Bahas Lengkap Logotype: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya!

Pengertian Logotype

Disini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian logotype dan beberapa jenis logo lainnya. Tahukah kamu jika ada beberapa jenis logo? Banyak orang yang belum mengetahuinya padahal dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menjumpai berbagai jenis logo.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap mengenai logo termasuk logotype, kamu bisa menyimak artikel ini hingga selesai. Karena disini akan dibahas lengkap mengenai pengertian, manfaat, hingga fungsinya.

Pengertian Logotype

Pengertian Logotype

Logotype merupakan salah satu jenis dari logo. Logotype adalah sebuah logo yang didalamnya berisikan nama dari lembaga atau merek atau perusahaan tersebut. Pembuatan logotype berfokus pada pengelolaan huruf atau teks.

Biasanya desain logotype hanya menggunakan satu hingga dua warna saja. Warna yang dipilih juga harus bisa mencerminkan atau mensimbolkan lembaga atau merek atau perusahaan yang menggunakan logotype tersebut.

Baca Juga : Berikut Penjelasan Lengkap Mengenai Font, Jenis Font & Fungsi

Salah satu kelebihan menggunakan logotype adalah akan lebih mudah diingat oleh audience karena teks yang ada mewakili sebuah merek atau perusahaan. Beberapa merek terkenal yang menggunakan logotype logo adalah Google, Walt Disney, Canon, Nokia, Samsung, Dell, dan lain sebagainya.

Jenis Logo Lainnya

Pengertian Logotype

Seperti yang sudah dibahas di atas, logotype merupakan salah satu jenis dari logo. Logo sendiri merupakan sebuah gambaran atau identitas visual terhadap sebuah entitas dengan karakteristik tertentu. Biasanya logo disusun dengan bentuk, filosofi, dan warna yang mewakili entitas tersebut.

Selain logotype, ada dua jenis logo yang lainnya. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Logomark

Jenis yang pertama adalah logomark. Logomark merupakan jenis logo yang berbentuk visual, gambar atau simbol yang tidak menyertakan teks atau nama dari lembaga atau merek atau perusahaan tersebut.

Salah satu kelebihan menggunakan logomark adalah logo bisa dibentuk atau didesain dengan lebih menarik dan kreatif jika dibandingkan dengan logotype. Namun, pastikan dalam membuat logomark masih sesuai dengan identitas lembaga atau merek atau perusahaan tersebut.

Beberapa merek atau perusahaan yang menggunakan logo jenis logomark adalah Apple, Starbucks, Twitter, dan lain sebagainya. Jadi, logomark membuat orang mengingat nama perusahaan atau merek hanya dengan melihat gambar atau ikon logonya saja.

2. Logogram

Setelah mengetahui pengertian logotype dan logomark, saatnya membahas mengenai logogram. Logogram merupakan jenis logo yang menggunakan simbol bergambar atau tertulis untuk mewakili sebuah kata dalam logo. Banyak orang yang menyangka bahwa logomark dan logogram adalah sama.

Namun, perbedaan paling utama diantara keduanya adalah logogram memiliki bentuk yang lebih minimalis dan unik namun tetap bisa mewakili sebuah nama dalam bentuk teks dari sebuah merek, perusahaan atau lembaga. Contoh merek yang menggunakan logo jenis logogram adalah Mcdonalds.

Kriteria dalam Membuat Logo

Pengertian Logotype

Setelah membahas lengkap mengenai pengertian logotype dan logo types lainnya. Saatnya membahas mengenai apa saja kriteria yang wajib ada ketika kamu akan membuat sebuah logo baik untuk perusahaan, merek atau lembaga. Berikut kriteria yang wajib dimiliki dalam membuat logo.

1. Mudah Diingat

Kriteria yang pertama yang wajib ada adalah logo mudah diingat. Logo yang dibuat wajib untuk mudah diingat oleh audience. Kriteria ini menjadi hal penting ketika pembuatan logo untuk sebuah merek atau perusahaan. Karena akan sangat berpengaruh dengan peningkatan penjualan dan pengenalan brand.

2. Unik

Unik menjadi salah satu kriteria yang wajib ada jika kamu membuat sebuah logo. Pasalnya, logo merupakan identitas atau ciri khas dari sebuah merek, perusahaan atau lembaga. Terutama jika kamu membuat logo untuk sebuah brand atau merek.

