PPC adalah model iklan digital berbayar, dimana pengiklan diharuskan melakukan pembayaran biaya tiap kali iklannya di klik. Kepanjangan PPC dinamakan pay-per-click sebenarnya tidak lama muncul sebagai alternatif strategi marketing digital bagi para pebisnis. Ingin tahu info lengkap mengenai PPC?
Metode periklanan PPC mendapatkan respon positif bagi para pelaku bisnis yang ingin memperluas pangsa pasar produknya. Pasalnya, metode PPC memungkinkan para pengiklan bisa menargetkan audiens melalui tingkat presisi tinggi mempertimbangkan lokasi hingga minat khusus calon pelanggan.
Apa Itu PPC?
PPC (pay-per-click) merupakan model digital marketing yang mewajibkan pengiklan melakukan sistem pembayaran rutin setiap iklannya di-klik oleh audiens. Jika kamu tertarik melakukan iklan PPC, sebaiknya persiapkan penawaran keyword (kata kunci) serta frasa yang ingin ditargetkan saat iklan dijalankan.
Apabila iklan mempertimbangkan keywords relevan sesuai target pasar, nantinya iklan akan lebih mudah tampil di posisi utama laman pencarian. Nah, kamu akan dikenakan biaya setiap kali iklan di-klik oleh audiens. Iklan PPC bisa ditampilkan lewat search engine Google maupun platform media sosial lainnya.
Sebagai aspek penting dalam bidang marketing digital, PPC dianggap efektif menyaring target audiens secara tepat sasaran. Tidak perlu khawatir menghamburkan dana sia-sia saat menggunakan PPC. Iklan sudah dirancang secara matang sebagai alternatif terbaik menonjolkan bisnis sesuai target pemasaran.
Baca Juga : STP Adalah Strategi Pemasaran, Pahami Cara Penerapannya.
Model iklan PPC cukup beragam meliputi iklan teks, iklan gambar, product listing, dan iklan video. Sejauh ini PPC mampu memaksimalkan keuntungan iklan ROAS set up campaign. Model periklanan mampu memberikan review hasil lebih cepat, kemudian kamu juga lebih mudah melakukan perubahan campaign.
Jenis-Jenis PPC (Pay-Per-Click)
Sesuai penjelasan sebelumnya, PPC tergolong model iklan yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi. Para penggunannya bisa mengembangkan berbagai model iklan sesuai keinginan. Beberapa iklan nantinya akan muncul dalam SERP Google maupun Bing, kemudian sisanya tersebar luar SERP luas.
1. Product Listing (Spesifikasi Produk)
Penayangan iklan PPC spesifikasi produk biasanya bisa ditemukan melalui search engine serta shopping engine. Selain kedua platform tersebut, kamu juga bisa menemukan jenis periklanan melalui video online, kotak masuk email, dan link website kunjungan dalam Google.
PPC adalah model periklanan yang bisa memadukan gambar sekaligus spesifikasi produk secara lengkap sesuai kebutuhan konsumen. Menariknya, pengguna PPC bisa melakukan perubahan informasi terkait produk sesuai kebutuhan melalui akun penjual platform masing-masing.
2. Iklan Teks (Text Ads)
Model periklanan dalam bentuk teks cukup diminati para pelaku bisnis online. Biasanya iklan teks PPC akan memuat batasan karakter dalam setiap platform. Jika ingin meningkatkan jangkauan audiens, kamu bisa menampilkan iklan teks PPC melalui jejaring SERP dalam bentuk keyword.
3. Iklan PPC Gambar (Display Ads)
PPC kepanjangan dari pay-per-click termasuk model periklanan unik memuat format gambar atau grafis bergerak. Biasanya iklan gambar memiliki persyaratan khusus dalam menampilkan konten serta ukuran penayangannya agar tidak mudah terkena banned sistem platform terkait.
Dimana bisa menemukan iklan PPC gambar? Kamu bisa banyak menemukannya melalui link website ataupun aplikasi saat melakukan pencarian relevan kata kunci. Iklan PPC gambar juga bisa melakukan retargeting saat pengguna sudah pernah mengunjungi laman terkait lho.
4. Video Periklanan
Sering menonton Youtube? Biasanya iklan PPC dalam bentuk video banyak ditampilkan dalam laman Youtube. Iklan akan sering muncul saat pengguna non-premium membuka atau selesai menonton konten tertentu. Apakah video iklan bersifat random tampil ke semua pengguna?
Iklan PPC sudah menargetkan kata kunci relevan sesuai layanan produk yang ingin dipromosikan. Para pengguna hanya akan menemui iklan sesuai hasil pencarian sebelumnya dalam SERP. Hal ini tentu memudahkan pengiklan mendapatkan calon konsumen loyal sesuai keinginan.
5. Iklan Pemasaran Ulang
Iklan pemasaran ulang (remarketing) sangat dibutuhkan para pelaku bisnis online. Strategi pasar kali ini bisa menargetkan kembali audiens yang pernah mengunjungi laman produk. Beberapa pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi jual beli juga akan ditargetkan dalam iklan.
6. Iklan Media Sosial
PPC adalah model periklanan yang mudah menjangkau semua platform mulai pencarian Google sampai media sosial. Kamu bisa bebas memilih iklan ditayangkan dalam platform media sosial apapun mulai story Instagram, FYP TikTok, home Youtube, dan masih banyak laman lainnya.
Kelebihan Model Iklan PPC (Pay-Per-Click)
Mengapa banyak pebisnis online menggunakan iklan PPC? Walaupun terkadang terbilang mahal, akan tetapi iklan PPC menawarkan banyak kelebihan. Dibandingkan strategi marketing lainnya, PPC masih dianggap sebagai marketing digital paling efektif dalam meningkatkan engagement serta profit bisnis.
1. Memberikan Review Hasil Cepat
PPC adalah strategi marketing organik yang mampu memberikan review hasil lebih cepat kepada para penggunanya. Kamu hanya perlu fokus mendistribusikan konten iklan sebanyak-banyaknya, kemudian bisa melakukan tracking PPC dalam beberapa minggu saja. Cukup mudah, bukan?
2. Sifatnya Cost-Effective
Tujuan penggunaan model periklanan PPC tidak lain memaksimalkan keuntungan melalui ROAS atau tayangan iklan. Para pengguna tinggal menyiapkan set up campaign, lalu biarkan budget terpotong secara otomatis saat ada audiens mulai klik iklan tersebut.
3. Lebih Mudah Set Up
Saat mengamati diagram PPC, kamu bisa tahu tingkat efektivitas iklan dalam menjangkau seluruh audiens. Iklan PPC memberi kemudahan para advertiser pemula dalam melakukan set up teknis melalui konten menarik. Tentu banyak perusahaan menyukai jenis periklanan simpel seperti ini.
4. Ketepatan Targeting Tinggi
Para pengguna PPC bisa lebih mudah mengatur minat, lokasi, demografi, dan target marketing layanan produk sesuai kebutuhan. Iklan PPC juga menyediakan fitur tracking URL sekaligus set up campaign guna memaksimalkan interaksi audiens serta mempertahankan semua pelanggan.
Cara Kerja Model Iklan PPC
PPC (pay-per-click) tentu memiliki metode kerja tersendiri dalam menganalisis jangkauan audiens serta memaksimalkan pemasaran. Pada umumnya iklan akan memulai identifikasi kata kunci, menambahkan grup, dan mengupayakan kualitas iklan tinggi sesuai keinginan perusahaan.
Baca Juga : Apa itu Google Ads, Keuntungan, dan Strategi Optimasinya
1. Melakukan Pencarian Kata Kunci (Research Keyword)
Dalam bidang periklanan, kata kunci menjadi indikator penting dalam menampilkan iklan sesuai target konsumen. Para pengguna bisa mengumpulkan kata kunci CTR (click-trough rate) tinggi dan aktifkan cost-per-click agar mendapatkan hasil positif saat penayangan iklan.
2. Ad Groups
Iklan PPC akan membantu menyusun ad groups mencakup landing page, related keywords, dan text ads untuk memudahkan target pemasaran. Biasanya PPC akan mencantumkan pesan unik menggunakan rumus copywriting dalam usaha memaksimalkan kinerja click-through rate.
3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna atau Ad Auctions
PPC adalah model iklan efektif menargetkan konsumen sesuai produk atau layanannya. Dalam mengoptimalkan kualitas iklan, PPC mempertimbangkan tiga faktor utama. Iklan memperhatikan masalah harga maksimum tiap klik, kualitas iklan, dan peringkat pencarian dalam SERP.
4. Skor Berkualitas (Quality Score)
Para pengguna PPC bisa melakukan evaluasi terkait penayangan iklan serta jumlah klik audiens dalam jangka waktu tertentu. Biasanya PPC akan menyediakan metrik terukur skala 1-10 untuk menganalisis performa iklan sudah berkembang baik atau sebaliknya.
Langkah-Langkah Menggunakan Iklan PPC
Tertarik memajang iklan PPC dalam platform Google maupun media sosial? PPC adalah metode iklan paling efektif dalam perkembangan dunia digital saat ini. Berikut ini langkah-langkah pemasangan iklan PPC sesuai prosedur yang bisa diterapkan para pebisnis pemula.
1. Membuat Tujuan Marketing
Apa tujuanmu melakukan pemasaran? Menentukan tujuan pemasaran akan memudahkan para pengguna menentukan platform maupun jenis iklan. Tujuan pemasaran PPC bisa meningkatkan lalu lintas situs, meningkatkan kesadaran merek, mendorong aktivitas penjualan, dan lainnya.
2. Melakukan Riset Audiens
Ketahui terlebih dahulu mengenai keberadaan audiens agar lebih mudah menjangkau pemasaran secara efektif. Dengan mengumpulkan informasi terkait audiens, kamu juga akan lebih mudah menentukan platform paling cocok diterapkan strategi iklan tersebut.
3. Memilih Platform Sesuai Tujuan Pemasaran
PPC menyediakan berbagai macam platform meliputi pemasaran pencarian, iklan display, iklan media sosial, iklan pemasaran ulang, dan Google belanja. Para pengguna perlu memilih platform paling tepat dalam penayangan iklan sesuai riset audiens sebelumnya.
4. Menentukan Keyword (Kata Kunci)
Sesuai penjelasan sebelumnya, kata kunci akan sangat menentukan keberhasilanmu dalam melakukan strategi marketing iklan PPC. Kata kunci bisa dikatakan sebagai tulang punggung agar penayangan iklan PPC bisa mendapatkan klik lebih banyak sesuai keinginan.
5. Menentukan Biaya Periklanan
PPC adalah model promosi yang mewajibkan pengguna melakukan pembayaran setiap iklan di-klik oleh audiens terkait. Kamu bisa menentukan biaya periklanan sesuai budget masing-masing. Semakin besar anggaran iklan, tentu semakin besar jangkauan audiens periklanan tersebut.
6. Membuat Landing Page Berkualitas
Halaman utama (landing page) akan menjadi pertimbangan penting para audiens setelah klik iklan PPC dalam platform tertentu. Pastikan pengguna sudah menyiapkan landing page bagus, menarik perhatian, dan menyediakan informasi lengkap sesuai kebutuhan calon konsumen.
7. Membuat Konten Semenarik Mungkin
Selain laman landing page, kamu juga harus membuat konten kreatif berkaitan tentang produk atau layanan perusahaan. Ketika konten iklan bisa menarik perhatian publik, tentu tidak sulit bisa mendapatkan klik lebih banyak dalam proses penayangan iklan. Bagaimana menarik, bukan?
Kekurangan Iklan PPC (Pay-Per-Click)
Walaupun model periklanan PPC menawarkan kelebihan, rupanya masih banyak pengguna mengeluh terkait hasil positif penayangan iklan tersebut. Banyak pengguna cenderung boncos saat menggunakan iklan PPC dikarenakan beberapa kekurangan metode periklanan tersebut.
Baca Juga : Facebook Ads adalah, Keuntungan, dan Cara Beriklan
1. Tingkat Persaingan Cukup Tinggi
Penayangan iklan cenderung kompetitif, membuat biaya cost per click bertambah lebih mahal dibandingkan periode sebelumnya. Iklanmu harus berkompetisi dengan jutaan iklan yang bisa membuat pihak PPC mewajibkan pengguna melakukan update secara berkala.
Bagi para pebisnis pemula yang memiliki budget terbatas saat menggunakan periklanan digital, tentu akan mengalami kesulitan menghadapi persaingan. Biasanya rentan mengalami perang negosiasi antara harga iklan dengan kata kunci popular yang diinginkan oleh pengguna.
2. Butuh Waktu Lama Menemukan Formula Terbaik
PPC adalah salah satu strategi periklanan yang membutuhkan proses identifikasi keyword relevan sesuai tujuan pemasaran. Apabila pengguna ceroboh dalam memilih kata kunci iklan, maka rentan mengalami kerugian besar berhubung biaya penayangannya tidak sedikit.
Para pengguna setidaknya membutuhkan waktu lama dalam melakukan keyword research. Kamu juga perlu melakukan identifikasi audiens tepat sesuai target pasar. Pengiklan harus menggunakan Google Analitycs serta trial eror beberapa kali apabila ingin menemukan campaign paling sesuai.
PPC adalah salah satu strategi marketing berbayar, dimana pengiklan harus melakukan pembayaran sesuai banyaknya klik audiens saat penayangan. Budget periklanan tidak selalu sama, namun kamu butuh biaya besar dalam mengoptimalkan jangkauan pasar lebih luas saat penayangan iklan tersebut.
Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!
Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.
Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG