Strategi KOL Dalam Dunia Digital, Pahami Cara Kerjanya

PKOL adalah sejenis strategi pemasaran yang sempat booming sebagai trik marketing suatu perusahaan dalam menawarkan produk maupun jasanya. KOL (key opinion leader) mampu menggerakkan massa lebih banyak, sehingga secara tidak langsung menguntungkan sebuah brand dalam dunia pemasaran.

Memang kadang tidak setenar influencer, namun KOL seolah menjadi strategi pemasaran baru dianggap paling penting dalam dunia digital. Informasi kali ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, jenis, manfaat serta perbedaan signifikan antara KOL dan influencer platform media sosial.

Apa Itu KOL? KOL Adalah

KOL (key opinion leader) merupakan seseorang yang memiliki pengaruh kuat dalam dunia digital, oleh sebab itu bisa menggerakkan massa berdasarkan pengalaman dan keahliannya dalam bidang tertentu. Strategi KOL kini banyak dimanfaatkan perusahaan dalam upaya mengembangkan layanannya lho.

Beberapa contoh KOL di media sosial meliputi sejarawan, selebriti, dokter, psikolog, peneliti laboratorium, dan masih banyak lagi profesi lainnya. Dengan menggandeng KOL berpengalaman, tentu tidak sulit mempengaruhi masyarakat luas dalam memilih menggunakan suatu layanan atau produk perusahaan.

KOL yang bagus memang memiliki persona mumpuni dalam bidang keahlian maupun profesi. Dalam dunia marketing, KOL memiliki peran penting meningkatkan brand awareness. Tanpa disadari, KOL mampu memperluas jangkauan audiens pasar serta meningkatkan keuntungan para pemilik brand.

Baca Juga : Facebook Ads adalah, Keuntungan, dan Cara Beriklan

Nantinya perusahaan bisa menjalin kerja sama dengan KOL, kemudian mereka akan membantu dalam mempromosikan produk lewat akun media sosial pribadinya. Kamu juga bisa menemukan banyak KOL specialist yang memasarkan sebuah brand melalui iklan televisi maupun iklan premium media sosial.

Bisnis Digital

Jenis-Jenis KOL (Key Opinion Leader)

Pada umumnya seorang KOL adalah bisa meraih beragam pencapaian pribadi sebelum memutuskan menjadi perwakilan produk. KOL termasuk sosok berprestasi, memiliki banyak penghargaan, dan memiliki skill mempromosikan produk atau layanan. Sudah tahu belum beragam jenis KOL media sosial?

1. Nano-KOL

Nano-KOL merupakan seorang pakar dalam bidang tertentu, dimana followers-nya masih rendah walaupun sangat aktif bermedia sosial. Biasanya Nano-KOL lebih mudah diajak berkolaborasi dalam mempromosikan brand, namun kemampuannya tidak kalah berbobot.

2. Micro-KOL

KOL adalah seseorang yang memiliki followers lebih tinggi dari Nano-KOL, bisa mencapai angka 100.000 followers lebih. Dengan melakukan kerja sama Micro-KOL, kamu akan lebih mudah dalam menjangkau pasar serta mendapatkan konsumen loyal seiring berjalannya waktu.

3. Macro-KOL

Dibandingkan Micro-KOL, basis followers Macro-KOL jauh lebih tinggi bisa mencapai jutaan followers. Berhubung jumlah pengikutnya sangat tinggi, mungkin KOL akan sulit menjalin interaksi secara intens. Meski begitu, kamu bisa meningkatkan kredibilitas brand bersama Macro-KOL lho.

Siapakah KOL terkenal dan berpengalaman di Indonesia? Beberapa nama mulai dari Najwa Shihab, dr. Richard Lee, MARS,AAAM, Raffi Ahmad, Fadil Jaidi, dan masih banyak lagi. Setiap tokoh memiliki skill, profesi, keahlian, dan jumlah followers media sosialnya terus meningkat sampai puluhan juta.

Manfaat KOL dalam Strategi Pemasaran

Tujuh tahun lalu, istilah KOL memang belum muncul dalam dunia pemasaran. Seiring berkembangnya dunia digital, keberadaan KOL seolah sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Banyak perusahaan menghubungi KOL dalam upaya menjalin kerjasama sinergis mengembangkan brand awareness.

1. Bisa Membangun Kredibilitas Brand

KOL memang identik memiliki pengalaman mumpuni dalam bidang tertentu. Strategi pemasaran KOL tentu membuat promosi produk lebih dipercaya masyarakat. Orang akan lebih mudah percaya terhadap produk maupun layanan yang direkomendasikan KOL memiliki kredibilitas meyakinkan.

2. Bisa Menjangkau Pasar Lebih Luas

KOL adalah sekumpulan orang-orang berkompeten yang bisa membantu mempromosikan suatu produk layanan melalui teknik marketing mahal. Dengan menggunakan KOL relevan, kamu bisa menjangkau pemasaran lebih luas serta lmudah mendapatkan konsumen loyal setiap harinya.

3. Menghasilkan Konten Kreatif

KOL tidak hanya sekedar memiliki keahlian atau profesi, namun mereka juga bisa menciptakan berbagai konten kreatif dalam bidang pemasaran. Melalui konten kreatif KOL, engagement audiens tentu akan lebih mudah meningkat mengingat perkembangan media sosial sangatlah luar biasa.

4. Bisa Mencapai Target Audiens Secara Tepat

Freelance KOL memiliki peran signifikan dalam membuat klasifikasi segmen pasar secara spesifik melalui niche relevan. Dengan menggunakan KOL sesuai target audiens, brand kamu akan lebih mudah menjangkau konsumen potensial sesuai harapan. Bagaimana sangat membantu, bukan?

Cara Pilih KOL Paling Tepat dalam Kolaborasi Pemasaran

Apakah kamu tertarik menjalin kolaborasi KOL dalam meningkatkan brand awareness? Jika iya, tentu pilih KOL terpercaya dalam bidangnya. Coba lakukan identifikasi, perencanaan campaign, dan pemetaan terlebih dahulu. Ikuti langkah kali ini dalam upaya mendapatkan KOL berpengalaman dan terpercaya.

1. Pilih KOL Paling Relevan

KOL adalah kumpulan orang yang memiliki profesi, keahlian, dan pengalaman mumpuni dalam bidang tertentu. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai pengikut KOL, rangkaian konten, dan fokus layanan produk guna mengetahui impact kolaborasi marketing kedepannya.

2. Hubungi KOL Secara Pribadi

Jika sudah melakukan riset mendalam mengenai latar belakang KOL, kamu bisa menghubungi pihak terkait secara pribadi. Perusahaan bisa menjelaskan detail mengenai tujuan kampanye, produk atau layanan, dan mendiskusikan berbagai tawaran menarik kepada KOL tersebut.

3. Membuat Konten Bersama

Setelah mencapai kesepakatan bersama, perusahaan bersama KOL bisa kolaborasi menciptakan konten bersama sesuai tujuan campaign. KOL bisa membuat berbagai konten menarik berupa unboxing produk atau cara menggunakan produk untuk dibagikan dalam platform media sosial.

4. Tingkat Penyebaran Konten

Sesuai penjelasan sebelumnya, konten promosi akan disebarluaskan oleh KOL dalam platform media sosial meliputi Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan lainnya. Jika KOL memiliki jumlah pengikut besar, tentu tidak sulit menjangkau audiens lebih luas sesuai harapan perusahaan.

Baca Juga : Memahami Google AdSense , Syarat Bergabung, dan Strateginya

5. Amati Interaksi KOL Bersama Pengikut

KOL marketing tidak semuanya bisa memberikan impact luar biasa, oleh sebab itu lakukan riset mendalam sebelum melakukan kerja sama. Pastikan KOL bisa melakukan interaksi dengan para pengikutnya untuk memberikan tanggapan terkait segala jenis pertanyaan dalam konten promosi.

6. Ukur Kinerja Campaign

Setelah KOL mulai melakukan kampanye produk, kamu bisa mulai mengukur kinerja KOL lewat riset penambahan jumlah pengikut, penjualan produk, dan engagement konten. Kampanye KOL efektif atau tidak? Pertimbangan kali ini bisa sangat bermanfaat dalam kerja sama kedepannya.

Perbedaan Key Opinion Leader dan Influencer

Banyak orang berspekulasi KOL (key opinion leader) dan influencer termasuk dua bidang serupa. Hal ini memang sulit dibedakan, apalagi mereka sama-sama menciptakan konten di media sosial. Nah, kali ini kamu bisa menemukan beberapa perbedaan tipis antara seorang KOL dan influencer biasa.

MEC News

1. Jenis Konten Media Sosial

Setiap konten KOL tidak memperhatikan tren viral, mereka menonjolkan keahliannya tersendiri. Mayoritas kontennya lebih berbobot memberikan informasi masyarakat mengenai rekomendasi produk, kandungan produk, hasil riset, sharing pengalaman, dan informasi menarik lainnya.

Apa bedanya dengan konten influencer? Mereka cenderung membuat konten mengikuti segala tren viral agar lebih mudah terbaca algoritma sistem. Biasanya influencer membuat konten viral sambil menyelipkan informasi produk baru yang sedang digunakan setiap harinya.

2. Penggunaan Media

KOL adalah seorang ahli yang tidak memiliki aturan khusus dalam menggunakan media sosial pribadinya saat mempromosikan suatu brand. KOL bisa menggunakan berbagai media meliputi koran, televisi, radio, dan platform media sosial sesuai kesepakatannya bersama pemilik brand.

Sedangkan influencer cenderung menggunakan media sosial dalam mempromosikan berbagai produk atau layanan. Influencer hanya mengandalkan followers banyak untuk mempengaruhi masyarakat agar mau membeli serta menggunakan suatu brand tertentu.

3. Proses Identifikasinya

Perlu kamu ketahui, membedakan antara KOL dan influencer bisa dilihat berdasarkan identifikasi aspek tertentu. Identifikasi KOL memang sangatlah sulit, sehingga terkadang banyak orang mengira perannya sama dengan influencer lainnya. Lalu bagaimana cara mengidentifikasinya?

  • KOL sering terlibat dalam acara industri maupun konferensi sebagai pembicara.
  • KOL telah menerbitkan banyak jurnal, penelitian khusus, dan hasil observasi dalam bidang pengetahuan maupun pendidikan.
  • KOL dikenal sebagai seorang senior berpengalaman, sehingga aktif dalam memberikan opini dalam bidang tertentu.
  • KOL menjadi bagian dalam organisasi ataupun asosiasi penting terbukti terpercaya dalam bidangnya masing-masing.

Influencer banyak dikenal melalui platform media sosial, sehingga identifikasinya bisa dilihat langsung berdasarkan jumlah followers. Setidaknya influencer memiliki lima tingkatan yang bisa menentukan tingkat ketenarannya, jumlah pendapatannya, dan target audiens-nya sendiri.

  • Nano-influencer memiliki followers sekitar 1000-10.000 followers
  • Micro-influencer memiliki jumlah pengikut mencapai 10.000-50.000 followers
  • Mid-tier influencer memiliki jumlah pengikut 50.000-500.000 followers
  • Macro influencer memiliki jumlah pengikut 500.000-1000.000 followers
  • Mega-influencer memiliki jumlah pengikut 1000.000 lebih followers

4. Cara Komunikasi

KOL adalah orang yang memiliki profesi penting, oleh sebab itu interaksinya dalam media sosial tidak terlalu intens. Mereka memiliki metode tersendiri dalam mempromosikan brand, cenderung memiliki pandangan satu arah, dan banyak diundang berbagai seminat penting.

Sebagai orang yang dikenal melalui media sosial, influencer memiliki model komunikasi tersendiri.

Mereka sangat aktif dalam media sosial, sering live streaming, dan menanyakan pendapat para penggemarnya mengenai suatu hal. Apakah kamu sudah memahami perbedaan keduanya?

5. Cara Motivasi Audiens

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, KOL menggunakan kesempatan mempromosikan produk hanya sebagai penambah kegiatan sehari-harinya. Mendapatkan endorsement atau sponsor banyak bukanlah tujuannya karena kebanyakan KOL memiliki kegiatan utama jauh lebih penting.

Kredibilitas KOL sebenarnya tidak didasari berdasarkan jumlah pengikut, namun dilihat langsung pengetahuannya saat memberikan penjelasan suatu produk. Misal mempromosikan skincare, KOL akan mempengaruhi masyarakat luas menggunakan pengetahuannya dalam membuat skincare.

Para influencer tentunya memiliki komunitas pengikut, dimana mereka akan selalu memberikan rekomendasi layanan atau produk kepada pengikutnya. Kualitas konten serta orisinalitasnya akan sangat mempengaruhi jumlah pengikut, sehingga membutuhkan skill handal membuat konten.

Baca Juga : Apa itu Google Ads, Keuntungan, dan Strategi Optimasinya

Tugas dan Gaji Key Opinion Leader (KOL)

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, kamu tentu sudah memiliki pandangan terkait profesi KOL (key opinion leader). KOL memiliki beberapa tugas dalam menyukseskan strategi marketing suatu brand bahkan terdapat perjanjian tertulis saat memulai kesepakatan kedua belah pihak.

  • Berusaha membangun brand awareness melalui komunikasi atau pesan yang disampaikan dalam forum seminar, radio, televisi, atau platform media sosial pribadinya.
  • Melakukan riset mengenai target audiens untuk memudahkan membuat pesan menarik.
  • Melakukan promosi secara halus kepada seluruh target audiens agar mau menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Berapa gaji key opinion leader? Sama dengan influencer, KOL akan mendapatkan gaji  besar dari perusahaan sesuai kesepakatan. Meskipun begitu, KOL memiliki profesi utama dalam kesehariannya. Mereka bisa bebas menjalin kerjasama berbagai brand perusahaan sambil mengisi waktu luang.

profesi baru cukup menjanjikan dalam perkembangan dunia digital saat ini. KOL memiliki keahlian dalam suatu bidang, sehingga lebih mudah mempengaruhi masyarakat luas. KOL bisa menjalin kerja sama berbagai perusahaan dalam mempromosikan suatu layanan atau produk tertentu.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post