Logo harus terlihat unik dan berbeda dengan pesaing sehingga customer akan lebih mudah membedakan antara brand milikmu dan brand pesaing. Selain itu, jika logo mirip dengan brand pesaing, maka akan tampak tidak profesional dan tidak ada inovasi sehingga membuat customer bingung.

Prodi Desain Grafis

3. Sederhana

Kriteria sederhana menjadi kriteria yang harus melekat pada semua logo yang dibuat. Logo merupakan identitas yang mewakili sebuah entitas. Sehingga, kesederhanaan logo membuat orang lebih mudah mengingat logo tersebut dan lama kelamaan mengingat brand atau merek dari logo tersebut.

4. Dibuat Sesuai dengan Sasaran Pasar

Sebuah brand atau merek pasti memiliki sasaran pasar yang dituju. Untuk menarik perhatian dan keinginan membeli, sebaiknya buatlah logo yang sesuai dengan sasaran pasar. Selain itu, logo juga harus menggambarkan produk apa yang dijual sehingga calon customer lebih mudah mengidentifikasi.

5. Timeless

Kriteria yang terakhir adalah pastikan logo yang kamu buat adalah timeless atau bisa digunakan hingga kapan saja dan tidak ketinggalan zaman. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan logo tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Dalam dunia bisnis, logo yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama atau timeless akan sangat berguna karena membuat customer sangat familiar dengan logo tersebut. Jika logo berganti, maka akan membuat customer selalu beradaptasi dengan logo baru dan itu akan memakan waktu.

Logotype adalah salah satu pilihan tepat yang bisa kamu gunakan jika ingin mencakup semua kriteria karena logo yang dibuat berisikan teks atau brand yang kamu pasarkan. Dengan demikian, orang akan lebih mudah mengingat dan familiar dengan logo dan brand tersebut.

Fungsi Logo

Pengertian Logotype

Setelah membahas mengenai pengertian logotype dan logo lainnya, kamu juga perlu mengetahui mengenai fungsi utama dari pembuatan sebuah logo terutama untuk merek atau perusahaan. Berikut beberapa fungsi utama dari sebuah logo.

1. Sebagai Branding

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, logo merupakan sebuah identitas atau suatu entitas dan disebarkan atau diberitahukan kepada masyarakat luas. Sehingga, logo menjadi bahan branding sebuah merek, perusahaan atau lembaga agar orang mudah mengenal entitas tersebut.

2. Sebagai Sarana Memberikan Motivasi

Selain digunakan sebagai branding, logo juga bisa berfungsi sebagai sarana memberikan motivasi. Contohnya merek sabun atau shampoo membuat sebuah logo dengan tujuan memberikan motivasi untuk hidup bersih dan sehat.

Baca  Juga : Rahasia Pemilihan Warna yang Bikin Desain Grafismu Wow!

3. Sebagai Pengendalian Informasi yang Diterima Customer

Fungsi selanjutnya dari sebuah logo adalah untuk memberikan pengendalian informasi kepada customer terkait brand atau merek dari logo tersebut. Sehingga citra perusahaan atau merek bisa tetap terjaga. Logo yang paling cocok dengan fungsi ini adalah logotype.

Manfaat Menggunakan Logo

Pengertian Logotype

Setelah membahas mengenai pengertian logotype yakni salah satu jenis dari logo. Kamu perlu mengetahui mengenai manfaat dari menggunakan logo. Berikut beberapa manfaat jika kamu menggunakan logo untuk identitas sebuah merek, perusahaan atau lembaga.

1. Memudahkan Masyarakat Mengenali Entitas

Manfaat pertama dari menggunakan logo bagi suatu entitas baik perusahaan, merek, atau lembaga adalah mempermudah masyarakat untuk mengenali entitas tersebut. Manfaat ini akan sangat dirasakan terutama bagi sebuah merek atau brand.

Dengan menggunakan logo, sebuah merek atau brand bisa dengan mudah dikenali oleh masyarakat. Sehingga ketika melihat logo tersebut masyarakat akan mengingat merek atau brand tersebut secara otomatis. Dalam jangka waktu lama tentunya akan semakin meningkatkan penjualan.

2. Menjadi Alat Komunikasi yang Efektif

Salah satu tujuan dibuatnya logo adalah menyampaikan pesan dari sebuah brand atau merek kepada masyarakat. Sehingga, salah satu manfaat menggunakan logo untuk sebuah brand atau merek adalah sebagai alat komunikasi yang efektif antara brand atau merek dengan masyarakat sebagai pasarnya.

Melalui desain visual yang terbentuk dari pemilihan simbol, font, dan warna bisa menjadi sarana komunikasi yang baik. Karena secara psikologis, sebuah font, simbol dan warna memiliki maknanya sendiri dari segi psikologis sehingga bisa menjadi alat komunikasi dengan masyarakat.

3. Memperkuat Pondasi untuk Masuk ke Dunia Online

Setelah membahas mengenai pengertian logotype, kamu perlu mengetahui bahwa menggunakan logo akan bermanfaat ketika merek, perusahaan atau lembaga akan masuk ke dunia online. Logo akan menjadi sebuah pondasi utama ketika sebuah entitas akan masuk ke dunia online.

Terutama bagi sebuah brand atau merek, pasar online merupakan pasar yang sangat luas. Untuk menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas di pasar online, logo yang unik dan menarik akan membuat brand atau merek menarik keinginan customer untuk membeli produk tersebut.

4. Menggambarkan Loyalitas

Ketika sebuah logo merek, perusahaan atau lembaga merupakan logo yang timeless dan digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang, maka akan bermanfaat untuk menggambarkan loyalitas dari sebuah merek, perusahaan atau lembaga.

Loyalitas brand yang tergambar dari sebuah logo menjadi aspek yang sangat penting bagi masyarakat. Logo yang timeless sehingga menggambarkan loyalitas sebuah brand atau merek akan berpengaruh pada kesetiaan customer pada suatu merek atau brand dalam jangka panjang.

Dengan demikian, akan terbangun loyalitas customer juga kepada sebuah brand atau merek. Artinya, customer akan kembali membeli produk jika dibutuhkan bahkan bisa merekomendasikan produk brand tersebut kepada orang-orang terdekat.

5. Menciptakan Perbedaan Brand

Dalam bidang bisnis atau manajemen bisnis, sebuah logo memiliki manfaat salah satunya yakni untuk menciptakan perbedaan dari brand atau merek yang lain. Saat ini persaingan pasar sangat ketat, sudah banyak bisnis yang sejenis bermunculan.

Dengan logo yang menarik dan unik sebagaimana pengertian logotype yang membawa identitas brand dalam sebuah logo teks, akan membantu brand lebih menonjol dibandingkan dengan para kompetitor. Logo yang menarik dan unik maka akan menarik perhatian konsumen untuk membeli.

6. Mendukung Strategi Pemasaran

Manfaat selanjutnya dari menggunakan sebuah logo adalah untuk mendukung strategi pemasaran. Dalam pemasaran sebuah brand atau merek, terdapat beberapa aspek yang berpengaruh salah satunya adalah logo.

Dengan logo yang dibuat secara sederhana dan unik, maka akan membantu proses pemasaran. Orang akan dengan mudah mengingat brand atau merek tersebut dan produk atau jasa apa yang ditawarkan. Sehingga logo berperan penting dalam hal pemasaran sebuah brand atau merek.

7. Sebagai Kesan Pertama

Manfaat yang terakhir adalah memberikan kesan pertama dari sebuah merek, perusahaan atau lembaga kepada masyarakat luas. Kesan pertama menjadi sangat penting baik untuk loyalitas sampai marketing sebuah entitas.

Baca Juga : 10 Tips Belajar Mengetik 10 Jari Paling Ampuh dan Super Cepat

Dengan kesan pertama yang baik, maka masyarakat akan percaya kepada lembaga atau brand tersebut. Dengan demikian, ketika masyarakat membutuhkan produk atau jasa atau bantuan yang ditawarkan, mereka akan langsung mengingat keberadaan entitas tersebut.

Kesimpulan

Pengertian Logotype

Berikut pembahasan lengkap mengenai pengertian logotype dan pembahasan lainnya mengenai logo. Penggunaan logo sangat identik dengan branding atau menggambarkan identitas sebuah entitas. Sehingga, membuat logo yang unik, sederhana, dan mudah diingat menjadi kunci penting.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment