Pengertian Desain Grafis Para Ahli, Elemen dan Fungsinya

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu profesi pekerjaan yang sangat diminati kalangan anak muda. Selain mampu mengembangkan kreativitasnya secara maksimal, peluang kerja graphic designer juga sangat besar dalam berbagai bidang. Namun sebelumnya, apakah kamu sudah tahu pengertian desain grafis?

Untuk mendalami skill desain grafis secara utuh, kamu juga perlu memahami pengertian, elemen, prinsip maupun jenis karya seni visual yang ada di lingkungan sekitar. Desain grafis termasuk seni lukis yang bisa tercipta karena kombinasi beberapa elemen, sehingga perwujudannya memiliki makna tersendiri lho.

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis umumnya sering digunakan untuk membuat desain secara komunikatif atau berbasis fine art yang memiliki pesan tersendiri. Kata “Desain” bermakna merencanakan atau merancang. Lalu makna “Grafis” berarti garis, marka, atau percetakan. Bagaimana pendapat para ahli tentang desain grafis?

1. Danton Sihombing

Desain grafis merupakan kegiatan melukis berbagai elemen meliputi simbol, marka, dan uraian verbal yang divisualisasikan lewat gambar serta tipografi. Tidak hanya dalam wujud gambar, tetapi desainer juga bisa mewujudkannya menggunakan teknik ilustrasi maupun fotografi berkualitas.

Baca Juga : Apa Itu Desain Grafis ? Pengertian, Prinsip Hingga Prospek Kerja

2. Jessica Helfand

Desain grafis adalah karya seni yang menggabungkan angka, kata-kata, gambar, foto-foto, ilustrasi, dan grafik dari hasil imajinasi seorang desainer. Dalam karya desain grafis terdapat kombinasi elemen-elemen untuk menghasilkan sesuatu sangat berguna, khusus, dan subversif.

3. Michael Kroeger

Bagaimana pengertian desain grafis menurut Michael Kroeger? Desain grafis sangat berkaitan dengan komunikasi visual (Visual Communication). Komunikasi visual bisa terbentuk melalui konsep, teori, dan tema visual berupa kombinasi garis, bentuk, warna, dan penjajaran detail.

4. Blanchard

Blanchard berpendapat bahwa desain grafis tergolong karya seni yang berhubungan dengan seni rupa, industri, dan proses menghasilkan gambar visual dengan makna tertentu. Desain grafis biasanya akan terwujud secara apik, senada dengan definisi yang dijelaskan sebelumnya.

5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI versi daring menjelaskan desain grafis adalah praktik dan seni untuk menyampikan pesan secara visual dalam bentuk teks maupun gambar. Seseorang yang menciptakan desain grafis pasti memiliki daya kreativitas tinggi, imajinasi kuat, dan mampu berpikir secara terbuka (open minded).

Berdasarkan pendapat para ahli tentang pengertian desain grafis disimpulkan, desain grafis merupakan ilmu mutidisiplin yang mengombinasikan seni rupa sekaligus ilmu komunikasi. Cakupan desain grafis sangatlah luas, bisa diwujudkan dalam bentuk media cetak maupun non-cetak sesuai kebutuhannya.

Elemen Penting Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis

Bagaimana suatu karya bisa dinamakan desain grafis? Dalam desain grafis biasanya terdiri atas elemen penting yang saling berkaitan satu sama lain. Sebagai karya yang menggabungkan seni rupa dan ilmu komunikasi, desain grafis terbentuk dari elemen atau unsur penyusun berikut ini.

1. Garis

Garis terbentuk dari sekumpulan titik-titik yang bisa tersusun secara berurutan, kemudian nantinya akan membentuk pola. Biasanya langkah awal seorang desainer akan membentuk garis untuk bisa mewujudkan berbagai gambar atau objek yang diinginkan sesuai imajinasinya.

2. Warna

Pengertian warna dalam desain grafis berarti elemen yang mampu memberikan tampilan lebih estetis, kemudian membentuk ciri khas tersendiri tergantung gelap terang maupun perspektif. Nah, elemen warna biasanya dibedakan atas warna tersier, warna primer, warna sekunder, dan lainnya.

3. Bentuk

Bentuk adalah gabungan atas beberapa bidang yang akan membentuk pola atau gambar 2D mulai dari kerucut, kubus, segitiga, lingkaran, persegi, belah ketupat, dan masih banyak lagi. Biasanya elemen juga akan membentuk bangun ruang 3D yang terlihat lebih spektakuler nantinya.

4. Ruang

Ruang memang terkadang mempresentasikan bagian desain yang tampak kosong. Elemen ruang nanti bisa diisi oleh elemen lain seperti bentuk, garis, warna, dan masih banyak lagi. Dalam bidang desain grafis rancangan proyek bangunan, elemen ruang banyak digunakan pastinya.

5. Tekstur

Mengapa harus ada elemen tekstur? Sesuai unsur penyusun karya seni rupa, tekstur dalam desain grafis biasanya akan membuat objek terlihat lebih nyata. Tekstur akan membuat seseorang bisa merasakan objek, walaupun tidak pernah menyentuhnya sama sekali.

6. Tipografi

Berdasarkan pengertian desain grafis, tipografi sangat dibutuhkan untuk menonjolkan tampilan kata atau kalimat bergaya sesuai esensinya masing-masing. Jika kamu membuat desain grafis menggunakan software, biasanya membentuk tipografi memakai fitur font family.

Prodi Desain Grafis

7. Ukuran

Dalam menciptakan karya desain grafis, kamu perlu mempertimbangkan ukuran atau skalabilitas dari tiap elemen yang dibentuk. Size atau ukuran sangat diperlukan untuk memberikan penekanan visual image yang lebih bervariasi dalam gambar maupun objek tersebut.

8. Penekanan

Penekanan dalam dunia desain grafis memiliki nama lain emphasis atau dominance. Hampir sama elemen ukuran, dominance maupun emphasis bisa menimbulkan efek kontras dalam objek. Nah, dengan begitu visual image akan tampak lebih indah, enak dilihat, dan berdaya nilai tinggi.

9. Keseimbangan

Dalam pengertian desain grafis dan visual dapat disimpulkan, karya seni visual membutuhkan elemen keseimbangan (balance). Kamu akan membentuk pola simetris dan asimetris dalam objek, sehingga membuat tampilannya cenderung terlihat lebih menarik daripada karya lainnya.

10.  Keselarasan

Keselarasan (harmony) berkaitan dengan detail elemen satu sama lain yang perlu disesuaikan agar terlihat indah. Setidaknya ciptakan karya seni visual sesuai proporsinya masing-masing, tidak perlu berlebihan dan kekurangan. Cukup banyak elemen dalam desain grafis, bukan?

Jenis-Jenis Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis

Seiring berkembangnya dunia digital, terdapat beberapa jenis desain grafis yang bisa dibagi berdasarkan fungsi penggunaannya masing-masing. Bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia desain grafis, yuk pilih terlebih dahulu jenis pekerjaan sesuai passion seperti poin di bawah ini.

1. Illustration Design (Desain Ilustrasi)

Desain ilustrasi merupakan proses merancang objek atau gambar yang bisa digunakan sebagai ilustrasi pengembangan ide. Nah, biasanya desain llustrasi banyak digunakan berbagai media meliputi poster, majalah, iklan, dan media digital lainnya dalam dunia periklanan produk.

Tahukah kamu bahwa desain ilustrasi terbagi beberapa jenis? Desain ilustrasi terdiri atas ilustrasi naturalis, kartun, dekoratif, karikatur, buku pelajaran, cerita bergambar, dan khayalan. Tiap desain memiliki fungsi tersendiri, sehingga sangat berguna dalam pengambangan ilmu pengetahuan.

2. Web Design (Desain Web)

Desain web merupakan kegiatan perancangan elemen visual, tata letak website, dan interaksi antar muka untuk menciptakan produk semenarik mungkin. Biasanya dalam mendesain web, kamu harus merespon ukuran layar seperti smartphone, tablet, dekstop, dan perangkat lainnya.

3. Typography Design (Desain Tipografi)

Desain tipografi itu seperti apa sih? Graphic designer yang bertugas mendesain tipografi biasanya fokus merancang huruf-huruf agar terlihat menarik dan mudah dipahami orang lain. Tipografi tentu berkaitan dengan ukuran font, jenis font, penempatan huruf, ketebalan huruf, dan warnanya.

Baca Juga :  Perbedaan Vektor dan Bitmap, Contoh Aplikasi Pendukungnya

4. Packaging Design (Desain Kemasan)

Setelah mengetahui pengertian desain grafis, kamu harus paham bahwasannya desain kemasan menjadi salah satu jenis karya seni visual. Desain kemasan biasanya akan bergerak dalam bidang pembuatan kemasan menarik untuk menginterpretasikan identitas produk masing-masing.

Apa saja komponen penting dalam mendesain kemasan? Saat membuat desain kemasan, kamu harus mencantumkan informasi mengenai merek, nama produk, logo, intruksi penggunaan, bahan komposisi, dan nutrition fact. Kira-kira informasi apalagi yang cocok dicantumkan dalam kemasan?

5. Multimedia Design (Desain Multimedia)

Desain multimedia biasanya melibatkan berbagai elemen grafis, video, dan audio secara interaktif untuk membentuk satu karya. Desain multimedia sangat dibutuhkan dalam bidang pengembangan aplikasi mobile, penerbitan game, situs web interaktif, konten digital, presentasi, dan lain-lain.

6. Motion Design (Desain Bergerak)

Desain bergerak merupakan karya seni lukis yang biasanya menggabungkan efek visual dengan konten digital berkualitas. Elemen penting dalam desain bergerak meliputi teks, ikon, gambar, dan ilustrasi lainnya yang bisa menarik perhatian orang lain saat melihatnya.

Nantinya desain akan ditambahkan animasi berupa perubahan warna transisi, gerakan, transisi, dan efek lainnya. Biasanya dalam proses desain, graphic designer membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi agar tidak mudah lag saat pengeditan maupun penyimpanan file-nya.

Fungsi Penting Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis sebenarnya memiliki fungsi penting, tidak hanya sekedar menampilkan nilai estetika bagi orang lain yang melihatnya. Desain grafis sangat dibutuhkan dalam dunia pengembangan bisnis industri atau brand marketing dalam pasar online. Apa saja fungsi penting desain grafis?

1. Mengekspresikan Kreativitas Maupun Ide

Berdasarkan pengertian desain grafis secara umum, karya desainer mampu mengekspresikan ide maupun kreativitas sambil menyelesaikan pekerjaan sesuai permintaan klien. Sebenarnya sih harus tetap mengikuti brief atau materi klien, namun tetap membutuhkan kreativitas bukan?

Para graphic designer biasanya akan dituntut memiliki daya imajinasi tinggi, sehingga mampu menciptakan karya desain out of the box sesuai harapan klien. Jika kamu sudah memiliki jam terbang tinggi, ide maupun kreativitas akan semakin terasah cepat nantinya lho.

2. Bisa Menyampaikan Informasi Secara Visual

Bisa dikatakan menciptakan karya desain grafis tidaklah mudah, kamu perlu mempertimbangkan elemen visual sesuai style yang diinginkan klien. Tidak hanya menggambar objek secara menarik, namun pastikan karya seni memiliki makna tersirat yang bisa dipahami oleh orang lain.

Misal membuat desain grafis untuk kebutuhan brand produk, kamu harus memunculkan gaya font, warna, karakter, dan penekanan meyakinkan. Intinya para desainer harus mengusahakan agar elemen desain grafis bisa membantu untuk memperkuat identitas merek yang akan dipasarkan.

3. Meningkatkan Penjualan Produk

Graphic Designer yang berhasil menggabungkan berbagai elemen desain grafis mulai dari garis, warna, tekstur maupun tipografi akan berhasil menciptakan karya visual mahal. Desain grafis bisa terlihat menarik, senada, dan mudah menarik perhatian audiens atau calon konsumen produk.

Sesuai pengertian desain grafis, karya seni visual harus mampu menarik target audiens yang diinginkan klien. Pastikan calon konsumen termotivasi berinteraksi bersama produk yang sudah di-branding, kemudian berminat melakukan pembelian sebanyak-banyaknya.

4. Membantu Meningkatkan Citra Maupun Identitas

Desain grafis memang banyak berkaitan dengan pencitraan merek maupun branding produk yang akan dipasarkan secara online atau offline. Setiap merek harus memiliki identitas kuat, sehingga sangat membutuhkan peran desain grafis untuk mendefinisikannya sesuai kebutuhan pengguna.

Tidak dapat dipungkiri, desain grafis bisa membantu meningkatkan branding sebuah merek. Cara meningkatkan citra maupun identitas produk bisa dilakukan dengan mendesain kemasan dengan gaya bahasa menarik, mencantumkan logo merek, menambah tone warna font, dan lainnya.

Dalam bidang lainnya, desain grafis memiliki peran penting mengembangkan arsitektur maupun properti sesuai kebutuhan proyek. Desain memudahkan arsitek dalam menyampaikan konsep atau ide lebih jelas, kemudian membuat pemasaran proyek terus berkembang pesat kedepannya.

Baca Juga : 12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Fitur Lengkap Mudah Digunakan!

Kesimpulan

Secara garis besar pengertian desain grafis adalah ilmu mutidisiplin yang mengombinasikan seni rupa dengan ilmu komunikasi. Desain grafis memiliki beberapa jenis diantaranya desain web, desain tipografi, desain kemasan, desain bergerak, dan desain ilustrasi yang lebih menarik serta terlihat dekoratif.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment