Ketika menerapkan digital marketing, kamu bisa menerapkan beberapa strategi. Salah satunya adalah search engine marketing (SEM). Strategi ini memiliki banyak kelebihan dan menawarkan banyak manfaat bagi bisnis
Meski demikian, penerapan SEM perlu keahlian khusus agar manfaatnya bisa benar-benar dirasakan. Namun, hal ini bukan berarti kamu perlu tim khusus untuk menerapkan SEM. Kamu bersama staf marketing digital dapat mempelajarinya selama beberapa waktu untuk menguasainya.
Apa itu Search Engine Marketing
SEM adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan cara ‘membeli’ traffic dari search engine Google atau sejenisnya. Tujuan search engine marketing yang utama adalah untuk meningkatkan visibilitas website pada bagian atas halaman pertama hasil pencarian.
Ketika website muncul di halaman tersebut, pengguna internet pasti akan langsung melihatnya dan kemungkinan akan mengklik website tersebut. Alhasil, traffic website pun meningkat dan produk atau layanan yang kamu tawarkan dapat terjual.
Baca Juga : Daftar 11 Tools CRM Paling Sering Digunakan oleh Perusahaan
Website yang menggunakan SEM biasanya akan muncul dengan label ‘ad’ atau ‘iklan’ pada halaman hasil pencarian (SERP). Ketika pengguna internet mengklik website ini, maka pemilik website harus membayar kepada Google.
Metode seperti ini juga dikenal dengan sebutan PPC atau pay per click. Semakin banyak pengguna yang mengklik website tersebut, maka semakin besar biaya yang dikenakan kepada pemilik website.
Cara Kerja SEM
Cara kerja search engine marketing yaitu seperti di bawah ini.
- Pengiklan atau pengelola website melakukan riset dan pengelompokan kata kunci yang relevan dengan bisnis. Selanjutnya, ia harus mendaftarkan keyword tersebut pada penyedia layanan SEM. Ia juga harus menentukan target audiens, lokasi audiens, dll.
- Setelah keyword disematkan, website akan muncul pada bagian atas halaman hasil pencarian saat seorang pengguna internet mencari keyword tersebut.
- Jika pengguna tertarik dengan website yang diiklankan itu, ia akan mengklik iklan tersebut untuk mengunjunginya.
- Pada akhir bulan, penyedia layanan SEM akan memberi laporan performa iklan. Dari laporan ini, pengelola website dapat mengevaluasi mana keyword yang paling efektif mendatangkan traffic dan mana yang paling tidak efektif.
- Ketika menerima laporan tersebut, pengelola website juga harus membayar biaya SEM yang ditagihkan.
Kelebihan dan Kekurangan SEM
Penerapan SEM menawarkan banyak kelebihan bagi penggunanya. Namun, strategi digital marketing ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di bawah ini kelebihan dan kekurangan SEM.
1. Kelebihan SEM
SEM menawarkan setidaknya 4 kelebihan bagi bisnis dan perusahaan.
- Target Marketing Lebih Mengena: SEM memungkinkan bisnis untuk melakukan targeting iklan yang lebih tepat. Hal ini dikarenakan bisnis dapat menargetkan iklan berdasarkan bahasa, perangkat, lokasi pengguna, dan keyword.
- Hasil Cepat Diraih: Bisnis yang menerapkan SEM dapat meraih hasil atau tujuan marketing digital dengan cepat. Melalui SEM, website yang diiklankan akan muncul di urutan awal. Sehingga, traffic akan meningkat cepat dan peluang penjualan serta konversi lebih besar.
- Hasil Mudah Diukur: Selain cepat, hasil SEM juga mudah diukur. Semua interaksi terhadap website yang diiklankan direkam oleh data analitik. Sehingga, jumah traffic, keefektifan keyword, demografi, dan ROI dapat diukur.
- Jangkauan Luas: SEM menawarkan jangkauan iklan yang luas. Setiap hari, lebih dari 400 juta pencarian dilakukan oleh pengguna internet. Sehingga, website SEM memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dilihat dan diklik.
2. Kekurangan SEM
Di sisi lain, SEM juga memiliki kekurangan. Kekurangan SEM adalah sebagai berikut.
- Mahal: Biaya search engine marketing tidaklah murah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyaknya pengguna internet yang mengklik website yang diiklankan sangat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.
- Persaingan Ketat: Banyak bisnis menggunakan strategi SEM. Sehingga, persaingan website yang diiklankan pada hasil mesin pencari pun cukup ketat. Ketatnya persaingan terutama terjadi jika keyword yang digunakan merupakan keyword populer.
- Perlu Keahlian Khusus: Penerapan SEM perlu keahlian khusus dalam menentukan keyword agar dapat menarik pengguna yang tepat. Selain itu, algoritma juga sering berubah meski tidak drastis. Sehingga, diperlukan pengamatan mendalam secara berkala.
Manfaat SEM
Menerapkan SEM sebagai salah satu strategi marketing digital dapat memberi banyak manfaat bagi bisnis. Oleh karena itu, SEM penting diterapkan oleh semua bisnis. Di bawah ini manfaat search engine marketing yang bisa kamu peroleh saat menerapkannya.
1. SEM Meningkatkan Visibilitas Website
Website yang diiklankan melalui SEM memiliki tingkat visibilitas yang tinggi karena muncul pada bagian atas halaman hasil pencarian. Sehingga, pengguna internet akan menyadari keberadaan website tersebut.
Meski pengguna internet tidak mengklik website ini, mereka tetap akan melihat nama website. Alhasil, mereka akan mengenal website yang diiklankan tersebut. Jika tingkat visibilitas website yang diiklankan semakin meningkat, maka brand awareness pun juga akan meningkat.
2. SEM Menghasilkan Traffic
Tingkat visibilitas website yang semakin tinggi juga akan meningkatkan peluang terjadinya traffic. Traffic yang dihasilkan ini juga lebih berkualitas.
Hal ini dikarenakan traffic dari SEM lebih tertarget berkat adanya riset keyword. Dengan demikian, pengguna internet akan memperoleh akses ke website yang relevan dengan apa yang mereka cari.
3. SEM Mendapatkan Data Perilaku Konsumen
Mengetahui perilaku konsumen sangat penting bagi perusahaan. Sebagian perilaku ini bisa diperoleh dengan cara menerapkan SEM.
Search engine marketing memungkinkan perusahaan untuk mengetahui lokasi konsumen, perangkat yang mereka gunakan, dan keyword yang digunakan. Data ini diperoleh dari rekaman data analitik saat tiap pengguna internet mengklik website yang diiklankan.
4. SEM Meningkatkan Konversi dan Penjualan
Salah satu manfaat terbesar dari SEM adalah meningkatkan konversi dan penjualan. Sebuah sumber menyatakan bahwa website berbasis PPC memiliki peluang 50% lebih besar untuk melakukan transaksi dengan pengunjung website yang mengklik iklan mereka.
5. SEM Menjangkau Audiens Baru dan Memperluas Jangkauan Pasar
Manfaat SEM lainnya adalah memungkinkan website yang diiklankan untuk menjangkau audiens baru serta memperluas jangkauan pasar. Hal ini terjadi karena melalui SEM, website berbasis PPC dapat ditargetkan muncul di wilayah yang lebih luas.
Sehingga, semakin banyak pengguna internet dapat mengklik website tersebut. Dengan demikian, peluang untuk memperoleh traffic dan transaksi dari konsumen baru menjadi lebih besar.
6. SEM Membantu Bisnis Bersaing Secara Efektif
Dengan menerapkan SEM, sebuah bisnis mampu bersaing dengan lebih efektif. Strategi ini memungkinkan bisnis B2B untuk memperoleh lead yang berkualitas dan bisnis B2C untuk meningkatkan penjualan.
Komponen SEM
Kamu akan menemukan beberapa komponen saat menerapkan SEM. Tiap komponen ini mengandung berbagai hal yang perlu dipahami dan diperhatikan. Apa sajakah komponen tersebut?
1. Platform SEM
Untuk menerapkan SEM, pengelola website harus bekerja sama dengan platform SEM. Platform yang paling terkenal adalah Google Adwords. Meski demikian, para pengiklan juga sering menggunakan Bing Ads dari Microsoft.
Tiap platform SEM memiliki kualitas yang berbeda dalam hal jangkauan pencarian. Selain itu, demografi pengguna dan biaya PPC di kedua platform tersebut tidak sama. Oleh karena itu, banyak pengiklan menggunakan kedua platrorrm ini untuk memperoleh hasil maksimal.
2. Keyword SEM
Penentuan keyword memiliki peran penting dalam meningkatkan traffic dan menjaring audiens yang tepat. Dalam SEM, ada beberapa jenis keyword yang dapat digunakan. Berikut ini jenis keyword tersebut.
- Broad Match Keyword: Jenis keyword ini sifatnya umum. Broad match keyword mampu menghasilkan traffic tinggi dari beragam audiens. Namun, iklan website SEM kamu mungkin kurang relevan dengan pencarian mereka.
- Phrase Match Keyword: Keyword tersebut memiliki kecocokan yang tinggi dengan tema iklan. Selain itu, keyword ini bersifat spesifik. Phrase match keyword dapat menghasilkan traffic sedang dari audiens dengan tingkat relevansi sedang.
- Exact Match Keyword: Keyword ini sangat spesifik dan terfokus pada iklan. Sehingga, pengiklan dapat menjaring audiens yang benar-benar relevan. Namun, traffic yang dihasilkan oleh Exact Match Keyword jumlahnya sedikit.
3. Targeting Audiens
Selain menentukan keyword, kamu juga perlu melakukan targeting audiens. Ada banyak parameter yang perlu diperhatikan ketika membidik audiens. Contoh parameter ini adalah waktu penayangan iklan, perangkat yang digunakan oleh audiens, lokasi, perilaku, usia, dan jenis kelamin audiens.
Baca Juga : Domain Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Cek Disini
4. Struktur Akun SEM
Pengelompokkan keyword untuk campaign SEM yang sedang kamu lakukan. Struktur ini umumnya terdiri dari 3 bagian. Salah satunya adalah campaign. Pada bagian ini, pengiklan menentukan tujuan campaign, budget, bid, dan audiens.
Selain itu, terdapat bagian ads group. Satu campaign biasanya memiliki beberapa ads group tapi tidak lebih dari sepuluh. Bagian struktur akun SEM lainnya adalah keyword. Pengiklan umumnya menempatkan beberapa keyword dalam satu ads group.
5. Copywriting Iklan SEM
Iklan SEM harus memiliki copywriting yang baik agar dapat menarik audiens. Dalam penulisan iklan ini, ada banyak bagian yang harus diikutsertakan, contohnya judul iklan, deskripsi iklan atau website, location extension, call extension, callout extension, dan site extension.
6. Sistem Bidding Iklan SEM
Google Ads menggunakan sistem bidding iklan untuk menentukan posisi dan waktu penayangan iklan. Sistem bidding iklan SEM dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu max CPC bid, quality score, dan ad rank.
Website yang membayar mahal per klik umumnya akan muncul pada posisi atas. Namun, jika quality score dari website tersebut rendah, maka posisinya dapat tergeser oleh website PPC yang bidnya rendah tapi berkualitas.
Tips Sukses Menerapkan SEM
Search engine marketing memang dapat meningkatkan visibilitas dan traffic website. Namun, persaingan ketat dalam SEM mengakibatkan bisnis memperoleh capaian yang kurang maksimal. Agar sukses dalam penerapan SEM, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini.
Baca Juga : 15 Dampak Positif dan Negatif Sosial Media dalam Kehidupan
- Menentukan Target Audiens yang Tepat: Ketika menentukan target audiens, kamu perlu memikirkan konsumen yang seperti apa yang memerlukan produk/layananmu. Terapkan kriteria tersebut pada proses targeting SEM, contohnya usia, lokasi, dan perangkat audiens.
- Gunakan Landing Page yang Berkualitas: Landing page berkualitas memiliki penawaran, gaya bahass, dan keyword yang sama dengan iklan SEM. Landing page seperti ini dijamin mampu memberikan hasil optimal.
- Optimalkan Iklan SEM untuk Perangkat Mobile: Saat ini, lebih dari separuh pengguna internet mengakses internet lewat perangkat mobile. Sehingga, pengiklan harus mengoptimalkan iklan SEM mereka untuk perangkat tersebut.
- Gunakan Tren SEM Terbaru: Tren SEM sering berubah-ubah. Oleh karena itu, cara-cara periklanan yang tidak up to date harus dihindari karena hasilnya pasti tidak maksimal. Untuk mengoptimalkan hasil tersebut, kamu harus selalu menerapkan tren SEM terbaru.
- Pelajari Strategi Kompetitor: Kompetisi yang ketat dalam SEM akan membuat hasil kurang maksimal. Untuk mengatasinya, kamu bisa mempelajari strategi competitor, contohnya keyword yang mereka pakai, postingan sosial media mereka, dll. Sehingga, kamu dapat menyaingi mereka.
Search engine marketing adalah srategi digital marketing yang dapat meningkatkan visibilitas dan traffic website yang diiklankan. Strategi ini juga dapat memperbesar peluang terjadinya penjualan dan konversi. Namun, penerapan strategi ini perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan agar hasilnya maksimal.
Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!
Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.
Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG