Apa Itu Jurusan Desain Grafis, Peluang Karir, dan Seleksinya?

Jurusan Desain Grafis

Apakah kamu punya minat di bidang desain? Tertarik memperdalam ilmu desain? Jika iya, maka masuk jurusan desain grafis bisa jadi pilihan yang tepat untuk membantu belajar dan mempersiapkan masa depan melalui bidang ini.

Terdapat banyak kampus yang membuka jurusan desain dan animasi di Indonesia, baik kampus negeri maupun swasta. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa institusi yang akan direkomendasikan dalam artikel ini.

Apa Itu Jurusan Desain Grafis?

Apa itu Desain Grafia

Penggemar desain pasti sudah tidak asing dengan jurusan desain, betul? Sering kali orang yang ingin menekuni bidang desain memilih melanjutkan pendidikan tinggi di bidang yang sama, misalnya desain grafis.

Sebenarnya apa itu program studi desain grafis? Program studi ini merupakan pendidikan khusus untuk membantu mahasiswa lebih paham tentang desain grafis. Mahasiswa desain grafis diharapkan bukan hanya memahami teori-teori terkait, melainkan juga bisa mempraktikkan ilmu mereka.

Baca Juga : 12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Fitur Lengkap Mudah Digunakan!

Desain grafis termasuk jurusan yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Meningkatnya kebutuhan konten digital membuat kawula muda berlomba untuk masuk ke program studi desain grafis. Tidak heran bila di sejumlah kampus tingkat persaingan seleksinya begitu ketat.

Kuliah di jurusan desain grafis tentunya menyenangkan, khususnya bagi kamu yang memiliki minat dan bakat sebelumnya. Bakat kamu akan dikembangkan dengan baik melalui kelas-kelas yang seru dan kreatif. Kamu akan mempelajari dan mempraktikkan beberapa teori berikut sewaktu kuliah, yaitu:

  • Tipografi
  • User interface design
  • Desain dasar
  • Fotografi
  • Desain editorial
  • Design history, dan masih banyak lagi.

Apakah untuk membuat desain grafis ini dilakukan secara manual? Barangkali ada beberapa teori di perkuliahan yang mengharuskan kamu bekerja secara manual. Namun, kamu juga akan belajar cara menggunakan beberapa software desain berikut, yaitu:

  • CorelDRAW
  • Adobe XD
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop, dan sebagainya.

Sebaiknya beli perangkat elektronik yang memadai untuk memudahkan kamu selama menjalani perkuliahan. Kegiatan desain seringkali membutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih tinggi agar berjalan lancar.

Peluang Karier

Jurusan Desain Grafis

Bagaimana dengan peluang karir jurusan desain grafis? Pilihan pekerjaan seperti apa yang menanti para mahasiswa alumni jurusan ini? Tidak usah khawatir perihal karier sebab kalau kamu berbakat di bidang desain, maka tidak akan terlalu sulit untuk mencari pekerjaan selepas lulus kuliah.

Terdapat banyak sekali pilihan karir desain grafis, khususnya di era digital seperti sekarang. Beberapa pilihan pekerjaan yang dapat kamu coba, antara lain:

  • Desainer grafis tetap di sebuah perusahaan
  • Desainer web
  • Anomator
  • Illustrator
  • Designer UI/UX
  • Content creator

Saat memutuskan bekerja di perusahaan tertentu, terlepas dari jenis pekerjaannya, kamu juga bisa melakukan pekerjaan lepas di bidang desain. Cobalah untuk mendaftar di platform-platform freelancer dan temukan pekerjaan sampingan.

Memiliki kemampuan di bidang desain grafis akan membantu bertahan di dunia kerja yang keras. Kamu bisa bekerja di perusahaan, memulai bisnis desain, atau bekerja sebagai freelancer. Pilihan pekerjaannya pun tidak kalah beragam, mulai dari desainer UI/UX hingga illustrator.

Bagi yang mau bekerja lebih keras, kamu juga bisa menggabungkan kecakapan di bidang desain dengan bidang lain. Misalnya, menulis poetry yang dibarengi dengan ilustrasi-ilustrasi penuh makna. Saat ini sudah banyak, lho, buku poetry dengan ilustrasi relevan yang diterbitkan di penerbit mayor.

Jangan berkecil hati saat kamu berkuliah di program studi desain grafis. Jurusan ini termasuk yang paling populer di Indonesia. Asah terus bakatmu, belajarlah dengan baik selama menjalani perkuliahan sebagai bekal masuk ke dunia kerja.

Kampus dengan Jurusan Desain Grafis Bermutu

Jurusan Desain Grafis

Kamu mungkin sudah punya universitas incaranmu sendiri, tetapi tidak ada salahnya mengetahui kampus-kampus terbaik dengan program studi desain grafis di Indonesia. Kira-kira, apa saja kampus yang memiliki jurusan desain bergengsi dan punya tingkat persaingan tinggi?

Sebagian orang berpendapat bahwa keterampilan personal tidak ditentukan oleh tempat kuliah. Kamu bisa kuliah di mana saja dan menjadi berbakat di bidang desain grafis. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar sebab universitas punya peran penting dalam mengasah bakat yang sudah ada.

Orang yang sudah berbakat harus diasah dan diajari oleh pengajar-pengajar terbaik dan didukung fasilitas mumpuni. Jika mereka belajar di tempat yang seadanya, maka pengembangan bakat tidak akan optimal. Oleh karena itu, memilih kampus yang tepat dibutuhkan untuk membantu kamu berkembang dengan pesat.

Memangnya, kampus apa saja di Indonesia yang punya program studi desain terbaik? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa universitas berikut ini:

1. Institut Teknologi Bandung

ITB rasanya harus ditempatkan di urutan teratas sebagai kampus dengan jurusan desain terbaik di Indonesia. Kampusnya sendiri masuk ke dalam 150 universitas terbaik dunia berdasarkan QS World University Ranking ditinjau dari kategori jurusan kesenian dan desain.

Bukan cuma terkenal dengan fakultas tekniknya yang mumpuni, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) di ITB juga ramai diincar oleh calon mahasiswa baru, lho. FSRD dibagi lagi menjadi tiga departemen, yakni Sosioteknologi, Seni Rupa Murni, dan termasuk Desain.

Tertarik untuk menjadi desainer grafis? Pastikan kamu bisa menembus seleksi ketat di program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), tempat yang menaungi pembelajaran terkait desain grafis.

Prodi Desain Grafis

2. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti mungkin lebih terkenal dengan jurusan hukumnya yang bergengsi, tetapi mereka juga punya program studi DKV, lho. Kalau kamu tertarik masuk ke universitas swasta dan ingin berkuliah di Jakarta, maka kampus ini boleh banget jadi pilihanmu.

Bagaimana dengan akreditasi Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang ada di Trisakti? Tentunya sudah mencapai akreditasi A sehingga kualitas pembelajaran dan fasilitas di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Trisakti juga sudah memiliki program pascasarjana di bidang desain sejak tahun 2009 dengan fokus desain. Program ini berhasil menjadikan Trisakti menorehkan rekor sebagai pembuka pertama di antara kampus-kampus swasta di Jakarta.

Baca Juga : Desain Produk : Pahami Pengertian, Fungsi, dan Tahapan Desain

Ada tiga konsentrasi program studi di FSRD Trisakti, yakni Desain Transportasi, Desain Produk Umum, dan Desain Kriya. Kamu dapat memilih jurusan yang paling relevan dengan desain grafis.

3. Institut Kesenian Jakarta

Institut Kesenian Jakarta adalah gudangnya para pecinta seni. IKJ menjadi pilihan prioritas bagi orang-orang yang ingin bergelut di bidang seni. Kalau kamu juga mencintai seni dan ingin memperdalam karier di bidang ini, pasti tahu soal rekam jejak IKJ dong?

Lalu, bagaimana dengan jurusan desain grafis yang ada di sini? IKJ punya Fakultas Seni Rupa untuk mewadahi mahasiswa yang ingin mendalami seni dan desain. Fakultas ini memiliki beberapa fokus keilmuan, yakni jurusan Kriya Seni, Seni Rupa Murni, Desain Produk, Desain Interior, dan DKV.

Buat kamu yang pengin menggeluti bidang desain grafis, maka pilihannya adalah masuk ke jurusan DKV. Jurusan DKV IKJ telah memiliki akreditasi A, lho, jadi mutunya sudah pasti bagus sekali.

IKJ adalah rumah bagi para seniman dan desainer berbakat di Indonesia. Bukan cuma belajar tentang seni dan desain, kamu juga bisa menambah relasi dengan kuliah di kampus ini.

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kampus yang fokus pada kesenian bukan cuma IKJ, melainkan ada ISI Yogyakarta juga. ISI termasuk kampus dengan pembelajaran desain grafis terbaik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi di institut ini?

Tahukah kamu kalau ISI diprakarsai oleh ASRI, garda pendidikan seni rupa yang paling tua di Indonesia? IsI punya sejarah yang panjang sehingga mutu pendidikannya lebih terjamin.

Bagi yang ingin menekuni dunia desain grafis, maka dapat masuk ke jurusan DKV ISI. Jurusan ini ada di Fakultas Seni Rupa bersamaan dengan beberapa jurusan lain, seperti Desain Interior, Desain Media, dan Desain Produk.

5. Universitas Sebelas Maret

Menyusul ITB, Universitas Sebelas Maret juga salah satu kampus negeri dengan keilmuan desain terbaik di Indonesia. Akreditas jurusan desainnya sudah A, jadi kamu bisa merasa bangga saat berkuliah di sini. Cobalah untuk mendaftar ke UNS Solo untuk belajar desain grafis dengan lebih optimal.

Terdapat sejumlah program studi bidang desain yang ada di kampus negeri ini, yakni Kriya Tekstil, DKV, Seni Rupa Murni, dan Desain Interior. Mereka menawarkan kurikulum yang berorientasi pada tiga aspek, mencakup suara, gambar, dan teks.

Tips Lulus Seleksi

Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Komunikasi Visual punya tingkat persaingan yang ketat pada banyak kampus. Jurusan ini populer, khususnya di kalangan kawula muda, sehingga butuh kerja keras untuk bisa bersaing dan menjadi salah satu mahasiswa DKV.

Kira-kira, apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa lulus seleksi jurusan DKV? Kamu bisa melakukan kiat-kiat berikut ini:

1. Persiapkan Portofolio

Jurusan seni dan desain biasanya mengharuskan mahasiswa memiliki portofolio, khususnya pada SNBP di kampus-kampus negeri. Nilai rapor yang tinggi saja belum cukup untuk memenangkan persaingan, kamu juga butuh portofolio terkait sebagai bukti prestasi.

Semasa SMA, ada baiknya kamu aktif mengikuti lomba di bidang seni dan desain. Lebih bagus lagi bila kamu memenangkan lomba-lomba tersebut. Jangan lupa kumpulkan karya-karyamu dan jadikan portofolio untuk masuk ke kampus bergengsi.

2. Belajar untuk Tes dengan Optimal

Gagal masuk kampus impian lewat jalur SNBP? Jangan terlalu sedih karena kamu bisa mengikuti SNBT. Belajarlah dengan baik dan buktikan kemampuanmu melalui seleksi masuk berbasis tes.

Baca Juga : Pengertian Desain Grafis Para Ahli, Elemen dan Fungsinya

Setelah pengumuman SNBP mengatakan kamu tidak lolos, tidak perlu berlarut dalam kesedihan dan segeralah persiapkan SNBT. Pelajari setiap sub bidang dalam tes ini dan pastikan kamu bisa mencapai passing grade jurusan desain grafis di kampus incaran.

3. Jaga Kesehatan

Tetap sehat adalah salah satu kunci keberhasilan. Kehidupan kuliah menuntut untuk fokus mengerjakan berbagai macam tugas. Jangan sampai kamu kewalahan karena tidak menjaga kesehatan dan hidup serampangan.

Kamu boleh belajar dan mengumpulkan portofolio sebanyak-banyaknya, tetapi jangan lupakan soal kesehatanmu. Pasti akan terasa menyedihkan bila saat hari H tes kamu malah jatuh sakit, bukan? Jadi, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan agar masa depan yang diimpikan bisa terwujud.

Jangan lupa pula untuk berdoa agar semua usahamu dilancarkan dan keinginanmu dikabulkan. Doa juga bisa menjadi penenang atas segala kekhawatiranmu yang kamu rasakan selama menyiapkan proses seleksi ke perguruan tinggi.

MEC News

Kesimpulan

Jurusan desain grafis memberikan kesempatan kerja yang lebih besar bagi orang-orang kreatif. Bakat di bidang ini akan semakin berkembang bila diasah dengan baik oleh pengajar-pengajar terbaik dan di kampus yang mumpuni. Jika tertarik untuk masuk ke jurusan desain, maka belajarlah dengan giat!

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment