SEO YouTube : Omset Penjualan Melejit Dengan Konten Video !

seo-youtube

SEO YouTube kesempatan jadi trending lewat konten video.

Ketika Anda melihat seorang YouTuber terkenal kelihatannya sangat mudah dalam memiliki banyak subscriber ataupun penonton video YouTube Anda.

Namun, ketika Anda mencobanya malah hasilnya tidak sesuai ekspektasi.

Ini bisa terjadi karena ada ratusan video di YouTube yang memiliki tema sama dengan apa yang Anda upload.

Bahkan menurut data pada setiap hari ada minimal 100 jam video baru yang telah diupload oleh pengguna.

Nah, tentunya akan sulit bersaing dengan mereka untuk mendapatkan banyak views.

Tapi, kali ini mimin akan bagikan salah satu trik agar views videomu bisa melonjak pesat.

Nah, kuncinya Anda harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) Youtube. Apa itu SEO?

Apa itu SEO Youtube? Bagaimana cara kerja SEO Youtube? Nah, untuk mengetahui jawabannya Anda bisa simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

Apa itu SEO Youtube?

Sumber: neilpatel.com

SEO Youtube adalah cara untuk optimasi sebuah video kreatif yang di upload pada platform YouTube.

Tujuannya agar video yang Anda buat bisa berada di daftar pencarian teratas mesin pencari Google.

Konsep dan cara kerjanya hampir sama dengan SEO website.

YouTube juga membutuhkan kata kunci, tag, hastag dalam upaya optimasi.

Jika hasil optimasi berhasil maka akan sangat menguntungkan. Karena saat ini YouTube merupakan salah satu platform video paling populer di dunia.

Anda bisa mempromosikan produk Anda lewat YouTube atau Anda juga bisa menjadi seorang Content Creator terkenal lewat YouTube.

Semua itu ujung-ujungnya adalah omset dan penghasilan yang cukup besar dari YouTube.

Itulah mengapa skill optimasi SEO Youtube ini sangatlah penting untuk dipelajari.

Apalagi sekarang adalah eranya konten, Jadi promosi lewat konten video lebih banyak menarik perhatian pengunjung.

Bagaimana Cara Kerja SEO Youtube?

Sumber: digitalmarketingwow.com

Cara kerja dari SEO YouTube adalah sebuah praktik dan strategi yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat video Anda dalam hasil pencarian di platform YouTube.

Tujuan utama dari SEO YouTube adalah membuat video Anda lebih mudah ditemukan oleh audiens yang relevan, meningkatkan jumlah tayangan, dan mendapatkan lebih banyak interaksi (seperti like, komentar, subscribe) dari penonton.

Dengan menggunakan teknik seperti kata kunci, tag, hastag, hingga thumbnail yang menarik bisa menaikkan jumlah view Youtube Anda.

Ada beberapa tips dan trik SEO Youtube yang harus Anda terapkan agar cara ini berhasil.

Tips dan Trik Cara Optimasi SEO Youtube

Nah, agar keinginan Anda untuk mendapatkan banyak views dari YouTube bisa terwujud, Anda bisa menerapkan tips dan trik optimasi SEO YouTube sebagai berikut

#1. Riset Keyword

Sama seperti cara optimasi SEO WordPress dimana tahap awal adalah riset keyword.

Riset keyword merupakan dasar yang paling penting yang harus dipahami.

Jika Anda bisa mengetahui cara riset keyword yang benar, tentu sudah bisa menjadi modal penting dalam berperang di dunia digital marketing.

Untuk riset keyword di YouTube sangatlah mudah.

Ketikkan saja topik pembahasan yang ingin Anda bahas seperti contoh berikut.

Sumber: screenshot

Nah, nantinya akan muncul jenis keyword suggest dibawahnya.

Keyword-keyword tersebut bisa Anda jadikan judul dan dimasukkan pada deskripsi YouTube Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools riset keyword lainnya yang tersebar di Internet.

Contohnya seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

Tetapi ingat, buatlah konten video yang relevan dari keyword yang telah Anda riset, karena relevansi video itu lebih penting.

#2. Gunakan Keyword pada Judul dan Deskripsi Video

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas bahwa keyword yang telah diriset gunakan pada judul dan deskripsi video.

Fungsinya agar YouTube menganggap video Anda relevan dan cocok untuk ditampilkan pada pencarian teratas lewat keyword yang Anda selipkan pada judul dan deskripsi.

Pastikan pula selipkan pada awal kalimat atau awalan judul. Karena Youtube hanya menampilkan sebagian dari Judul dan deskripsi.

Kurang lebih judul hanya 60 karakter dan deskripsi 130 karakter. Jika lebih dari itu maka akan ditulis “…” atau “show more”.

Peletakkan keyword juga harus nyambung dengan kalimat lainnya, jadi terlihat natural dan tidak dipaksa-paksa.

#3. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Salah satu hal pertama yang membuat orang tertarik dalam menonton video adalah thumbnail yang menarik.

Pernah gak sih? Kalian menonton video di YouTube karena di awal melihat thumbnail yang seakan membuat penasaran.

Nah, cara ini disebut teknik clickbait.

Sumber: screenshot

Clickbait adalah teknik untuk membuat judul atau gambar visual yang seakan memberikan sesuatu hal yang membuat orang penasaran.

Nah, Anda bisa menerapkan cara ini untuk membuat sebuah thumbnail YouTube yang menarik.

Tetapi tetap jangan php ya, sesuaikan gambar thumbnail dengan konten video yang Anda buat.

Misalnya Anda membuat thumbnail yang berisikan “Tips Ampuh cara membuat Nasi Goreng yang Enak”.

Ya buatlah, sebuah video masak nasi goreng yang menarik dan enak.

Karena jika thumbnail dan konten video tidak sesuai akan menimbulkan banyak negatif komentar dan banyak dislike.

Nah, hal ini menyebabkan algoritma YouTube akan menurunkan video akan pada daftar pencarian karena dianggap tidak relevan.

Selain itu, gunakan aplikasi editing gambar yang bagus dalam membuat thumbnail. Anda bisa menggunakan canva yang mudah cara pemakaiannya.

#4. Buatlah Video yang Menarik

Fokus dari sebuah YouTube adalah konten video, jadi buatlah video yang menarik.

Tapi pada faktanya pada zaman sekarang banyak orang membuat video asal-asalan yang hanya menginginkan adsense semata.

Padahal hal semacam ini membuat video Anda lebih cepat tenggelam daripada konten video yang menarik.

Hal ini wajar karena algoritma YouTube akan menampilkan video yang relevan dan menarik.

Salah satu hal yang penting lainnya adalah video tersebut ditonton dari awal sampai akhir, tidak di skip-skip.

Hal ini menunjukkan video yang menarik membuat penonton betah menonton hingga akhir.

Seperti perbandingan Youtuber yang memiliki konten berkualitas seperti Jeda Nulis, Edho Zell, Kevin Anggara lebih lama bertahan di pencarian YouTube.

Dibanding konten video zaman sekarang seperti vlog, prank atau lainnya yang cuma bertahan sebentar di pencarian YouTube.

Untuk membuat video menarik sebenarnya cukup mudah, tinggal perbaiki atau lengkapi hal-hal yang tidak ada pada kompetitor.

Anda bisa menggunakan YouTube Analytics untuk menganalisa perkembangan dari video Anda, apakah menarik atau tidak.

#5. Gunakan Kategori dan Tag yang Sesuai Keyword

Penggunaan kategori dan tag yang tepat dengan keyword video Anda adalah salah satu cara optimasi SEO YouTube yang direkomendasikan oleh YouTube Creator Academy.

Kategori berfungsi untuk menentukan klasifikasi dari suatu konten video.

Tetapkanlah video Anda termasuk sebagai kategori konten olahraga, makanan, bisnis atau lainnya.

Sedangkan tag berfungsi untuk menentukan karakteristik video Anda.

Misalnya Anda membuat konten video tentang cara memasak nasi goreng.

Anda bisa terapkan tag “tutorial”,”memasak”,”kuliner”,”masakan indonesia” atau lainya yang sejenis.

Dengan menggunakan tag dan kategori yang tepat Anda akan menemukan penonton yang relevan dengan konten video Anda.

Gunakan Keywordtool.io atau YouTube Tag Generator untuk membantu Anda menemukan ide “tag” yang sesuai dengan video Anda.

#6. Upload di Waktu yang Tepat

Pastikan Anda mengupload video pada jam-jam dimana orang akan berpotensi melihat video Anda.

Karena algoritma Youtube akan menampilkan video berdasarkan waktu upload terbaru.

Misalnya ketika Anda ingin mengupload video tutorial masak, pastikan upload di jam yang santai.

Contoh pada waktu istirahat kerja atau pagi hari di hari libur.

Jangan sekali-kali upload video tutorial masak di waktu dini hari. Karena sudah pasti tidak ada yang menonton.

#7. Tingkatkan Interaksi Kepada Penonton

Salah satu syarat agar video Anda berada di pencarian teratas mesin pencari YouTube adalah tingkat interaksi video.

Video yang memiliki interaksi yang aktif secara otomatis mengundang algoritma YouTube untuk merekomendasikan video Anda.

Ajaklah penonton untuk berinteraksi pada konten video, seperti memberikan pertanyaan, giveaway dan masih banyak lagi.

Ajak mereka untuk like, komentar atau subscribe channel video Anda.

Balaslah setiap komentar mereka, dengan cara tersebut Anda sudah menerapkan SEO YouTube yang benar.

#8. Share ke Berbagai Sosial Media

Setelah Melakukan beberapa rangkaian optimasi SEO YouTube yang benar, langkah terakhir bagikan video tersebut ke berbagai sosial media.

Mengapa demikian? Memang tak bisa di pungkiri bahwa sebagian besar masyarakat milenial menghabiskan waktu senggangnya untuk bermain sosial media.

Lewat sosial media berita apapun semakin cepat tersebar.

Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan calon penonton video baru lewat sosial media.

#9. Konsisten Upload Video

Salah satu kunci kesuksesan dari optimasi SEO YouTube adalah konsisten.

Memang dalam hal apapun sesuatu yang dikerjakan secara konsisten pasti akan membuahkan hasil termasuk dalam YouTube.

Untuk menghindari rasa malas cobalah untuk membuat jadwal ngonten dan jadwal upload video.

Dengan memiliki jadwal Anda lebih mudah dalam melakukan optimasi SEO YouTube secara konsisten.

Manfaat Menerapkan Optimasi SEO YouTube

Sumber: meupositiveoi.com

Optimasi SEO YouTube memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kinerja video Anda.

Adapun beberapa manfaat dari penerapan teknik SEO YouTube ini, diantaranya,

#1. Meningkatkan Visibilitas Video

Dengan menerapkan strategi SEO yang efektif, video Anda lebih mungkin muncul di hasil pencarian YouTube.

Ini akan membantu video Anda ditemukan oleh penonton yang mencari konten yang relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan.

#2. Meningkatkan Jumlah Klik (Click-Through Rate – CTR)

Judul, deskripsi, dan thumbnail yang dioptimalkan dapat menarik perhatian penonton potensial dan meningkatkan CTR.

Semakin banyak klik yang Anda dapatkan, semakin banyak peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

#3. Menaikkan Peringkat Video di Mesin Pencari YouTube

Video yang dioptimalkan SEO lebih mungkin muncul di atas dalam hasil pencarian.

Ini meningkatkan peluang video Anda untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

#4. Menghasilkan Pendapatan

Jika Anda adalah seorang YouTuber yang menghasilkan uang melalui iklan atau sponsor, meningkatkan visibilitas dan kinerja video Anda dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

#5. Berpeluang Menjadi Seorang Konten Kreator Terkenal

Memahami SEO YouTube juga dapat membantu Anda memahami perilaku audiens Anda dan trend dalam konten video.

Ini dapat membantu Anda berkembang sebagai kreator konten yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa macam penjelasan secara lengkap SEO YouTube mulai dari definisi, cara optimasi hingga manfaatnya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari dunia ilmu SEO secara lengkap dan rinci silahkan bergabung bersama kami di kelas Bisnis Digital MEC.

Adapun untuk informasi selengkapnya bisa mengikuti link mec.or.id

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment