10 Tips Belajar Mengetik 10 Jari Paling Ampuh dan Super Cepat

Memasuki era modern saat ini, para karyawan dituntut untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu cepat. Nah, kemampuan mengetik 10 jari menjadi skill yang sangat dipertimbangkan perusahaan. Ingin belajar mengetik 10 jari? Ada beberapa teknik ampuh menggunakan keyboard komputer secara efisien.

Pada dasarnya mengetik di komputer perlu dilakukan secara teliti, namun tuntutan pekerjaan juga akan mewajibkanmu untuk bisa mengetik ‘super cepat’. Latihan mengetik sambil memperhatikan posisi jari kali ini bisa membantumu meningkatkan kecepatan mengetik, sekaligus menurunkan tingkat kesalahan lho.

Metode Belajar Mengetik 10 Jari Super Cepat dan Tepat

Jika kamu ingin mulai mengetik dengan kecepatan super, maka sebelumnya perlu mempelajari metode dan dasar menggunakan keyboard 10 jari tangan. Memang awal cukup sulit dilakukan, namun kebiasaan latihan rutin bisa membuatmu andal dalam menyelesaikan pekerjaan berbasis komputer.

1.  Pastikan Tidak Ada yang Menghalangi Pandangan

Sebelum belajar mengetik cepat menggunakan10 jari, sebaiknya pastikan tidak ada yang membuat pandangan langsung ke layar laptop kabur. Tidak hanya itu, benda di sekitar meja komputer juga disingkirkan terlebih dahulu agar terbebas dari gangguan internal maupun eksternal saat mengetik.

Baca Juga : Mengenal Jurusan Manajemen Perkantoran dan Prospek Kerja

Belajar fokus mengikuti metode latihan mengetik 10 jari tanpa menghiraukan gangguan apapun yang ada di sekitar. Apalagi dalam lingkungan kantor terkadang banyak rekan yang berbicara berisik, oleh sebab itu kamu harus terbiasa beradaptasi mengetik dalam keadaan fokus.

2.  Pastikan Posisi Jari Dalam Posisi Tepat

Bagaimana belajar mengetik 10 jari untuk pemula? Sebelum mempelajari metode lainnya, kamu harus memastikan posisi jari sudah dalam kondisi tepat. Memang bisa disesuaikan kenyamanan masing-masing, tetapi banyak akuntan yang memilih posisi 10 jari seperti berikut ini.

Jari tengah kiri diletakkan keyboard huruf D
Jari telunjuk kiri diletakkan keyboard huruf F
Jari kelingking kiri diletakkan keyboard huruf A
Jari manis kiri diletakkan keyboard huruf S

 

Keterangan sebelumnya khusus memposisikan tata letak jari tangan kiri, kemudian jari tangan kanan bisa diletakkan pada posisi berbeda. Tujuannya agar 10 jari tangan bisa menjangkau semua bagian keyboard, sehingga pekerjaan mengetik mampu diselesaikan dalam waktu cepat.

Jari tengah kanan diletakkan keyboard huruf K
Jari telunjuk kanan diletakkan keyboard huruf J
Jari kelingking kanan diletakkan keyboard huruf ‘karakter’
Jari manis kanan diletakkan keyboard huruf L

 

Lalu bagaimana posisi jempol tangan? Jempol tangan bisa diletakkan pada tombol spasi. Bagian jempol kiri maupun jempol kanan sangat efektif sebagai kontrol. Walaupun awalnya terlihat sulit, namun lama-lama kamu bisa terbiasa menggunakan posisi jari tangan seperti keterangan di atas.

3.  Banyak Pelajari Tombol Pintasan

Saat belajar mengetik 10 jari di laptop atau komputer, kamu harus memiliki bekal pengetahuan atau teori yang memadai. Seperti banyak diketahui, windows memiliki tombol tertentu yang bisa digunakan sebagai jalan pintas mengetik, tidak ada salahnya mempelajari semua tombol pintasan.

 

Jenis Tombol Pintasan yang Sering Digunakan Fungsi
Ctrl + C Salin
Ctrl + X Potong
Ctrl + Z Batalkan
Ctrl + V Tempel
Ctrl + F Pencarian Kata
Alt + Tab Berpindah ke jendela berikutnya
Ctrl + S Simpan
Ctrl + A Sorot semuanya
Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri Sorot kata sebelahnya
Shift + Panah Kanan atau Kiri Menyorot huruf di sebelahnya
Alt + Shift + Tab Berpindah ke jendela sebelumnya
Beranda Menuju baris awal
Akhir Sampai akhir baris
Page Down Gulir ke bawah
Page Up Gulir ke atas
Alt + F4 Menutup jendela yang sedang dibuka

 

Selain memanfaatkan tombol pintasan keyboard, kamu juga bisa memakai shortcut saat sedang melakukan browsing pada mesin search engine. Belum tahu shortcut yang praktis digunakan? Nih, beberapa daftar shortcut yang membuat pekerjaan bisa selesai dalam waktu lebih cepat.

Daftar Shortcut Fungsi
Ctrl + Shift + Tab Berpindah ke tab (halaman) sebelumnya
Ctrl + Tab Berpindah ke tab (halaman) berikutnya
Ctrl + W Menutup halaman yang sedang dibuka
Ctrl + T Bisa membuka halaman (tab) baru
Ctrl + N Bisa digunakan untuk membuka browser baru
Ctrl + R Refresh halaman
Shift + Backspace Maju ke tab baru
Backspace Kembali ke halaman (tab) sebelumnya

 

Jika kamu mampu mengingat bahkan menghafal daftar tombol pintasan serta shortcut komputer, dijamin mengetik 10 jari lebih mudah dilakukan. Sepertinya tanpa menggunakan mouse sekalipun, pekerjaan bisa selesai dalam waktu cepat dan tuntas dengan kesalahan pengetikan yang minim.

Administrasi Perkantoran

4.  Biasakan Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Untuk mempelajari metode belajar mengetik 10 jari dengan cepat, kamu harus terbiasa mengetik tanpa melihat keyboard. Fokus memperhatikan tampilan layar depan, posisikan jari tangan secara tepat, dan jangan takut melakukan kesalahan mengetik walaupun tanpa melihat tombol huruf.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Konsep Manajemen Perkantoran

Mungkin awalnya akan sering melakukan kesalahan, namun seiring berjalannya waktu akan mulai terbiasa mengetik tanpa memperhatikan tombol keyboard. Selain fokus layar depan laptop, kamu juga harus duduk posisi tegak sambil mengatur posisi kepala berjarak 45-75 cm dari layarnya.

5.  Tidak Harus Cepat, Namun Belajar Mengetik Tepat

Apa tujuanmu mempelajari metode mengetik 10 jari? Pasti kebanyakan orang ingin mengetik 10 jari dalam waktu lebih cepat. Sebenarnya tidak salah, namun sebaiknya jangan terlalu terpengaruh dengan pikiran impulsif karena akan membuat hasil pekerjaanmu kurang optimal nantinya.

Mulai sekarang belajar mengetik 10 jari secara tepat dengan meningkatkan fokus menghadap ke depan layar. Tidak harus secepat kilat, namun usahakan mengetik tepat sesuai aturan agar semua pekerjaan bisa selesai maksimal tanpa harus memperbaikinya kembali bagian yang keliru.

6.  Mengetik Sambil Menjaga Ritme

Ritme berkaitan langsung dengan tempo saat mengetik pada keyboard komputer. Namun, banyak yang belum tahu menjaga ritme saat mengetik sangatlah penting untuk mengurangi kesalahan. Hal ini sudah banyak dibuktikan, oleh sebab itu biasakanlah mulai mengetik menggunakan ritme tepat.

Dengan menggunakan ritme, bisa mengurangi kesalahan saat menyelesaikan pekerjaan memakai komputer. Mengetik menggunakan ritme juga mempengaruhi kecepatan ketikanmu, sehingga pekerjaan input data maupun membuat laporan bisa selesai sesuai deadline yang diberikan.

7.  Ucapkan Huruf Sambil Mengetik

Memang terdengar konyol, namun teknik mengetik 10 jari kali ini bisa membuatmu lebih mudah konsentrasi dalam belajar. Saat mempelajari huruf baru, otak harus membuat hubungan sinkron antara gerakan dan huruf. Apakah masih bingung cara memulai latihan seperti ini?

Kamu bisa mengucapkan huruf secara keras sambil mulai mengetik, sehingga tidak hanya bisa melihat huruf secara visual depan layar, tetapi juga bisa memahaminya lewat pendengaran. Teknik satu ini memang aneh, namun ternyata bisa memberikan dampak pembelajaran lebih signifikan.

8.  Rutin Latihan 3 Kali Seminggu

Jika belajar mengetik 10 jari dengan cepat hanya kamu lakukan sekali, tentu dampaknya tidak akan langsung dirasakan. Tidak ada keahlian yang sifatnya instan, oleh sebab itu usahakan untuk melakukan latihan mengetik 10 jari setidaknya 3 kali dalam seminggu sebagai rutinitas.

Perlu banyak waktu untuk menyesuaikan tata letak tombol serta kecepatan dalam mengetik 10 jari. Apalagi teknik belajar mengetik menggunakan 10 jari bisa dilakukan dengan belajar mandiri, sehingga koreksi kesalahan bisa dilakukan sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.

MEC News

9.  Memperhatikan Postur Tubuh

Saat mempelajari berbagai teknik mengetik 10 jari, tidak hanya tangan dan layar laptop yang perlu diperhatikan. Kamu juga harus memastikan bahwa posisi postur tubuh sudah dalam keadaan baik, sehingga mengetik di depan komputer bisa terasa nyaman dan lebih fokus nantinya.

Memperhatikan postur tubuh saat mengetik sangat penting untuk mencegah masalah fisik di masa mendatang. Biasanya skill mengetik 10 jari perlu dikuasai oleh pekerja kantoran yang duduk 8 jam lebih, oleh sebab itu perlu memperhatikan postur tubuh yang baik sesuai rekomendasi dokter.

10.  Melakukan Uji Kecepatan Mengetik Menggunakan Aplikasi

Apabila latihan mengetik 10 jari sudah dilakukan secara optimal, selanjutnya kamu bisa menguji kecepatan mengetik menggunakan bantuan aplikasi. Fungsi aplikasi tidak hanya sekedar menguji, namun bisa bermanfaat sebagai media latihan mengetik 10 jari secara cepat dan tepat.

Beberapa aplikasi yang direkomendasikan Google sebagai sarana belajar mengetik menggunakan 10 jari diantaranya Raping Typing, Ultrakey, Rotatype, Typing Master, Typesi, dan Keybr. Ada juga aplikasi Typingclub yang memiliki fitur lengkap, komunitas grup, dan bisa diakses secara gratis.

 

Keunggulan Bisa Mengetik 10 Jari Secara Cepat dan Tepat

Bagaimana belajar mengetik 10 jari cukup menyenangkan, bukan? Untuk sebagian orang yang belum terbiasa mungkin akan merasa kerepotan. Namun, ada banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan saat sudah menguasai skill mengetik 10 jari seperti penjelasan yang ada di bawah ini.

1.  Bisa Lebih Berkonsentrasi

Mengetik menggunakan 10 jari secara bergantian ternyata bisa membuat seseorang lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya lho. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan sudah terbiasa tidak menekan tombol tunggal lagi, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik saat mengetik di keyboard.

2.  Kecepatan Mengetik Lebih Tinggi

Jika sudah terbiasa mengetik menggunakan 10 jari, akan membuat keahlianmu dalam mengetik bisa lebih cepat dan tepat. Walaupun tugas merekap data dan membuat laporan sangat banyak, namun skill mengetik cepat bisa membuat para pekerja bisa lebih santai dalam menyelesaikannya.

3.  Terlihat Profesional dalam Bekerja

Menggunakan metode mengetik 10 jari akan membuat performa kerja didepan komputer semakin maksimal. Tidak hanya membuat pekerjaan mengolah data bisa cepat selesai, namun kamu juga akan terlihat profesional saat sudah menguasai keahlian mengetik 10 jari tersebut.

Baca Juga : Cari Tahu Pengertian Manajemen Perkantoran, Fungsi, dan Tujuan

4.  Terbiasa Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Saat belajar mengetik 10 jari disarankan untuk tidak melihat keyboard komputer, sehingga lama kelamaan akan semakin terbiasa. Kamu bisa fokus menatap hasil pekerjaan pada layar komputer, kemudian posisi jari tangan sudah berada pada posisi tepat sesuai aturan yang benar.

5.  Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Dengan terbiasa mengetik 10 jari, postur tubuh saat mengetik biasanya akan dikondisikan lebih santai. Posisi jari tangan akan membuat postur tubuh tidak terlalu membungkuk, sehingga bisa memperbaiki kebiasaan buruk yang sebelumnya sering dilakukan tanpa sadar oleh para pekerja.

Kesimpulan

Belajar mengetik 10 jari dilakukan dengan memposisikan jari tangan secara tepat, menghafal tombol pintasan, tidak melihat keyboard, dan melakukan uji kecepatan mengetik menggunakan aplikasi. Jadi, kamu bisa melakukan latihan mengetik secara rutin agar terbiasa mempraktikannya saat bekerja nanti.

Wujudkan Impianmu : Beasiswa 100% dari LKP Mandiri Entrepreneur Center!

Segera daftarkan dirimu dan ikuti jejak para pengusaha sukses yang telah kami latih. Bersama, kita akan membangun generasi penerus yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis global.

Jangan tunda lagi! Jadilah bagian dari perubahan. Daftar sekarang di LKP Mandiri Entrepreneur Center dan mulailah perjalanan menuju kesuksesanmu. DAFTAR SEKARANG

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment