah foto cetak sesuai event perfect dan skill editing yang sangat sempurna.

5.  Integrated Designer

Kamu sudah pernah menemui orang yang tugasnya edit video atau film sinetron? Nah, namanya integrated designer. Tidak hanya memiliki skill editing yang super matang, namun terkadang ada integrated designer yang mahir mengoperasikan video shooter lho. Keren bukan pekerjaannya?

6.  Video Editor

 Apa yang dimaksud desain grafis visual itu? Desain grafis visual termasuk aktivitas untuk bisa menciptakan karya seni lukis berisi pesan kepada orang lain. Seorang video editor menjadi salah satu desainer yang bertugas untuk mengedit film serta konten video dengan imajinasi tinggi.

7.  Animator

Siapa nih pecinta film anime? Orang yang menciptakan beragam film fantasi, iklan maupun motion grafis dinamakan animator. Dalam menyelesaikan pekerjaannya, animator bisa memanfaatkan software tertentu seperti Gift Animator, 3D Maya, After Effect, dan Adobe Flash.

8.  Visualisator

Sesuai dengan pengertian apa itu desain grafis? Visualisator berfungsi memberikan gambaran dalam suatu karya produk. Untuk menciptakan presentasi produk 3 dimensi, tentunya kamu butuh bantuan aplikasi canggih semacam 3D Max, Autocad, dan Digital Clay.

Baca Juga : Fotografi Adalah: Pahami Panduan Lengkap untuk Dunia Fotografi

Tugas Seorang Graphic Designer

Apa itu Desain Grafia

Walaupun sudah dijelaskan mengenai prospek kerja desain grafis, kamu harus memahami bahwa tugas graphic designer sangatlah kompleks. Tidak hanya sekedar memikirkan konsep visual secara matang, namun masih banyak tugas menanti untuk disetorkan kepada klien bersangkutan lho.

  • Menyiapkan rencana serta konsep informasi yang sebelumnya diberikan oleh klien
  • Menyiapkan material yang dibutuhkan dalam menciptakan karya visual
  • Berusaha menyelesaikan proyek, kemudian mengoordinasikannya bersama pihak luar seperti art service, agency, percetakan, dan masih banyak lagi
  • Mengilustrasikan konsep dalam bentuk draft kasar serta copy-nya
  • Bertemu banyak klien, lalu melakukan brainstorming untuk memberikan masukan atas desain yang ingin dibuat sesuai kebutuhan target market
  • Menciptakan gambar untuk mengidentifikasikan pesan dalam sebuah produk
  • Memilih gambar, warna, font, dan layout semenarik mungkin
  • Membentuk grafis mulai dari logo, ilustrasi produk, dan website
  • Melakukan revisi serta mempresentasikan hasil ilustrasi sedetail mungkin kepada klien
  • Tanggap dalam melakukan quality check sebelum karya dipublikasikan atau dicetak

Keuntungan Menjadi Graphyc Designer

Apa itu Desain Grafia

Apa sih keuntungan menjadi graphic designer? Di Indonesia, desain grafis sudah dianggap sebagai salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Berdasarkan informasi International Design School, ada banyak keuntungan menjadi seorang graphic designer sesuai penjelasan berikut ini.

1.  Mendapatkan Banyak Kesempatan Kerja

Jika ditinjau dari pembahasan sebelumnya, desain grafis terdiri atas berbagai macam profesi yang dibutuhkan dalam bidang industri apapun. Hal ini membuat lowongan pekerjaan graphic designer sangatlah banyak, sehingga kamu tidak perlu takut nganggur saat mendalami karya seni visual.

Saat ini sudah banyak bermunculan brand produk online maupun offline yang membutuhkan peran desainer untuk membuat website, logo, packaging, flyer, dan konten media sosial. Di tengah perkembangan e-commerce yang begitu pesat, peluang graphic designer tidak akan pernah sepi.

2.  Bisa Berekspresi Artistik

Apa itu desain grafis? Desain grafis intinya sarana menyampaikan pesan dalam bentuk gambar, ilustrasi, dan karya visual lainnya. Profesi desain grafis seolah membuatmu lebih mudah dalam mengekspresikan artistic secara bebas sesuai kreativitas masing-masing. Menarik, bukan?

Kamu bisa menuangkan ide-ide, konsep kreatif, dan memiliki kebanggaan tersendiri apabila karya diwujudkan dalam sebuah publikasi. Desain grafis memang bersifat subjektif, namun karyanya bisa memberikan manfaat berbagai bidang seperti pemasaran produk sampai perancangan bangunan.

3.  Pekerjaannya Sangat Hemat Budget

Apalagi keuntungan menjadi graphic designer? Sesuai penjelasan sebelumnya, pekerjaan desain karya visual cukup simpel menggunakan bantuan software memadai. Jika kamu sudah memiliki laptop dan software, tidak perlu mengeluarkan biaya besar saat menjalankan pekerjaan nantinya.

MEC News

Tidak harus menjadi karyawan suatu perusahaan bergensi, kamu bisa menekuni bidang karya visual berbasis freelance. Dengan melakukan self marketing bagus, desainer akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan remote bisa dikerjakan dari mana saja sesuai keinginan.

Skill Serta Kualifikasi Seorang Graphic Designer

Apa kemampuan yang harus dimiliki seorang graphic designer sukses? Saat mendalami desain grafis, setidaknya kamu perlu memiliki skill tertentu agar lebih mudah beradaptasi. Bukan hanya background pengalaman, namun skill sangat dibutuhkan dalam menciptakan suatu karya seni visual yang menarik.

1.  Komunikasi

Apa itu desain grafis? Desain grafis tidak hanya sekedar mengomunikasikan pesan lewat gambar lho, namun kamu juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi sebaik mungkin. Desainer perlu berhubungan dengan banyak klien, mempresentasikan gambar, dan memahami keinginan partner.

2.  Kreativitas

Jika ingin sukses berkarir didunia desain grafis, kamu harus memiliki skill kreativitas tinggi untuk merancang konsep visual sesuai keinginan klien. Graphic designer bisa mendapatkan ribuan proyek dengan deadline bersamaan, oleh sebab itu sumber inspirasi sangat dibutuhkan.

3.  Presentasi

Mau bergabung perusahaan atau memilih bekerja berbasis freelance, kamu akan bertemu dengan banyak klien yang belum tentu memahami bidang desain. Desainer perlu memiliki skill presentasi untuk menjelaskan secara detail alasan memilih style pada karya yang akan diserahkan ke klien.

Baca Juga : Apa Itu Storyboard? Panduan Lengkap untuk Memahami Konsep

4.  Menguasai Aplikasi Adobe

Desain grafis itu seperti apa? Menciptakan seni karya visual yang indah tidak bisa hanya pakai peralatan manual, kamu membutuhkan software desain. Mayoritas graphic designer harus mahir menggunakan aplikasi Photoshop dan Ilustrator untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.

5.  Manajemen Waktu

Graphic Designer bisa dapat tanggung jawab meng-handle proyek dalam waktu bersamaan, oleh sebab itu perlu melakukan manajemen waktu sebaik mungkin. Jangan sampai mendapatkan cap tidak profesional karena belum menyelesaikan proyek dari klien secara tepat waktu.

Kesimpulan

Apa itu desain grafis? Desain grafis adalah seni lukis yang terdiri atas berbagai elemen, dibuat untuk memberikan pesan atau informasi kepada orang lain. Prospek kerja dalam bidang desain grafis sangat luas mulai dari animator, editor, fotografer, visualisator, layouter, integrated designer, dan lain-lain.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment