LSI Keyword, Kunci Paling Ampuh Optimasi SEO [LENGKAP]

lsi-keywod

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi dunia digital semakin melaju pesat. Salah satu media digital yang paling terkenal yakni Google, Google adalah sebuah software mesin pencari yang dapat memberikan informasi apapun di dunia maya, Google bekerja dengan menggunakan kata frasa yang cukup relevan secara semantik dalam mengidentifikasi halaman pencarian.

Dengan teknologi tersebut Google dapat menampilkan hasil pencarian dengan relevan, Kata frasa ini disebut dengan Latent Semantic Indexing (LSI keyword), LSI keyword bisa ditemukan pada pencarian serupa mesin pencari dan keyword tools gratis, Dengan memasukkan kata frasa pada artikel akan dapat membantu optimasi SEO website. Cara tersebut termasuk kedalam salam satu optimasi SEO On Page.

Nah, untuk mengupas tuntas tentang LSI keyword simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut ini

Apa itu LSI Keyword

Latent Semantic Indexing keyword adalah sebuah kata kunci yang memuat kata frasa relevan secara semantik pada mesin pencari Google, Sekumpulan keyword yang dihasilkan tersebut bisa digunakan sebagai salah satu faktor yang digunakan mesin pencari Google dalam menetapkan peringkat suatu website di hasil pencarian.

Memang jika dipahami berdasarkan pengertiannya agak terlalu silit, mari kita belajar dengan mengambil perumpamaan, Misalnya ketika mengetikkan keyword “apa itu SEO” maka pada related search akan dimunculkan beberapa kata frasa seperti

“cara membuat seo”,”seo marketing”,”perbedaan seo dan sem”,”jenis-jenis keyword“,”belajar seo”, Nah, kata frasa ini yang disebut sebagai LSI keyword.

Sejarah Terciptanya LSI Keyword

Tau gak sih ternyata LSI ini adalah sebuah teknologi zaman dahulu yang dianggap kuno loh? Bahkan Google tidak menggunakan LSI hingga zaman sekarang, Untuk menampilkan hasil related search Google menggunakan teknologi Word2vec yang dibuat oleh Google Brain, Namun apakah sebenarnya LSI keyword tidak berguna bagi optimasi SEO?

Jawabannya adalah tidak juga.

Teknik pendekatan Word Vector yang dipakai oleh Word2vec memiliki cara kerja yang sama dengan LSI, Baik Word2vec atau LSI keyword sama-sama menggunakan kata semantik dari suatu keyword yang dicari pengguna, Perbedaanya LSI memang tidak diciptakan dalam menampung beban yang besar seperti website, Karena dulunya LSI hanya digunakan untuk uji sembilan dokumen yang berisi topik interaksi manusia dan komputer.

Sedangkan Word2vec memiliki teknologi yang lebih canggih dan kompleks daripada LSI, Tetapi kenapa masih menggunakan istilah LSI bukan Word2vec Hal ini terjadi karena memang awal pencetus teknologi penggunaan kata relevan secara semantik adalah LSI, Sehingga, untuk mengenang sejarah pencetusnya dan metodenya yang masih sama maka digunakan istilah LSI.

Bagaimana Cara Kerja LSI Keyword

Bagaimana sih cara kerja dari LSI keyword ini? Nah, jika dipahami lebih mendalam cara kerjanya bisa dibilang cukup rumit, Karena sistem LSI menggunakan rumus-rumus matematika yang sangat kompleks hanya untuk memahami bagaimana hubungan tiap-tiap kata, Namun Anda tidak perlu memahaminya secara detail karena garis besar konsep LSI sebenarnya lebih mudah, diantaranya seperti ini prosesnya

1. Pertama-tama, mesin pencari Google akan mencari persamaan dari keyword yang diketikkan di kolom pencarian

Contohnya kata “bulan” yang bisa saja berarti bulat pada satelit atau bulan dalam penanggalan.

2. Kedua, keyword tersebut akan dianalisa dengan kata-kata yang terhubung secara semantik.

Contohnya bulan satelit identik dengan benda-benda astronomi seperti planet atau meteor.

sedangkan, bulan dalam penanggalan identik dengan Januari, Maret, April, September

3. Ketiga, mesin pencari google akan mengkategorikan kedua frasa tersebut dalam kategori berbeda.

Nah, LSI keyword yang akan digunakan nantinya akan jadi penentu jenis bulan yang Anda maksud seperti apa.

Itulah beberapa cara kerja dari LSI keyword yang bisa membantu kedua pihak. Baik pembuat website akan dimudahkan dengan kata frasa serupa dalam membuat konten, ataupun pembaca yang memudahkan mereka mencari topik relevan yang sesuai pada mesin pencari.

Bagaimana Cara Mencari LSI Keyword

Penggunaan LSI keyword sangat penting untuk meningkatkan relevansi artikel konten website Anda. Nah, untuk itu Anda harus mengelompokkan LSI keyword yang sesuai dengan niche Anda terlebih dahulu, Untuk menemukan LSI keyword yang tepat ada beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan diantaranya seperti berikut ini.

#1. Menggunakan Fitur Autocomplete Google

Fitur autocomplete pada Google akan memberikan beberapa macam rekomendasi kata frasa yang relevan dengan keyword Anda, Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan keyword yang Anda inginkan pada mesin pencari Google. Nah, kemudian google nantinya akan memberikan beberapa rekomendasi kata frasa pencarian.

Hal ini juga disebut sebagai Google Suggest. Nah, kata kunci yang diberikan oleh Google tersebut merupakan LSI keyword, anda bisa menggunakan keyword tersebut untuk dibahas dalam artikel website.

#2. Menggunakan Related Search Google

Cara kedua ini masih menggunakan layanan dari mesin pencari Google, Anda bisa menggunakan “related search” yang terdapat pada bagian bawah halaman hasil pencarian mesin pencari Google, Caranya cukup mudah ketikkan kata kunci yang Anda inginkan pada mesin pencari Google, kemudian enter. Nah, setelah itu scroll sampai paling bawah akan ditampilkan Kata Penelusuran Terkait atau Related Search dalam bahasa inggris.

Keyword-keyword tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan relevansi konten artikel Anda.

#3. Menggunakan Add On “Keyword Everywhere” 

Cara berikut ini bisa jadi rekomendasi paling mudah untuk menghasilkan banyak LSI keyword secara cepat, Caranya install Add On “keyword everywhere” pada browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, Selain browser tersebut cara ini tidak bisa digunakan, jadi pastikan Anda menggunakan browser tersebut, Setelah Add on “keyword everywhere” ketikkan keyword pada mesin pencari kemudian enter.

Nah, nantinya anda Akan ditampilkan banyak rekomendasi LSI keyword pada tabel yang muncul di bagian kanan tampilan halaman SERP.

#4. Menggunakan Image Tag

Pada layanan Google terbaru mereka menampilkan image tag yang muncul di halaman pencarian gambar, Caranya cukup sederhana juga yakni dengan mengetikkan keyword di kolom mesin pencari. Nah, kemudian klik Gambar atau menu Image. Kemudian akan muncul tag-tag keyword image pada tampilan teratas.

Tag tersebut memiliki kata frasa yang mirip dengan keyword yang dicarikan, Maka dari itu, gunakan tiap gambar pada artikel Anda yang diberi tag berupa LSI keyword, Karena akan berpotensi gambar tersebut ditampilkan pada pencarian teratas halaman pencarian gambar Google.

#5. Menggunakan Keyword Research Tool

Untuk membantu Anda dalam melakukan optimasi pada zaman sekarang sudah banyak sekali aplikasi atau tools keyword research baik secara gratis atau berbayar. Nah, jika Anda ingin mendapatkan banyak LSI keyword yang detail dan banyak, gunakanlah tools berbayar, Jika menggunakan tools gratisan fiturnya pasti terbatas, ya namanya juga gratisan. Cara penggunaanya hampir sama dengan menggunakan mesin pencari Google.

Anda hanya perlu memasukkan keyword pada kolom pencarian, nanti akan muncul beberapa rekomendasi LSI keyword di bawahnya, Ada beberapa keyword tools gratis yang bisa digunakan diantaranya Ubersuggest, Ahrefs, Google Keyword Planner dan masih banyak lagi, Pada beberapa tools pastikan ubah regionalnya menjadi Indonesia terlebih dahulu sebelum digunakan.

Mengapa LSI Keyword Penting Untuk SEO

Ada beberapa alasan kuat yang membuat LSI keyword ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas dari konten SEO. Nah, berikut adalah beberapa manfaat LSI keyword diantaranya

#1. Meningkatkan Relevansi Konten

LSI keywords membantu meningkatkan relevansi konten Anda dengan kata kunci utama atau topik tertentu, Ini membantu mesin pencari memahami konten Anda dengan lebih baik dan memasukkannya dalam hasil pencarian yang sesuai.

#2. Mengurangi Terjadinya Keyword Stuffing

Dengan menggunakan LSI keywords, Anda dapat menghindari praktik “keyword stuffing” yang bisa merugikan SEO, Keyword stuffing adalah penggunaan keyword yang sama diulang secara berlebihan dalam sebuah konten artikel SEO, Ini karena Anda dapat menyertakan variasi kata frasa yang berhubungan dengan topik tanpa terlalu memaksa kata kunci utama.

#3. Dapat Meningkatkan Kualitas Konten

LSI keywords membantu memperkaya konten Anda dengan ide dan konsep terkait yang lebih dalam, Ini membuat konten lebih informatif dan bermanfaat bagi pembaca.

#4. Meningkatkan Pemahaman Konten oleh Mesin Pencari

Mesin pencari seperti Google semakin canggih dalam memahami hubungan antara kata kunci dan topik, Dengan menyertakan LSI keywords, Anda dapat membantu mesin pencari memahami konten Anda dengan lebih baik, Serta dapat meningkatkan peluangnya muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

#5. Dapat Menjangkau Audience yang Lebih Luas

LSI keywords dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas karena mereka mencakup variasi kata yang mungkin digunakan oleh orang-orang dalam mesin pencari, Ini memungkinkan Anda untuk meraih pengunjung yang mencari topik terkait tanpa harus mengandalkan satu kata kunci.

#6. Meningkatkan User Experience

Dengan menyediakan konten yang lebih relevan dan informatif, pengguna akan memiliki pengalaman yang lebih baik saat mengunjungi website Anda, Isi artikel yang Anda buat jadi tidak terkesan memaksa, dan lebih enak dibaca, Ini dapat meningkatkan tingkat retensi pengunjung dan konversi.

#7. Memperkuat Otoritas Niche

Dengan menggunakan LSI keywords, Anda dapat membuktikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang niche tersebut, Ini dapat membantu memperkuat otoritas Anda di bidang tersebut dan membangun reputasi yang baik.

#8. Meningkatkan Optimasi SEO On-Page

Dengan meningkatkan relevansi dan kualitas konten Anda, Anda dapat meningkatkan faktor-faktor SEO on page, Misalnya seperti tingkat pangkat, waktu tinggal pengunjung, dan tingkat konversi.

#9. Memperkuat Kualitas Website Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Dalam lingkungan online yang kompetitif, menggunakan LSI keywords dapat membantu Anda bersaing dengan website kompetitor yang memiliki konten serupa, Ini memberikan keunggulan tambahan pada website Anda dalam daftar pencarian tertinggi halaman mesin pencari. Nah, itulah penjelasan secara lengkap tentang pembahasan LSI keyword. Dengan memanfaatkannya bisa membuat website Anda sering muncul di pencarian teratas mesin pencari Google.

Jika Anda tertarik mempelajari tentang ilmu digital marketing atau tentang bagaimana cara optimasi SEO yang tepat, Anda bisa bergabung bersama kami di kelas Bisnis Digital MEC. Di kelas tersebut Anda akan mempelajari SEO mulai dari apa itu SEO hingga menjadi pakar SEO yang ahli.

Adapun pekerjaan jasa SEO berpotensi memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan di masa depan.

Nah, untuk informasi tentang beasiswa kelas Bisnis Digital MEC silahkan klik link berikut ini.

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment