12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Fitur Lengkap Mudah Digunakan!

Aplikasi Desain Grafis

Menjadi graphic designer di era digital saat ini menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan lho. Pasalnya, menekuni dunia desain grafis bisa dilakukan dengan bergabung bersama perusahaan atau memilih usaha mandiri. Kamu bisa coba membuat karya seni visual menggunakan aplikasi desain grafis terbaik.

Dengan menggunakan aplikasi desain profesional, graphic designer akan lebih mudah dalam mengolah gambar atau foto secara apik. Aplikasi semacam Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw, dan Adobe inDesign memiliki fitur lengkap yang bisa meringankan pekerjaan dalam bidang desain grafis.

12 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Mudah Digunakan

Mayoritas bisnis mulai UMKM, Start-Up, perusahaan multinasional, dan pabrik industri sekalipun sangat membutuhkan peran seorang graphic designer. Untuk kebutuhan membuat banner, packaging, konsep rancangan bangunan, konten media sosial, dan lainnya bisa menggunakan aplikasi desain terbaik kali ini.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Desain Grafis

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi desain terbaik yang seringkali digunakan oleh kalangan profesional. Melansir informasi dari halaman resmi “Adobe”, sudah ada 90% kalangan kreatif profesional menggunakan aplikasi Photoshop untuk membuat karya seni visual luar biasa.

Adobe Photoshop termasuk perangkat lunak berbasis bitmap, sehingga fiturnya bersifat fungsional untuk membuat gambar atau foto berkualitas tinggi. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit foto, namun Photoshop memiliki fitur desain grafis lengkap yang sangat memudahkan pengguna.

Baca Juga : Perbedaan Vektor dan Bitmap, Contoh Aplikasi Pendukungnya

Kamu bisa menggunakan Photoshop untuk memberikan ulang warna objek, menghapus objek, dan melakukan remix secara sempurna. Selain support berbagai jenis perangkat, aplikasi Adobe Photoshop juga menawarkan biaya berlangganan terjangkau mulai Rp190.000,- per tahunnya.

2. Adobe Ilustrator (Ai)

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi desain grafis yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain logo produk adalah Adobe Ilustrator (Ai). Hanya dengan menggunakan Ai, kamu bisa membuat berbagai karya seperti poster, logo, desain vektor, mockup layout website, tipografi,ikon, ilustrasi, dan editing foto berkualitas.

Banyak kalangan profesional menyukai hasil desain vektor Ai karena memang kualitas gambarnya tidak pecah walaupun dilakukan editing secara detail. Tidak hanya diperuntukkan kalangan graphic designer profesional, namun Ai juga menyediakan template grafis bagi para desainer pemula.

Berminat menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator? Kamu bisa mengaksesnya menggunakan Mac, iPad, dan Windows kompatibel. Untuk bisa menggunakan semua fitur Ai secara legal, kamu coba membayar biaya berlangganan terlebih dahulu sekitar Rp395.000,- per tahunnya.

3. Corel Draw

Aplikasi Desain Grafis

Siapa sih yang tidak tahu dengan aplikasi Corel Draw? Aplikasi desain satu ini tidak hanya dapat diakses kalangan profesional, namun fiturnya masih cocok digunakan para pemula. Aplikasi Corel Draw lebih unggul dalam membuat karya visual seperti undangan digital, poster, banner serta logo.

Ingin mengolah gambar berbasis vektor? Tenang saja, kamu bisa menggunakan Corel Draw untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Fungsi utama Corel Draw memang mampu membuat gambar berbasis vektor menggunakan fitur unggulan berupa effect dan selection yang fungsional.

Cara mengoperasikan aplikasi Corel Draw sangatlah mudah, para pengguna bisa mengakses fitur secara gratis selama 7 hari. Untuk mengakses fitur Corel Draw lebih banyak lagi, kamu bisa coba berlangganan aplikasi dengan biaya mulai Rp89.000 per bulannya. Cukup terjangkau, bukan?

4. Adobe inDesign

Aplikasi Desain Grafis

Sepertinya memang perusahaan “Adobe” paling banyak menyediakan perangkat lunak (software) pengolah gambar berkualitas. Selain Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator, para desainer juga bisa menggunakan Adobe Design untuk menciptakan karya seni visual paling aesthetic se-dunia.

Aplikasi yang digunakan untuk desain grafis kali ini mampu mendesain layout koran, tabloid, dan majalah agar kelihatan enak dipandang. Selain cocok mendesain layout media cetak, kamu bisa menggunakan fitur Adobe inDesign untuk menciptakan gambar blur maupun objek transparan.

Setelah selesai melakukan editing desain grafis, para pengguna Adobe inDesign bisa melakukan import data berbagai format mulai .pdf,.doc,.JPG, dan .psd beresolusi tinggi. Sejauh ini aplikasi Adobe inDesign cukup kompatibel digunakan berbagai perangkat seperti iPad maupun Windows.

5. Canva

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi Canva beberapa waktu lalu pernah menjadi trending topik di kalangan graphic designer karena pilihan fiturnya yang mengalami peningkatan drastis. Canva sangat mudah digunakan para pemula dibandingkan aplikasi desain grafis lainnya. Bagaimana kelebihan Canva?

Pada umumnya Canva banyak digunakan untuk pembuatan CV, konten media sosial, logo produk, banner, poster, bussiner card, menu, infografis, Instagram story, presentasi, dan lainnya. Diantara aplikasi desain lainnya, Canva mampu menyediakan ribuan template yang mudah digunakan.

Aplikasi Canva bisa diakses melalui PC, smartphone, iPad, dan perangkat lainnya. Apakah aplikasi berbayar? Aplikasi desain satu ini banyak menyediakan template gratis bagi pemula. Bagi kamu yang ingin mengakses semua fitur premium Canva, bisa memilih paket berlangganan lebih dulu.

6. Inkscape

Aplikasi Desain Grafis

Tidak semua aplikasi desain berbayar kok, salah satunya Inkscape yang menawarkan berbagai fitur gratis bagi semua pengguna. Sudah pernah menggunakan Inkscape sebelumnya? Inkscape termasuk aplikasi desain berbasis vektor yang bisa support perangkat Mac, Linux, dan Windows.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Inkscape untuk membuat ilustrasi, logo serta karya seni berbasis vektor secara cepat dan mudah. Jika masih bingung membuat desain grafis, pengguna bisa coba berbagai tutorial menggunakan fitur Inkscape mulai dari tingkat dasar sampai tips lengkapnya.

Baca Juga : Apa Itu Desain Grafis ? Pengertian, Prinsip Hingga Prospek Kerja

Inkscape sangat cocok digunakan para pemula yang ingin menekuni bidang desain grafis. Kamu bisa menggunakannya untuk menggambar sketsa objek mulai dari awal, kemudian tambahkan sentuhan warna agar terlihat lebih menarik. Bagaimana sangat mudah menggunakannya, bukan?

7. Sketch

Aplikasi Desain Grafis

Berbeda dengan aplikasi desain grafis lainnya, Sketch merupakan software gratis yang hanya bisa digunakan melalui MacOS. Biasanya aplikasi Sketch banyak digunakan untuk merancang desain digital secara cepat menggunakan fitur mudah yang sudah disediakan didalamnya.

Apa kelebihan yang dimiliki aplikasi Sketch? Sketch secara khusus memang diciptakan untuk membuat proyek prototipe. Kamu bisa coba berkolaborasi bersama desainer lain selama proses perancangan dilakukan, sehingga membuat pekerjaan selesai sesuai perencanaan bersama.

Menariknya lagi, Sketch memiliki fitur tata letak cerdas yang bisa merubah ukuran otomatis sesuai keinginan desainer. Jika ingin menggunakan fitur premium Sketch, kamu bisa membayar biaya berlangganan tiap bulannya yang terdiri atas beberapa pilihan paket berbeda-beda.

8. Xara Designer Pro X

Aplikasi Desain Grafis

Gemar membuat desain vektor atau bitmap? Xara Designer Pro X sangat cocok digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sejak awal diluncurkan, aplikasi grafis memang diperuntukkan bagi proyek keperluan berat yang membutuhkan waktu lama dalam perancangannya sendiri.

Xara Designer Pro X bisa digunakan untuk membuat karya desain grafis, pengeditan foto terbaik, ilustrasi, penerbitan dekstop, dan keperluan berat lainnya. Fitur fungsional yang disediakan Xara Designer Pro X belum tentu bisa ditemukan dari aplikasi edit desain grafis sebelumnya lho.

Aplikasi grafis satu ini telah menyediakan ribuan tata letak template terbaik, satu juta foto arsip, dan elemen desain berkualitas tinggi. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mulai melakukan rancangan hingga pewarnaan objek selesai dilakukan sesuai konsep yang diinginkan nantinya.

9. Gravit Designer

Aplikasi Desain Grafis

Pilihan software desain grafis lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Gravit Designer. Program desain berbasis vektor satu ini bisa digunakan secara gratis tanpa berlangganan premium. Meski begitu, banyak sekali pilihan fitur fungsional yang bisa diakses penggunanya secara mudah.

Dengan menggunakan aplikasi desain grafis, pengguna bisa membuat animasi film sampai edit foto sesuai background yang diinginkan. Beberapa waktu lalu, Gravit Designer mengeluarkan fitur baru untuk membuat logo produk sekaligus merancang konsep ilustrasi berkualitas terbaik.

Saat membuat desain grafis menggunakan aplikasi Gravit Designer, pastikan perangkatmu selalu terhubung internet. Aplikasi tidak menyediakan versi offline dalam paket gratisnya, sehingga kamu bisa memanfaatkan koneksi internet stabil saat mulai mengedit menggunakan fitur tersedia.

Khusus pengguna yang ingin mengakses Gravit Designer offline, bisa melakukan pembelian lebih dulu dengan harga sekitar Rp715.000,- per tahunnya. Kamu bisa mengakses semua fitur Gravit Designer walaupun tidak memiliki koneksi internet stabil. Jadi mau gratis apa beli aja nih?

Prodi Desain Grafis

10. Vectr

Vectr tergolong aplikasi desain yang memiliki collaborative tools sangat baik dibandingkan aplikasi lainnya. Dengan adanya tools partner memadai, kamu bisa menyelesaikan desain bersama rekan kerja lainnya sambil berdiskusi menggunakan kolom komentar maupun suara langsung.

Apa kelebihan yang dimiliki Vectr? Walaupun aplikasi desain bisa diakses secara gratis, namun pengguna bisa menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai proyek berat. Aplikasi memuat fitur menarik mulai dari filter, font, shadow, vector, dan lainnya yang memiliki tingkatan cukup baik.

Baca Juga : Fotografi Adalah: Pahami Panduan Lengkap untuk Dunia Fotografi

Ingin mencoba menggunakan aplikasi Vetcr? Software berbasis cross-platform yang bisa diakses mudah melalui browser internet maupun aplikasinya. Untuk mendapatkan aplikasi legalnya, kamu bisa mendownloadnya melalui platform Google PlayStore Android maupun AppStore iOS.

11. Affinity Designer

Aplikasi desain grafis bisa dikatakan bagian dari Adobe Ilustrator karena dapat digunakan untuk membuat ikon, logo, mockup, desain UI, dan lainnya. Walaupun bagian dari Ai, namun ada sedikit perbedaan yang dimiliki kedua perangkat lunak khususnya dari segi penggunaan vektor objeknya.

Kalau Ai berbasis vektor, sedangkan Affinity Designer bisa beralih dari vektor ke bitmap maupun sebaliknya sesuai keinginan pengguna. Sebenarnya penggunaan fitur Affinity Designer sangatlah mudah, apalagi bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi desain program “Adobe”.

Berminat mencoba aplikasi desain? Berdasarkan informasi terakhirnya, harga beli aplikasi Affinity Designer dimulai dari harga Rp787.000,- khusus Windows dan Mac. Jika ingin mengakses lewat iPad, Affinity Designer menawarkan harga berlangganan mulai Rp314.000,- per tahunnya.

12. GIMP

GIMP memiliki kepanjangan GNU Image Manipulation Program. Aplikasi desain kali ini dilengkapi fitur untuk mengubah posisi gambar, retouching foto, dan membuat desain baru lebih mudah. Nah, GIMP sepertinya lebih cocok digunakan di Linux, OS X, dan Windows kompatibel keluaran terbaru.

Untuk memberi kemudahan para penggunanya, GIMP menyediakan tutorial penggunaan aplikasi mulai dari awal sampai akses fitur didalamnya. GIMP banyak menjelaskan fungsi fitur masing-masing sesuai kegunaan, sehingga kamu tidak kebingungan saat pertama kali mengaksesnya.

GIMP ternyata juga menyediakan fitur lengkap editing foto lho. Bahkan ada halaman khusus yang menjelaskan mengenai penggunaan parametric brush. Gunakan aplikasi GIMP untuk membuat banner, logo produk, konsep interior bangunan, menggambar ilustrasi, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Untuk memudahkan pekerjaan dalam bidang menciptakan karya seni visual, gunakan bantuan aplikasi desain grafis yang bisa diakses secara gratis maupun berlangganan premium. Beberapa rekomendasi aplikasinya meliputi Adobe Photoshop, Ilustrator, inDesign, Sketch, GIMP, dan masih banyak lagi.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

 

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment