15+ Resep Rahasia Cara Membuat Artikel SEO Friendly

rahasia artikel

Artikel SEO friendly cocok bagi Anda yang belum tau cara menulis artikel yang ramah mesin pencari Google. Modal menulis artikel yang baik dan bermanfaat belum cukup untuk menaikkan ranking website Anda

Lalu bagaimana caranya?

Nah, sebelum itu Anda harus memahami apa itu SEO. Karena SEO memiliki beberapa cara dan aturan agar website Anda mengikuti algoritma Google yang tepat.Kali ini, kami Akan membeberkan secara lengkap bagaimana sih cara membuat artikel SEO friendly.

Dijamin setelah Anda menerapkan cara ini website Anda auto melambung naik di pencarian teratas Google. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut

Tutorial Mudah Cara Membuat Artikel SEO Friendly

 

Nah, kali ini kami akan mengupas secara tuntas tentang cara menulis artikel SEO friendly. Sebenarnya dalam membuat artikel SEO friendly sangatlah mudah asalkan mengikuti beberapa tutorialnya, sebagai berikut ini.

1. Riset Kata Kunci

Cara pertama yang harus dilakukan agar sesuai aturan SEO adalah dengan melakukan riset keyword. Pilih dan carilah keyword yang relevan dengan niche website Anda. Kemudian, kelompokkan kata kunci tersebut kedalam tabel excel berdasarkan volume pencarian. Jika volume pencarian tinggi artinya banyak orang yang mencari topik niche dengan keyword tersebut.

Namun sebaliknya jika volume pencarian kecil maka jumlah orang yang mencari dengan keyword tersebut sedikit. Nah, dengan melakukan riset keyword Anda dapat membuat artikel konten website yang relevan dengan niche website Anda. Dengan begitu para pengunjung website Anda pasti sesuai dengan yang Anda harapkan. Misalnya tentang niche kuliner tentunya akan cocok jika menggunakan keyword seperti cara memasak, tips memasak, resep masakan dan sejenisnya.

Nah, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Diantara berikut ini adalah keyword tools gratis seperti Ubersuggest, Ahrefs, Google Keyword Planner, Keywordtool.io. Pilihlah keyword dengan tingkat persaingan yang mudah terlebih dahulu untuk membuat konten artikel.

2. Buat Konten Artikel yang Berkualitas

Cara kedua dalam membuat artikel SEO friendly adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Dalam menulis artikel SEO harus memperhatikan intent yang tepat agar dapat menjawab kebutuhan pengunjung dengan konten yang relevan. Nah, jika pengunjung akhirnya membaca artikel Anda dan berlama-lama di halaman tersebut, hal ini akan membuat Google menyukai website Anda.

Efeknya nanti akan membuat website Anda akan dinaikkan di peringkat teratas mesin pencari Google. Nah, untuk membuat konten yang berkualitas risetlah website kompetitor terlebih dahulu. Kemudian perhatikan konten artikel tersebut dan buatlah konten artikel yang lebih banyak kata nya dan lebih lengkap.

3. Buatlah Judul yang ClickBait

Langkah membuat judul dengan clickbait adalah cara terbaik untuk menarik minat pengunjung. Clickbait adalah judul yang membuat orang penasaran atau tertarik untuk mengunjungi website Anda. Cara ini membuat artikel Anda akan terlihat berbeda di mata orang lain.

Tetapi harus tetapi sesuai dengan aturan SEO yakni adanya keyword di judul Anda. Seperti contoh “Cara Optimasi SEO WordPress yang Benar” dan bandingkan dengan “Resep Rahasia, Optimasi SEO WordPress, Bikin Website Ranking 1”

Nah, jika di komparasikan kedua judul tersebut tentunya Anda akan memilih judul kedua secara otomatis. Kata “Resep Rahasia” pada judul kedua seolah menjadi hook atau kalimat penarik minat pengunjung untuk membaca artikel tersebut.

4. Pahami Struktur Artikel

Mengetahui struktur artikel sangat penting untuk membuat konten artikel SEO Friendly. Adapun tujuan dari penerapan struktur artikel ini agar memudahkan Anda dalam membuat artikel.

Struktur artikel juga memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel tersebut. Nah, pada umumnya struktur artikel terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya

a. Prolog (Pembuka)

Bagian ini menjelaskan tentang tujuan artikel ini dibuat. Pastikan untuk membuat bagian prolog tidak lebih dari 120 – 135 kata karena akan membuat pembaca merasa bosan. Tambahkan juga kalimat persuasif yang mampu menggiring minat pembaca untuk meneruskan bacaannya hingga akhir.

b. Isi

Bagian ini menjelaskan inti dari pembahasan artikel Anda. Gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Janganlah bertele-tele karena kan membuat pembaca bosan.

c. Epilog (Kesimpulan)

Bagian ini menjelaskan rangkuman singkat dari pembahasan topik dan kesimpulan dari artikel tersebut Nah, dengan menggunakan struktur artikel ini Anda jadi tidak kebingungan dalam menulis artikel

5. Gunakan Teknik AIDA

Teknik AIDA membantu Anda dalam membuat bagian pembuka artikel SEO friendly yang benar.  Dengan teknik ini Anda mampu menarik minat baca pengunjung serta dapat menaikkan peringkat website Anda pada peringkat teratas google. Karena ada dua alasan mengapa Anda harus menarik minat baca pengunjung diantaranya agar betah berlama-lama berada artikel website Anda.

Hal ini dapat mempercepat website Anda naik di peringkat teratas Google. Lalu, apa itu teknik AIDA? Nah, berikut dibawah ini adalah penjelasan selengkapnya

a. Attention 

Berfungsi untuk memancing perhatian pembaca dengan beberapa kalimat seperti candaan singkat, fakta data statistik, pertanyaan atau kalimat persuasif.

b. Interest

Berfungsi untuk menarik minat pembaca dengan cara membahas permasalahan yang relevan dengan dunia nyata dan sesuai dengan topik artikel.

c. Desire

Menjelaskan bahwa artikel Anda merupakan solusi yang tepat dari permasalahan tersebut

d. Action 

Mengajak para pembaca agar mau membaca artikel Anda sampai selesai Gimana menarik bukan teknik AIDA ini? Yuk, mulai praktekkan  teknik AIDA ini.

6. Fokuskan Artikel pada Satu Topik Pembahasan

Memang semakin banyak kata pada artikel tersebut maka akan semakin baik. Tapi tahukah Anda bahwa membahas topik yang jelas dan padat justru adalah cara membuat artikel SEO friendly yang benar.

Sehingga hal ini tidak membingungkan pembaca dan tidak terkesan memaksakan agar banyak jumlah katanya. Misalnya ketika Anda membuat artikel “Cara Memasak Nasi Goreng” ya Anda fokuskan saja bagaimana cara memasak nasi goreng yang tepat, yang enak, yang dapat menjual.

Jika ingin membahas “Jenis Jenis Nasi Goreng” buatlah pada artikel lainnya. Nah, dengan topik pembahasan yang satu dengan penggunaan kombinasi kata kunci yang relevan membuat artikel Anda berkualitas.

Endingnya, Google akan lebih mudah dalam memahami artikel Anda dan proses indexing jadi lebih cepat.

7. Pastikan Tiap Paragraf Berisi 1-2 Baris Saja

Usahakan buatlah 1-2 baris kalimat saja per paragraf dari artikel Anda. Umumnya tiga kalimat saja cukup untuk menyampaikan penjelasan topik konten. Bahkan menurut riset, pembaca artikel website cenderung membaca dengan pola huruf “F” (F-Shapped Pattern). Nah, dengan pola ini memudahkan pembaca dalam menemukan kata penting yang mereka butuhkan.

Kemudian dengan jumlah paragraf yang cuma 1-2 baris saja juga dapat mudah dibaca oleh pembaca smartphone. Adapun kelebihannya dengan pola ini Google akan mendeteksi bahwa artikel Anda user friendly di smartphone. Hal ini penting untuk meningkatkan relevansi dari topik pembahasan artikel.

8. Gunakan Tabel Konten

Penggunaan tabel konten juga memudahkan pembaca dalam menemukan poin-poin penting dalam artikel Anda. Teknik ini disebut juga teknik piramida terbalik, dimana informasi paling penting akan di taruh pada paling atas artikel kemudian diikuti penjelasan detail dibawahnya.

Pada artikel SEO friendly biasanya Anda dapat membuat tabel konten dari Heading. Dimana h2 akan menjadi topik pembahasan utama kemudian diikuti dengan h3,h4 dan lainya sebagai poin penting pembahasan artikel.

9. Sebarkan Keyword Secukupnya Saja

Hal yang sering menjadi kesalahan para penulis artikel adalah memakai keyword secara berlebihan atau disebut dengan keyword Stuffing. Menurut mereka, semakin banyak keyword yang digunakan maka akan semakin cepat website muncul di halaman teratas mesin pencari Google. Tapi faktanya justru keyword Stuffing adalah spam yang melenceng jauh dari aturan menulis artikel SEO friendly.

Terlebih lagi, penggunaan keyword Stuffing akan membuat pembaca tidak nyaman, bahkan bisa dihapus dari radar pencarian mesin pencari. Gak bahaya ta !!. Nah, oleh karena itu lebih baik fokuskan untuk membuat konten yang berkualitas tanpa spam keyword.

10. Tambahkan Internal Link dan Eksternal Link

Internal link merupakan salah satu cara optimasi SEO on page yang berupa link yang menghubungkan antara artikel satu dengan lainnya dalam satu website yang sama. Penggunaan internal link membantu Google untuk mudah memahami isi konten artikel Anda dan menaikkan skor SEO website. Bagi para pembaca internal link juga membuat mereka mudah menemukan topik yang relevan tanpa harus keluar halaman website.

Nah, sedangkan eksternal link adalah salah satu contoh optimasi SEO off page yang berupa link yang menunjukan pada halaman website yang berbeda. Eksternal link juga membantu pembaca untuk mendapatkan informasi yang bervariasi dari halaman website lain. Tetapi, tetap tidak boleh berlebihan dalam  menyisipkan internal maupun eksternal link.

11. Tambahkan Konten Visual

Jika konten website Anda hanya berupa tulisan saja tentu akan membuat pembaca merasa jenuh dan bosan. Nah, oleh karena itu tambahkan konten berupa gambar atau video yang relevan dengan topik pembahasan artikel Anda.

Karena menurut psikologi otak manusia lebih cepat memproses visual 60 ribu kali lipat daripada tulisan. Adapun kombinasi warna dari gambar atau video meningkatkan minat baca manusia. Apalagi di zaman sekarang konten video dan gambar lebih diminati oleh generasi milenial. Hal ini juga termasuk kedalam cara membuat artikel SEO friendly.

12. Optimasi Gambar

Nah, setelah Anda berhasil dengan menambahkan konten gambar atau video pada artikel Anda langkah selanjutnya mengoptimasinya. Tujuannya agar dapat mempercepat loading website dan membuat pengunjung lebih nyaman. Adapun cara optimasi gambar juga mampu membuat gambar bisa berada di pencarian teratas Google.

Cara optimasi gambar di WordPress sangatlah mudah. Cukup sisipkan keyword utama atau LSI keyword pada nama file gambar, Alt text dan deskripsi gambar. Tetapi tetap tidak boleh berlebihan karena akan berakibat spamming. Adapun Anda harus mengkompres gambar terlebih dahulu sebelum di upload dalam upaya mempercepat loading website. Umumnya ukuran gambar tidak boleh lebih dari 100 kB.

15. Optimasi Komponen Teknis Website

Setelah Anda membuat artikel yang berkualitas cara selanjutnya adalah mengoptimasi komponen teknis dari website tersebut. Komponen ini sangat penting karena merupakan gerbang paling depan yang ditampilkan pada halaman mesin pencari Google. Komponen tersebut berupa Meta Title. Permalink dan Meta Description.

Adapun cara optimasinya agar sesuai dengan aturan artikel SEO friendly sebagai berikut :

Meta Title: Merupakan Judul yang ditampilkan di halaman pencarian mesin pencari Google.

Pastikan terdapat keyword utama dan terdapat kata bombastis untuk menarik perhatian pembaca. Jumlahnya tidak boleh lebih dari 60 karakter.

Contoh:  “Resep Mudah & Ampuh Buat Artikel SEO Friendly”

Permalink: Merupakan link yang mengarah pada artikel yang Anda buat. Usahakan buat permalink sependek mungkin, hanya menggunakan keyword utama sudah cukup.

Contoh :“mec.or.id/artikel-SEO-friendly”

Meta Description: Merupakan rangkuman singkat dari pembahasan artikel. Usahakan tidak lebih dari 160 karakter dan harus terdapat keyword utama.

14. Gunakan Plugin SEO

WordPress menyediakan berbagai macam plugin SEO terbaik yang bisa membantu Anda dalam optimasi website Anda. Salah satu yang cocok untuk membuat artikel SEO friendly adalah Yoast SEO. Yoast menyediakan banyak fitur yang bisa Anda gunakan.

Bahkan Yoast akan membantu menilai dan memberikan rekomendasi apakah artikel Anda sudah tepat dengan aturan SEO atau belum. Jika Anda sudah menerapkan tutorial diatas dijamin skor SEO Anda akan hijau dengan kata lain optimasi sudah tepat.

15. Konsisten Adalah Kunci

Cara membuat artikel SEO friendly sudah kami jelaskan secara tuntas di tutorial di atas. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah konsisten. Karena jika terus konsisten Anda akan memberikan banyak informasi yang bermanfaat kepada pembaca. Apalagi Google sangat menyukai website yang konsisten menerbitkan artikel.

Tentu dengan hal ini mereka tidak ragu untuk menaikkan website Anda ke halaman teratas mesin pencari. Nah, itulah pembahasan secara lengkap tentang cara membuat artikel SEO friendly secara lengkap. Kuncinya adalah Anda harus mau mempraktekkan cara diatas dan terus konsisten. Dijamin cara ini pasti berhasil membuat website Anda berada di top ranking halaman mesin pencari Google.

Jika Anda masih ingin mempelajari ilmu SEO lebih dalam, silahkan bergabung bersama kami di kelas Bisnis Digital MEC. Ada beasiswa kuliah setara D1 gratis untuk Anda yang lulus SMA/SMK sederajat. Informasi selengkapnya Anda bisa cek website kami di mec.or.id

 

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment