13+ Tools SEO Paling Ampuh Untuk Optimasi Website

tools-seo

Hai, millenials, kembali lagi di dunia bisnis digital MEC nih. Nah, dalam melakukan kegiatan marketing online tentunya kita harus menggunakan strategi, Seperti dagang offline kita juga menggunakan strategi marketing juga. Contohnya bikin banner promo dan masih banyak lagi. Nah, strategi dalam dunia marketing online biasa disebut SEO, Apa itu SEO? Singkatnya SEO adalah cara mengoptimalkan website supaya berada nangkring di peringkat teratas google.

Nah, dalam menerapkan SEO Anda akan lebih mudah apabila menggunakan beberapa peralatan perang berupa tools SEO, Lantas, apa saja tools SEO yang harus digunakan untuk berperang di dunia digital marketing? Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Macam Macam Tools SEO Terbaik

 

Seperti berperang melawan penjajah di dunia nyata, tentunya sebelum berperang kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk senjata atau peralatan perang yang akan digunakan untuk mengalahkan musuh, Sama halnya dengan digital marketing, untuk mengalahkan kompetitor yang ada dan bisa meraih peringkat teratas Google Anda bisa menggunakan tools SEO. 

Baca Juga : Apa Itu Content Writing: Manfaat dan Jenisnya dalam Marketing

Adapun kriteria dari tools SEO ini harus memiliki persyaratan sebagai berikut ini :

  • Memiliki Tampilan User Friendly
  • Fitur Analisis Data Lengkap
  • Mampu Support SEO On Page dan SEO off Page

Apa saja tools tersebut? Yuk, baca pedomannya baik-baik berikut ini :

1. Google Keyword Planner

Senjata pertama yang bisa Anda gunakan untuk membantu optimasi SEO adalah buatan dari Google,  Google Keyword Planner bisa menjadi senjata yang memiliki banyak manfaat dalam optimasi SEO On-Page. Tools ini juga bisa membantu meningkatkan kualitas dari konten website Anda, Adapun manfaat yang bisa didapat dari tools ini, diantaranya :

  • Membantu untuk meriset keyword secara terperinci.
  • Bisa digunakan untuk meriset keyword kompetitor
  • Hasil data yang ditampilkan realtime
  • Bisa Mengetahui volume dari keyword tersebut
  • Mampu membantu menampilkan kata kunci relevan

Hal tersebut didukung dengan dua elemen utamanya yakni

Get Search Volume dan Discover New Keyword, sebenarnya tools ini terdapat pada layanan Google Ads. Jadi, cocok juga buat Anda yang ingin ngiklan di Google, adapun beberapa rahasia lainnya tentang tools ini yang tidak bisa kami sebutkan disini.

Anda bisa melihat secara rinci pada artikel Bongkar Rahasia Cara Efektif Pakai Google Keyword Planner [Lengkap].

Bisnis Digital

2. Yoast SEO

Salah satu jenis WordPress SEO plugins ini memiliki banyak sekali manfaat, Tools ini sedikit berbeda dengan tools diatas, karena Yoast SEO hanya bisa dipasang di WordPress.Yoast SEO memiliki fungsi untuk menganalisa konten Anda mengenai skor SEO yang Anda terapkan, Hal ini menunjukan apakah konten Anda sesuai dengan aturan SEO yang benar atau belum.

 

Adapun beberapa macam layanan yang disediakan Yoast, Layanan tersebut diantaranya adalah meta title, meta deskripsi, focus keyword, reliability, schema, slug dan masih banyak lagi, yoast SEO juga terdapat fitur yang mana akan memberikan saran atau rekomendasi terkait aturan optimasi SEO yang benar. 

Contohnya dengan memberikan peringatan tentang jumlah keyword density yang benar, rekomendasi internal link dan masih banyak lagi, adapun tanda apabila Anda sudah menerapkan aturan SEO yang tepat maka akan berwarna hijau, tapi jika belum berwarna merah, Untuk penggunaan Yoast SEO ini juga terbilang mudah. Tetapi tiap digital marketer memiliki formula masing-masing untuk cara Setting Yoast SEO nya sendiri.

3. Google Trends

Dari nama tools ini tentu sudah ditebak lah ya, apa fungsinya. ya benar sekali, Google Trends adalah tools buatan Google yang berfungsi untuk menampilkan data tentang hal-hal yang sedang trending di dunia, selain itu, ia juga bisa mengetahui hal-hal yang sedang trends sesuai dengan tema konten yang Anda ketikkan pada kolom pencarian Google Trends.

Bisa juga di filter berdasarkan pencarian website, aplikasi hingga Youtube. Cocok juga nih, buat Anda yang ingin mencoba optimasi SEO Youtube, Bahkan, juga bisa menampilkan data yang sedang trend berdasarkan lokasi loh, adapun kelebihan lainnya yakni tools Google Trends mampu diakses secara gratis. Jadi, bisa dipakai kapanpun tanpa dipungut biaya. 

4. Ubersuggest

Tools yang berikut ini cukup terkenal dikalangan pemain SEO profesional, salah satu tools yang dibuat oleh pakar SEO terkenal, Neil Patel ini memiliki segudang manfaat, ubersuggest merupakan tools SEO yang berfungsi untuk meriset keyword, mengidentifikasi persaingan keyword sampai menampilkan data Backlink dari website Anda. 

Kabar baiknya Ubersuggest terdapat fitur analisa data website dengan berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia, tampilannya yang ramah pengguna dan fitur-fitur yang lengkap menjadi kelebihan dari Ubersuggest, adapun tools SEO ini dapat diakses secara gratis dan juga berbayar. 

Menariknya jika Anda menggunakan layanan berbayar Anda akan mendapatkan layanan yang lebih lengkap mengenai riset keyword dan analisis data website Anda.

Baca Juga : Cara Cek Versi PHP ? Ini Dia Panduan Lengkap yang Praktis

5. Google Search Console

Lagi-lagi tools SEO yang dibuat oleh Google ini sering digunakan oleh para praktisi SEO profesional, hal ini terbilang sangat wajar, karena senjata SEO ini memiliki beberapa manfaat yang cukup besar dan vital, Google search console berfungsi untuk menganalisa dan mengelola konten website berdasarkan hasil pencarian di Google.

Tools ini juga dapat menampilkan peringkat website Anda dalam SERP, Google search console juga sangat membantu dalam mengevaluasi hasil optimasi SEO Anda. Adapun fitur yang ada pada Google search console diantaranya

  • Mampu menampilkan jumlah klik dan tayangan website berdasarkan rentang waktu per hari, minggu, bulan hingga tahunan
  • Mampu melakukan crawling pada artikel konten website
  • Bisa tracking di setiap halaman website yang sudah diindex Google
  • Tampilan yang mudah elegan dan mudah dipahami
  • Bisa Memberikan feedback berupa tentang website Anda seperti kecepatan website, Mobile friendly dan faktor teknik SEO lainnya

6. Screaming Frog

Tidak banyak yang menggunakan tools SEO ini, tetapi memiliki fitur yang sangat bermanfaat, Screaming frog sendiri merupakan tools yang berfungsi untuk mengidentifikasi link yang rusak (broken links)dan masih banyak lagi, Screaming frog awalnya adalah agensi marketing untuk mesin pencari. Namun ia juga memiliki fitur SEO gratis pada versi Screaming Frog SEO Spider. 

Adapun fitur lainnya yang sangat berguna yang diantaranya mampu menemukan konten duplikat, menganalisa hasil meta data halaman serta bisa membuat sitemaps, Kesimpulannya, ini tools sangat berguna sekali untuk Anda yang sedang belajar bagaimana teknik SEO yang benar.

7. Seobility

Seobility adalah tools SEO yang dapat diakses secara gratis dan juga berbayar, Adapun beberapa fitur gratis yang bisa digunakan untuk menyempurnakan konten SEO Anda, Contohnya pada fitur Keyword checker yang berfungsi untuk mengidentifikasi keyword pada website Anda, SEO checker yang dapat memindai permasalahan pada konten website Anda dan Ranking website yang berguna untuk melihat ranking dari websitemu pada SERP.

MEC News

8. Pagespeed Insight

Zaman sekarang punya website masih lemot? sorry nggak dulu, Platform yang satu ini mampu mengecek seberapa cepat website Anda saat diakses. Karena kecepatan website merupakan elemen penting agar kualitas SEO Anda menjadi baik, Pagespeed Insight juga dapat memberikan laporan berupa skor kecepatan website, menganalisa permasalahan mengapa website Anda lemot hingga mampu memberikan saran untuk memperbaiki website yang lemot. 

Wih, cukup bermanfaat bukan? Adapun berita baik lainnya bahwa tools SEO yang satu ini dapat diakses secara gratis.

9. Google Analytics

Tools SEO buatan google ini adalah senjata yang wajib dimiliki para pemain SEO, Pasalnya google analytics memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mendukung optimasi SEO Anda, Google Analytics mampu menampilkan data dari performa website Anda secara lengkap sampai melacak konversi secara detail dan realtime. 

Selain itu, ia juga bisa melacak hasil dari marketing Anda melalui fitur conversion tracking, Canggihnya lagi Google Analytics juga bisa memahami dan mengenal visitor website Anda berdasarkan umur, jenis kelamin sampai perilaku mereka, Dengan segambreng fitur yang disediakan sayang sekali apabila Anda melewatkan tools SEO yang satu ini.

 

10. SEMrush Keyword Magic Tool

Sama seperti namanya tools SEO yang satu ini merupakan senjata paling ampuh dalam permasalahan keyword, SEMrush menyediakan beberapa fitur untuk mendukung optimasi SEO On-page Anda. 

Keyword Magic tool salah satunya, adalah senjata untuk meriset keyword yang dapat menampilkan volume pencarian secara bulanan, tingkat persaingan keyword hingga bisa menganalisis keyword dari kompetitor, Tak hanya itu iya juga bisa membantu Anda dalam proses membangun link building di website.

11. Moz

Moz adalah satu tools SEO yang sering digunakan pula oleh beberapa brand besar dunia. Ia memiliki beberapa tools optimasi yang cukup mumpuni, Moz dapat diakses secara gratis untuk menggunakan fitur keyword explorer dan link explorer, Tetapi Anda harus mendaftarkan akun terlebih dulu untuk menggunakan Moz, Moz juga menyediakan akses premium dengan berbagai keuntungan yakni dapat membuka tools-tools untuk membantu optimasi SEO On Page dan masih banyak lagi.

12. SEOquake

SEOquake adalah extension browser yang memiliki beberapa segudang manfaat untuk optimasi SEO, SEOquake dapat menampilkan parameter SEO secara otomatis apabila Anda mengetikkan keyword pada kolom pencarian google, SEOquake ini berfungsi untuk menampilkan data tentang kumpulan peringkat website pada google, bing, SEMrush rank dan masih banyak lagi.

Uniknya tools ini dapat diakses secara gratis dan tanpa harus login dulu, Selain itu ia memiliki fitur lainnya seperti analisa SEO, keyword density, internal dan eksternal link dan masih banyak lagi, Tools ini cocok juga bagi Anda untuk menganalisa keyword dari kompetitor dan potensi untuk mengalahkannya.

Baca Juga : Apa Itu CMS? Pengertian, Manfaat, Fitur, Cara Kerja, dan Jenisnya

13. Google Mobile Friendly Test

Tools SEO ini berfungsi untuk mengecek apakah website Anda sudah mampu beradaptasi pada tampilan mobile seluler atau belum, Cara menggunakannya cukup mudah cukup salin URL website Anda pada halaman pencarian dan klik test URL, Hal ini sangat berguna, karena pada zaman sekarang Google menerapkan aturan untuk pengguna website agar membuat tampilannya dapat ramah perangkat seluler.

Ini bisa terjadi karena pengguna perangkat seluler sudah sangat menjamur di era sekarang. Jadi, pastikan websitemu sudah ramah perangkat seluler ya, Nah, itulah beberapa macam tools SEO yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam upaya mengoptimalkan website supaya melesat dan nangkring di peringkat teratas google. 

Sebenarnya masih ada lagi beberapa jurus sakti lainnya dalam upaya optimasi SEO, Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap bisa bergabung bersama kami di prodi Bisnis Digital yang ada di MEC.

Apa itu prodi Bisnis Digital di MEC? Jadi, prodi Bisnis Digital merupakan jurusan yang berfokus pada bidang digital marketing, Adapun pembelajaran yang digeluti berupa SEO marketing, sosial media marketing dan masih banyak lagi, Anda akan dibimbing oleh dosen-dosen yang ahli dibidangnya dalam waktu 1 tahun.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment