Apa Itu Cloud Hosting? Kelebihan dan Cara Kerjanya

apa itu cloud hosting

Berbicara tentang hosting memang ada banyak sekali macam-macam hosting. Salah satu pilihan hosting terbaik adalah Cloud Hosting. Lantas apa yang dimaksud dengan  hosting cloud ini? Masih banyak sekali orang yang tidak memahami tentang pilihan hosting cloud. Padahal hosting jenis ini kualitasnya bagus.

Tidak hanya dipakai oleh para ahli, hosting jenis cloud ini bahkan sangat mendukung penggunaan pengguna yang terbilang masih pemula. Daya server yang dimiliki cloud ini sangat bagus, tidak heran kerap jadi pilihan pengguna hosting. Setiap hosting pasting punya cara kerja berbeda-beda.

Selain itu fitur dan kelebihannya juga pasti punya perbedaan tertentu. Bagi kamu yang merasa masih awam dengan istilah hosting tipe cloud ini, tidak perlu khawatir karena di sini kamu bisa sambil belajar tentang pengertian dan cara kerjanya.

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting

Bisa dibilang Cloud Web Hosting merupakan salah satu layanan web hosting yang memanfaatkan beberapa server sekaligus sebagai sumber dayanya. Dengan penggunaan beberapa server sebagai sumber daya maka beban server akan lebih seimbang. Selain itu performa website juga lebih cepat.

Cloud Web Hosting sudah menggunakan teknologi cluster yang bisa memusatkan beberapa server yang telah digunakan. Saat ingin hosting ke sebuah web, cloud biasanya akan memanfaatkan server virtual. Hal ini berguna untuk menciptakan website yang lebih stabil dan lebih mudah dipakai tentunya.

Cloud Web Hosting sangat memungkinkan untuk menyimpan berbagai data virtual dengan beberapa server sekaligus. Bisa dibilang hosting cloud ini adalah bentuk upgrade dari hosting konvensional yang secara umum masih butuh hardware penyimpan data.

Para pengembang website seperti website instansi, toko online dan lain-lain sudah mulai menggunakan hosting cloud karena dapat menampung banyak traffik.

Baca Juga : Memahami Perbedaan Blog dan Website Secara Menyeluruh

Macam-macam Kelebihan Cloud Hosting

Cloud Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian hosting cloud, tentu sudah bisa dilihat bahwa hosting yang satu ini memang punya banyak keunggulan saat digunakan. Namun bagi kamu yang masih awam mungkin masih belum paham apa kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari hosting cloud.

Sebelum memutuskan memakai hosting cloud, simak berikut ini beberapa rincian kelebihan yang dibawa oleh hosting cloud bagi penggunanya:

1.    Loading Time Lebih Cepat

Cloud Hosting

Sebagaimana dijelaskan di awal, hosting cloud memang memanfaatkan banyak server sekaligus dalam penggunaannya. Nantinya beban resource yang ada pada hosting tersebut akan disebarkan rata ke beberapa server tersebut.

Inilah yang membuat proses loading time lebih cepat. Beban muatan yang ada pada tiap server akan dikurangi sehingga kapasitasnya lebih stabil dan kinerjanya bisa lebih cepat.

2.    Uptime Jadi Lebih Stabil

Cloud Hosting

Beberapa server yang digunakan pada cloud ini tersedia dari cluster. Server yang berasal dari cluster memungkinkan website terhindar dari resiko downtime.

Jadi ketika salah satu server mengalami masalah atau stug maka permintaan klien yang gagal akan dialihkan ke server lainnya yang juga ada pada cluster. Inilah yang membuat kondisi uptime website jadi lebih stabil dan permintaan klien jadi lebih mudah diproses dengan minim halangan.

3.    Biaya Yang Lebih Fleksibel

Cloud Hosting

Dengan berbagai keunggulan yang diusung, sebenarnya Cloud Hosting ini punya biaya kisaran yang lebih mahal dibandingkan dengan hosting jenis tradisional lainnya. Namun saat ini sudah tersedia berbagai macam pilihan harga hosting cloud yang lebih terjangkau.

Tentu saja fitur-fitur yang ada di dalamnya juga disesuaikan dengan harga hosting itu sendiri. Maka sebelum membeli hosting cloud, pahami dulu kebutuhan website agar bisa memilih hosting dengan harga yang seimbang.

4.    Scalability

Saat sebuah situs memiliki tingkat trafik yang tinggi maka kapasitas server nya juga harus ditingkatkan. Biasanya untuk meningkatkan kapasitas server, pengelola situs harus membeli server fisik lagi karena harus punya sumber daya yang lebih besar.

Kondisi tersebut berbeda halnya jika kamu menggunakan Cloud Hosting. Saat menggunakan hosting jenis ini tidak perlu lagi membeli server fisik untuk menyediakan ruang pada trafik situs yang tinggi. Server cloud sendiri sudah memiliki sumber daya yang besar dan mumpuni.

Scabilitas yang dimiliki Cloud Web Hosting akan mengurangi resiko terjadinya downtime dan website offline yang dikarenakan trafik terlalu tinggi. Jika trafik kembali normal pun server cloud bisa diperkecil melalui layanan dashboard intuitif pada hosting cloud.

5.    Pemulihan Data Lebih Cepat

Tidak menutup kemungkinan, berbagai jenis penyimpanan data pasti memiliki resiko hilangnya data baik itu resiko rendah maupun tinggi. Utamanya bagi pengguna server fisik, resiko kehilangan data terbilang cukup tinggi.

Data dari sever fisik yang hilang biasanya sangat sulit dipulihkan. Hal ini akan berbeda jika kamu menggunakan Cloud Hosting. Jenis hosting satu ini memiliki layanan perlindungan data dengan cara melakukan pencadangan data pada lokasi penyimpanan yang berbeda.

Dengan metode ini maka data yang ada pada hosting cloud akan lebih mudah dipulihkan karena ada cadangan datanya.

6.    Keamanan Yang Lebih Unggul

Cloud Hosting

Dari bukti beberapa penggunaan, hosting cloud memang terbilang punya performa yang lebih aman dari permasalahan kegagalan fungsi fisik. Hal ini karena hosting cloud menggunakan banyak server di lingkungan virtual.

Selain itu keamanan hosting cloud bisa diandalkan berkat adanya fitur load balancing karena fitur ini dapat meminimalisir serangan DDoS yang terbilang cukup meresahkan bagi pengguna hosting.

Prinsip Kerja Hosting Cloud

Sebagaimana beberapa ulasan yang sudah disinggung di awal hosting cloud memang mengandalkan sebuah metode yang bernama cluster. Metode ini memungkinkan hosting menggunakan beberapa jenis server dan terpusat. Sehingga bisa dibilang kinerja hosting cloud sangat didukung oleh banyak server.

Prinsip kerja menggunakan banyak server ini akan memungkinkan penggantian tugas jika salah satu server yang terpakai ternyata mengalami kendala. Selain itu hosting cloud juga bekerja dengan cara membagi rata beban server website, sehingga meminimalisir terjadinya overload.

Proses scaling pada penggunaan hosting ini berjalan dengan mudah karena uptime yang diatur dengan lebih tinggi. Dengan kinerja yang maksimal inilah hosting cloud kerap dijuluki sebagai hosting kualitas terbaik.

Kendala Yang Mungkin Dialami Hosting Cloud

Cloud Hosting

Meskipun Cloud Hosting dikenal sebagai hosting yang berkualitas dan punya berbagai macam kelebihan dibandingkan hosting yang lain, namun tentu saja sebagai hosting buatan manusia akan ada beberapa kendala yang mungkin terjadi saat menggunakan hosting ini.

Bisa dibilang kendala-kendala ini menjadi bagian dari kekurangan cloud server hosting. Lantas apa saja tantangan yang harus dihadapi ketika memutuskan menggunakan hosting cloud? Berikut adalah beberapa kendalanya:

1.    Kecepatan Belum Pasti

Hosting cloud memang unggul dalam beberapa hal, namun yang perlu diketahui bahwa hosting yang satu ini hanya bisa digunakan ketika perangkat tersambung dengan internet. Maka kecepatan koneksi internet akan sangat berpengaruh bagi jalannya hosting cloud.

Semakin stabil koneksi internet, maka hosting juga akan berjalan dengan stabil. Jadi pastikan sebelum menggunakan hosting ini kamu sudah menyiapkan jaringan internet yang cepat.

2.    Rentan Terhadap Serangan Cyber

Hosting cloud yang dijalankan dengan internet, mengharuskannya melakukan penyimpanan di dalam internet pula. Sedangkan serangan cyber hanya akan bekerja jika perangkat tersebut terkoneksi dengan internet.

Itulah mengapa hosting cloud punya resiko yang cukup tinggi terhadap serangan cyber. Meski begitu bukan berarti hosting ini tidak layak digunakan pihak hosting cloud sendiri tentunya sudah membangun sistem keamanan yang bagus untuk menyeimbangkan sistem kerjanya tersebut.

Sistem keamanan Yang dibuat hosting cloud bisa melindunham dari cyber attack meski tidak bisa menjaminan 100%. Sehingga pengguna diharapkan untuk tetap waspada. 

Perihal keamanan ini ada 3 tantangan yang harus dicegah demi kebaikan penggunaan Cloud Web Hosting, yaitu keamanan data, kerentanan virtualisasi, dan serangan DDos.

3.    Kemungkinan Kenaikan Biaya

Pada penjelasan sebelumnya telah disebutkan bahwa hosting cloud ini termasuk hosting dengan biaya yang fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dengan kelebihan tersebut bisa dibilang sistem pembayaran hosting cloud menggunakan prinsip pay as you go.

Total sumber daya yang digunakan sepenuhnya bisa dikontrol oleh pengguna. Namun jika hosting ini digunakan secara sembarangan tanpa perhitungan yang stabil, maka biaya penggunaan hosting bisa mengalami kenaikan drastis.

Perbandingan Cloud Hosting Dengan Hosting Lain

Cloud Hosting

Secara umum sudah pasti hosting cloud ini berbeda dengan hosting lain karena rancangannya pun berbeda. Sebelum memutuskan menggunakan hosting cloud, ada baiknya pertimbangkan berikut ini perbandingan antara cloud dengan hosting lain:

●     Hosting Cloud Dengan Shared Hosting

Perbedaan paling menonjol pada kedua hosting ini adalah pada bagian servernya. Shared Hosting hanya menggunakan satu server yang dibagi sumber dayanya dengan berbagai situs web. Sedangkan Cloud Web Hosting punya banyak server sebagai sumber daya.

Dalam hal biaya, Shared Hosting jauh lebih terjangkau dibandingkan Cloud Hosting. Shared Hosting jauh lebih cocok digunakan untuk website pribadi sejenis toko online pemula.

●     Hosting Cloud dan VPS Hosting

VPS Hosting juga dikenal dengan Virtual Private Server. Dalam hal penggunaan sumber daya, VPS Hosting bisa dikatakan hampir sama dengan Shared Hosting karena VPS juga menggunakan satu server untuk dibagi.

Namun pembedanya ada pada penggunaan teknologi virtualisasi. Teknologi ini memungkinkan situs web yang dibuka mendapatkan sumber daya khusus. VPS kerap menjadi alternatif saat ingin upgrade paket Shared Hosting yang terbatas terhadap situs web.

VPS punya kesamaan dengan cloud dalam hal kinerja. Pengguna VPS dan Cloud akan memegang akses root ke server masing-masing. Dengan begitu pengguna bisa menyesuaikan lingkungan hosting dengan kebutuhan.

Apa Saja Fitur Cloud Web Hosting

Setiap hosting pasti memiliki fitur yang membangun hosting itu sendiri. Begitu pula dengan Cloud Web Hosting yang juga memiliki beberapa jenis fitur di dalamnya. Apa saja fitur yang dimaksud? Berikut adalah beberapa fiturnya:

  • Website
  • SSD Storage
  • Bandwidth
  • Domain
  • RAM
  • Resource terpisah
  • CPU Core
  • SSL
  • Dedicated IP

Beberapa fitur yang disebutkan tersebut adalah paket fitur yang biasanya didapatkan oleh semua pengguna hosting cloud. Untuk kapasitas dari setiap fiturnya tidak bisa dipastikan karena disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan layanan yang menyediakannya.

Penggunaan Cloud Web Hosting memang bukan satu-satunya solusi untuk developer website. Namun jenis hosting yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan akses jalannya website yang lebih cepat dan tidak terlalu berat beban servernya. 

Maka bisa dari sekian keunggulan dan tantangan menggunakan Cloud Hosting, kamu bisa lebih mempertimbangkan penggunaan hosting ini sesuai dengan kebutuhan. Umumnya hosting cloud digunakan pada situs besar.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment